Home BAHAN BELAJAR BIOLOGI Struktur, Bagian-Bagian, Bentuk, Tipe, Dan Jumlah Kromosom

Struktur, Bagian-Bagian, Bentuk, Tipe, Dan Jumlah Kromosom

by CerdaskanKita
Setiap sel makhluk hidup mempunyai kandungan inti sel atau nukleus yang di dalamnya terdapat sedikit kromosom. Kromosom bersama gen dan DNA merupakan faktor pembawa dan penentu sifat yang tampak pada makhluk hidup. Kromosom terdiri dari lokus-lokus yang merupakan kawasan untuk gen. Jika dikaji menurut suku katanya, kromosom terdiri dari dua kata adalah kroma dan soma. Kroma artinya benang lagikan soma artinya tubuh. Jadi, secara praktis kita sanggup mengartikan kromosom sebagai tubuh berbentuk panjang mirip benang yang terdapat fungsi untuk membawa isu genetika.

Struktur Kromosom

Kromosom tersusun oleh benang-benang kromatin yang terdiri dari kaya serabut protein, DNA, dan RNA. Kromosom mempunyai kandungan ratusan hingga lalu ribuan gen yang menciptakannya sanggup membawa isu genetika dan memilih sifat keturunan.
Struktur kromosom hanya sanggup diamati dengan jelas pada sbaru sajaum tertentu ketika sel mengalami pembelahan adalah pada tahap metafase. Pada fase tersebut, kromosom terlihat jelas dalam bentuk empat lengan kompleks dengan sentromer, kinetokor, dan mikrotubulus.  
Tips menghafal :
Untuk mengingat struktur kromosom, ingat saja bentuk X dimana 4 lengan dari abjad X menggambarkan empat lengan kromosom dan di bab sentra terdapat sentromer atau sentra kromosom.

Baca juga : Kelainan atau Penyakit Pada Sistem Regulasi.

Bagian-Bagian Kromosom

Secara garis besar, kromosom terdiri dari dua bab utama adalah sentromer dan kromatid. Kedua bab tersebut masih terdiri dari sedikit komponen lainnya sebagai berikut :

  1. Sentromer
    Sentromer merupakan bab kromosom yang terlihat lebih jelas dan berada di pusat. Pada ketika sel membelah, terdapat bab sentromer yang berikatan dengan benang spindel. Bagian tersebut disebut kinetokor.
  2. Kromatid
    Lengan kromosom merupakan bab tubuh kromosom yang terbagi oleh sentromer. Lengan kromosom terdiri dari tiga komponen penyusun adalah selaput, matriks (cairan lengan), dan kromonema (benang halus yang terpilin). Selaput befungsi untuk menyelimuti tubuh kromosom.

Bentuk-bentuk Kromosom

Kromosom terdapat sedikit bentuk dilihat menurut posisi sentra kromosom terhadap lengannya. Berikut empat bentuk kromosom menurut kedudukan sentromer :

  1. Telosentris (di ujung)
    Bentuk telosentris ditandai dengan sentromer dan satu lengan. Pada telosentris, kedudukan sentromer merupakan di salah satu ujung lengannya.
  2. Akrosentris (tak sama)
    Kromosom akrosentris terdapat 2 lengan tenamun salah satu lengannya sangat pendek sesampai lalu letak sentromer berada di antara dua lengan yang tak sama panjangnya.

     Setiap sel makhluk hidup mempunyai kandungan inti sel atau nukleus yang di dalamnya terdapat beber STRUKTUR, BAGIAN-BAGIAN, BENTUK, TIPE, DAN JUMLAH KROMOSOM

  3. Submetasentris (mendekati tengah)
    Terdiri dari dua lengan yang panjangnya sudah hampir sama dan kedudukan sentromer sudah mendekati tengah atau agak di tengah di antara kedua lengannya.
  4. Metasentris (di tengah)
    Kromosom metasentris sudah terdapat lengan yang sama panjang sesampai lalu sentomer sempurna berada di tengah di antara lengannya.

Baca juga : Kumpulan Soal dan Jawaban Mutasi Gen dan kromosom.

Baca Juga:   Perbedaan Teori Evolusi Lamarck Dan Darwin Terkait Leher Jerapah

Tipe Kromosom

Kromosom terdiri dari dua tipe, adalah :

  1. Autosom
    Autosom merupakan kromosom tubuh yang lebih dikenal sebagai kromosom biasa. Autosom berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan bentuk tubuh.
  2. Gonosom
    Gonosom merupakan kromosom seks yang befungsi untuk memilih jenis kelamin makhluk hidup.

Jumlah Kromosom

Masing-masing spesies makhluk hidup terdapat jumlah kromosom yang berbeda. Organisme dalam satu spesies terdapat jumlah kromosm yang sama. Manusia terdapat jumlah kromosom 46 yang terdiri dari 22 pasang kromosom tubuh dan sepasang kromosom seks.

You may also like