Home LATIHAN FISIKA Soal Latihan Pilihan Berganda Perihal Fisika Atom

Soal Latihan Pilihan Berganda Perihal Fisika Atom

by CerdaskanKita

– Online Quiz Fisika. Kumpulan soal latihan ihwal Fisika Atom ini disusun oleh edutafsi untuk membantu murid mengevaluasi pemahaman mereka ihwal konsep dasar dan rumus umum di dalam serpihan Fisika Atom. Soal latihan ini terdiri dari sedikit serpihan yang dikelompokkan berdasarkan subtopik. Untuk masing-masing subtopik terdiri dari 10 soal pilihan berganda disertai kunci jawaban. Untuk melihat soal latihan ihwal subtopik dalam serpihan ini, anda sanggup membukanya melalui link yang dilampirkan dalam soal atau memeriksanya melalui sajian online quiz. Evaluasi pemahaman kau dan lihat berspa skor yang kau peroleh.

Petunjuk : baca soal dengan seksama kemudian pilih salah satu tanggapan yang paling tepat. Jawaban anda tak sanggup diubah. Setelah seluruh soal dijawab, klik tombol submit untuk menyelidiki tanggapan dan melihat skor anda. Kunci tanggapan ditandai dengan opsi tanggapan yang berwarna hijau. Jika anda membuka halaman ini dari mobile, pastikan anda tak melihatnya melalui halaman yang dioptimasi lantaran quiz tak akan berfungsi. Silahkan kunjungi halaman orisinil biar script berfungsi dengan baik.

Soal 1 : Atom merupakan serpihan terkecil suatu zat yang sudah tak sanggup dibagi-bagi lagi. Defenisi tersebut merupakan pengertian atom berdasarkan …
A. Rutherford
B. Dalton
C. William Crookes
D. Bohr
E. Thomson

Soal 2 : Dari sedikit pernyataan di bawah ini, yang merupakan pernyataan atau teori dalam model atom berdasarkan Dalton merupakan ….
A. Elektron merupakan serpihan terkecil dri atom
B. Atom suatu unsur tak sanggup bergandung dengan atom lain
C. Atom dari unsur yang sama terdapat sifat berbeda
D. Atom dari unsur yang sama memiliki sifat yang sama
E. Sebagian massa atom terkumpul di intinya

Baca juga : Kumpulan Soal dan Jawaban Teori Relativitas Khusus.

Baca Juga:   Soal Latihan Dan Tanggapan Matematika Dimensi Tiga

Soal 3 : Salah satu yang menggugurkan teori atom Dalton merupakan ditemuannya sinar katoda. Berdasarkan penelitian, berikut ini merupakan sifat-sifat sinar katoda, kecuali ….
A. Tidak tergantung pada materi katoda
B. Merambat lurus
C. Dapat menghitamkan plat foto
D. Tidak sanggup dibelokkan oleh medan listrik
E. Dapat dibelokkan oleh medan magnet

Soal 4 Foton berenergi sangat tinggi yang terjadi apabila elektron bernergi tinggi menumbuk suatu sasaran dan mengalami perlambatan disebut …
A. Infra merah
B. Sinar katoda
C. Sinar-X
D. Fluoresen
E. Spektrum

Soal 5 : Partikel bermuatan positif q bermassa 0,01 mg bergerak ke kanan dengan kecepatan 100.000 m/s memasuki medan magnet 0,25 T. Jika besar gaya magnet pada partikel tersebut sama dengan berat partikel dan partikel bergerak lurus, maka besar muatan q merupakan ….
A. 5,5 nC
B. 4,0 nC
C. 3,5 nC
D. 2,5 nC
E. 2,0 nC

Soal 6 : Sebuah alat yang dpat memisahkan cahaya berdasarkan panjang gelombang dan merekam hasil dari spektrum elektromagnetik dalam suatu detektor disebut …
A. Fluoresen
B. Osiloskop
C. Tabung Katoda
D. Spektograf
E. Spektrum

Soal 7 : Model atom Rutherford berhasil menggeser teori atom Thomson yang lebih dahulu dikenal. Akan tenamun, model atom Rutherford ternyata juga terdapat kelemahan. Berikut ini yang merupakan kelemahan model atom Rutherford merupakan ….
A. Tidak sanggup menerangan spektrum atom Hidrogen
B. Atom masih sanggup dibagi menjadi partikel penyusunnya
C. Tidak sanggup menterangkan hamburan sinar alfa
D. Tidak sanggup menterangkan dampak Zeeman
E. Tidak sanggup menterangkan lintasan elektron

Soal 8 : Panjang gelombang terkecil deret Lyman merupakan ….
A. 800 Angstrom
B. 900 Angstrom
C. 912 Angstrom
D. 4862 Angstrom
E. 6563 Angstrom

 Kumpulan soal latihan ihwal Fisika Atom ini disusun oleh edutafsi untuk membantu murid  SOAL LATIHAN PILIHAN BERGANDA TENTANG FISIKA ATOM

Soal 9 : Transisi elektron atom Hidrogen dari lintasan 4 ke lintasan 2 akan menghasilkan foton dengan energi sebesar ….
A. 10,2 eV
B. 8,86 eV
C. 6,47 eV
D. 2,55 eV
E. 2,25 eV

Baca juga : Soal Latihan ihwal Fisika Inti & Radioaktivitas.

Baca Juga:   Soal Latihan Dan Tanggapan Mutasi Gen Kromosom

Soal 10 : Teori atom Bohr sangat baik dalam menterangkan terjadinya spektrum Hidrogen dan adanya tingkat energi atom. Namun, teori atom Bohr tak sanggup menterangkan ….
A. Lintasan elektron
B. Hamburan sinar alfa
C. Bilangan kuantum
D. Efek Zeeman
E. Muatan Inti

 

You may also like