Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Referensi Soalnya

Posted on

Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh SoalnyaDalam pelajaran Fisika terdapat bahan seputar rumus tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis merupakan salah satu bahan yang termasuk kedalam kategori fluida statis. Lalu apa itu tekanan hidrostatis? Tekanan hidrostatis ialah tekanan zat cair yang berkaitan dengan massa jenis zat cair, jarak benda dengan pemukaan zat cair dan gravitasi bumi. Kali ini admin akan membahas seputar rumus tekanan hidrostatis dan pola soal tekanan hidrostatis. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh Soalnya Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh Soalnya

Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh Soalnya

Tekanan hidrostatis sanggup diartikan sebagai tekanan sebuah benda membisu didalam zat cair. Besar kecilnya tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh percepatan gravitasi, massa jenis zat cair dan tinggi zat cair tersebut. Berikut rumus tekanan hidrostatis:

Ph = ρ x g x h
P = Po+ (ρ x g x h)

Keterangan:
Ph = Tekanan Hidrostatis (Pa atau N/m²)
P = Tekanan Total (Pa atau N/m²)
Po = Tekanan Udara/Tekanan Atmosfer (Pascal atau N/m²)
g = Percepatan Gravitasi Bumi, terdapat nilai yang besarnya 9,8 m/s² ataupun 10 m/s²
ρ = Massa Jenis Zat Cair (kg/m³)
h= kedalaman/ketinggian benda dari permukaan zat cair (meter)

Baca juga : Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari

Selain rumus Tekanan Hidrostatis di atas, kita juga sanggup menjumpai pola tekanan tersebut dalam kehidupan sehar hari. Berikut pola tekanan hidrostatis:

  • Ketika kita menggendong seseorang didalam kotak renang maka akan terasa lebih ringan dibandingkan ketika didaratan.
  • Batu yang diangkat di air akan terasa lebih ringan dibandingkan dikala mengangkatnya didarat ataupun melemparnya keudara.
  • Menimbang berat sebuah benda ketika didalam air akan lebih ringan daripada didaratan.
  • Telinga akan terasa sakit apabila berenang didalam kotak yang dalam. Hal ini disebabkan oleh tekanan zat cair yang besar.
  • Sebuah bendungan dibentuk lebih tebal dibagian bawahnya alasannya ialah tekanan dibagian bawah bendungan lebih besar daripada dibagian permukaannya.
  • Lubang tangki air dibagian bawah akan menghasilkan pancaran air yang berpengaruh daripada lubang dibagian atas dan tengah tangki.
Contoh insiden tekanan hidrostatis dan rumus tekanan hidrostatis di atas sanggup kita peroleh kesimpulan bahwa tekanan zat cair dibagian atas akan berkebalikan dengan berat bendanya. Misalnya apabila bendanya terdapat arah menuju sentra bumi maka tekanan zat cairnya akan terdapat arah berlawanan yaitu ke atas.
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tekanan hidrostatis berkaitan dengan percepatan gravitasi, massa jenis zat cair dan tinggi zat cair. Dengan begitu, apabila benda tersebut semakin dalam dari permukaan zat cair maka tekanan hidrostatisnya akan semakin besar pula.

Baca juga : Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis #1
Sebuah ikan diletakkan dikotak renang dengan kedalaman 2 meter. Apabila percepatan gravitasinya 10 m/s² dan massa jenis airnya 1000 km/m³. Maka berapakah tekanan hidrostatis ikan tersebut?
Pembahasan.
Diketahui : h = 2 meter; g = 10 m/s²; ρ = 1000 kg/m³
Ditanyakan : Ph = ?
Jawab:
Ph = ρ x g x h
     = 1000 x 10 x 2
     = 20.000 Pa
Contoh Soal Tekanan Hidrostatis #2
Perhatikan gambar di bawah ini!
Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh Soalnya Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh Soalnya
Berdasarkan gambar di atas, terdapat ikan yang berenang dikotak dengan kedalaman 250 cm. Apabila letak lisan ikan dengan dasar kotak 90 cm. Berapakah besar tekanannya? (g = 10 m/s² dan ρ = 1000 kg/m³).

Pembahasan.
Diketahui : h = 250 cm – 90 cm = 160 cm = 1,6 m; g = 10 m/s²; ρ = 1000 kg/m³
Ditanyakan : Ph = ?
Jawab:
Ph = ρ x g x h
     = 1000 x 10 x 1,6
     = 16.000 Pa

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis #3
Sebuah kotak renang diukur tekanannya memakai alat tertentu. Apabila alat tersebut mengatakan tekanan 60.000 N/m². Berapakah kedalaman kotak tersebut? (g = 10 m/s² dan ρ = 1000 kg/m³).

Baca juga : Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya

Pembahasan.
Diketahui : Ph = 60.000 N/m²; g = 10 m/s²; ρ = 1000 kg/m³
Ditanyakan : h = ?
Jawab:
       Ph = ρ x g x h
60.000 = 1000 x 10 x h
60.000 = 10.000 h

         h = 60.000/10.000
         h = 6 meter
Demikianlah penterangan seputar rumus tekanan hidrostatis dan pola soal tekanan hidrostatis. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. Terima kasih.