Home ADA DI SINI SEMUA TENTANG APLIKASI DAPODIKDAS 2013/2014 Solusi Mengatasi Gagal Install Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 di Komputer/Laptop

Solusi Mengatasi Gagal Install Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 di Komputer/Laptop

by CerdaskanKita
Sahabat Operator Sekolah yang sedang berbahagia…

Menyikapi beberapa keluhan rekan-rekan sesama OPS yang kebetulan mengalami beberapa masalah /kendala dalam proses instalasi aplikasi Dapodikdas 2013, hingga perlu kerja keras yang berulang-ulang untuk dapat menginstal aplikasi Dapodikdas di komputer/laptopnya dengan sempurna;
Kegagalan-kegagalan dalam proses instalasi aplikasi Dapodikdas 2013 memang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya; spesifikasi komputer atau browser yang memang tidak support dengan aplikasi Dapodikdas 2013/2014, prosedur instalasi yang belum benar, kesalahan prefill, maupun kesalahan-kesalahan yang lainnya. Berhubung waktu yang singkat dan pengalaman yang minim.

Dalam kesempatan berikut saya coba berikan solusi berdasarkan pengalaman pribadi yang berhubungan dengan bagaimana cara mengatasi instalasi aplikasi Dapodikdas 2013 pada komputer/laptop yang terus gagal.
Solusi/cara mengatasi kegagalan dalam menginstall aplikasi Dapodikdas 2013/2014 yang pernah saya alami sendiri hingga akhirnya berhasil terinstall dengan sempurna adalah sebagai berikut :
1.      Di drive “C” sudah ada file “prefill_dapodik” atau belum?
2.      Pada Kode registrasi perhatikan perbedaan antara huruf dengan angka, misalnya (**0***0*** : 0 = angka nol, bukan huruf “O”) atau (**9***9*** : 9 = angka 9, bukan huruf “g”), dan lain sebagainya.
3.      Urut-urutan langkah yang benar dalam instalasi Dapodikdas yakni instalasi dilakukan setelah di drive “C” ada “prefill_dapodik”nya yang ada file prefill (*.prf) di dalamnya, prefill ini berasal dari database sekolah Dapodik 2012 lalu, jika tidak maka sistem akan menganggap bahwa “username tidak terdaftar(teregister)”. Memang iya khan…???
4.      Apabila sudah terlanjur diinstall aplikasinya, prefillnya ternyata belum ada di C, langkah terbaiknya diuninstall (hapus aplikasi) Dapodikdas yang sudah ada melalui Control Panel (klik Start –> Control Panel –> Uninstall a Program –> klik Dapodikdas). “OPS yang gigih itu pantang menyerah…”
5.      Install kembali (setelah di drive “C” terdapat folder  “prefill_dapodik” yang berisi *.prf) sampai selesai.
6.      Sudah berhasil, alhamdulillah.
7.      Belum berhasil komentar di bawah. (@bercanda_se.di.kit.com).
Thanks… Good luck… Salam satu data berkualitas…!!!

Baca Juga:   Sync / Sinkronisasi Kembali Hingga 6 Januari 2014, Solusi Mengatasi Permasalahan Nama Sekolah Yang Angka 1 Atau 9 Hilang

You may also like