Home BAHAN BELAJAR BIOLOGI Petunjuk Dan Bukti-Bukti Terjadinya Evolusi Makhluk Hidup

Petunjuk Dan Bukti-Bukti Terjadinya Evolusi Makhluk Hidup

by CerdaskanKita

– Bukti-bukti Evolusi. Secara simpel, evolusi sanggup diartikan sebagai perubahan yang berlangsung lambat. Dalam kajian biologi, evolusi merujuk pada proses perubahan struktur makhluk hidup dari bentuk yang mudah menjadi bentuk yang lebih kompleks. Proses perubahan tersebut berlangsung dari generasi ke generasi dalam jangak waktu yang sangat lama. Para ilmuwan yang meneliti proses ini percaya bahwa suatu makhluk hidup terdapat keterkaitan dengan makhluk hidup sebelumnya. Lalu, apa fakta ilmiah yang dijadikan bukti bahwa evolusi itu terjadi? Setaknya ada lima bukti terjadinya evolusi yang akan kita bahas di bawah ini.

#1 Variasi Individu dalam Satu Keturunan

Salah satu fakta ilmiah yang menjadi dasar pedoman akan bukti evolusi merupakan tak ditemukannya anggota pada suatu spesies yang terdapat sifat atau ciri yang benar-benar identik. Individu-individu tersebut selalu mengatakan adanya variasi, bahkan anak kembar sekalipun terdapat perbedaan.

Adanya variasi antar individu di dalam satu keturunan merupakan salah satu bukti yang mengatakan proses evolusi. Variasi yang ada antar individu pada perkembangan berikutnya akan menurunkan keturunan dengan variasi yang berbeda pula. Perbedaan itu juga sanggup muncul lantaran faktor lingkungan.

Dalam perkembangannya, variasi-variasi tersebut akan sangat dipengaruhi oleh sedikit faktor baik faktor internal berupa gen inginpun faktor eksternal berupa makanan, keadaan tanah, suhu, dan sebagainya. Variasi tersebut juga semakin usang akan semakin terlihat sebagai hasil dari seleksi alam.

#2 Perbandingan Biokimia, Embriologi, dan Organ Tubuh

Berdasarkan perbandingan biokimia dan kajian biologi molekuler, disimpulkan bahwa semua organisme terdapat DNA sebagai materi genetik dengan suatu isyarat genetik yang hampir universal. Semua organisme juga terdapat ATP sebagai energi cadangan dan melaksanakan jalur metabolik yang seupa.

Baca Juga:   Macam-Macam Jaringan Otot Dan Fungsinya

Biologi molekuler mendukung pernyataan Darwin bahwa semua bentuk kehidupan saling bekerjasama dengan organisme paling awal. Adanya suatu isyarat genetik yang sama merupakan bukti bahwa semua kehidupan saling berhubungan. Organisme pada dikala ini terdapat kekerabatan dengan organisme terdahulu.

Tak hanya perbandingan biokimia, organisme-organisme juga mengatakan suatu kekerabatan menurut perbandingan perkembangan embrionya. Studi embirologiterhadap anggota binatang bertulang belakang mengatakan bahwa ada kemiripan pada tahap awal perkembangan embrio. Hal itu diklaim sebagai petunjuk adanya kesamaan moyang.

Perbandingan juga dilakukan dalam satuan organ. Berdasarkan perbandingan organ badan dari sedikit organisme, ditemukan adanya homologi alat-alat tubuh. Homolog merupakan suatu kondisi dimana struktur organ-organ badan dengan bentuk dasar yang sama tenamun terdapat fungsi yang berbeda.

Adanya organ-organ dengan bentuk dasar yang sama (menunjukkan bahwa organ tersebut asalnya sama) tenamun terdapat fungsi berbeda mengatakan adanya imbas evolusi yang menjadikan terjadinya perubahan adaptif sesampai kemudian fungsinya berbeda.

Sebagai contoh, perbandingan struktur badan alat gerak depan dari sedikit anggota vertebrata : tangn insan untuk memegang, kaki depan anjing untuk berjalan, dan adminp burung untuk terbang. Organ-organ tersebut mengatakan homolog.

#3 Adanya Pengaruh Penyebaran Geografi

Setiap individu terdapat kecenderungan untuk menyebar dan berimigrasi ke kawasan lain. Kecenderungan tersebut disebabkan oleh bermacam faktor dan ditujukan semoga mereka tetap sanggup bertahan hidup. Studi biogeografi mengatakan bahwa spesies berasal dari suatu kawasan yang selanjutnya menyebar ke bermacam kawasan lainnya.

Penyebaran geografis menjadikan munculnya spesies berbeda dari spesies sebelumnya lantaran imbas habitat gres dan proses adaptasi. Organisme yang melaksanakan migrasi ke kawasan lain akan menemukan suatu rintangan yang menuntut organisme tersebut untuk menyesuaikan diri sesuai dengan lingkungan itu sesampai kemudian pada balasannya terjadi perubahan.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Karbohidrat, Sumber, Dan Fungsinya

#4 Alat Tubuh yang Tersisa

Ditemukannya sedikit alat badan yang tersisa (organ vestigial) pada sedikit jenis binatang menjadi sebuah bukti seputar proses evolusi. Pada sedikit binatang ditemukan organ badan yang tersisa yang sudah tak terdapat fungsi khusus menyerupai usus buntu, gigi taring, otot aktivis telinga, dan sebagainya.

Manusia terdapat satu tulang ekor di ujung tulang belakang yang sejauh ini tak diketahui fungsi spesifiknya. Beberapa jenis salamander terdapat mata walaupun anggota spesies tersebut buta total. Beberapa jenis ular terdapat tulang pelvis dan tulang tungkai yang juga tak terdapat fungsi khusus.

Adanya organ-organ tertentu yang terlihat tak berfungsi pada makhluk hidup tertentu dipandang sebagai bukti terjadinya evolusi lantaran organ tersebut diduga merupakan homolog dari organ-organ organisme lain yang memang terdapat fungsi khusus.

#5 Ditemukannya Fosil Makhluk Hidup

Fosil merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk menyatakan sisa-sisa makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) yang telah membatu. Fosil-fosil makhluk hidup umumnya ditemukan melalui proses penggalian. Penemuan fosil ini menjadi suatu catatan penting yang sanggup dijadikan petunjuk adanya evolusi makhluk hidup.

 evolusi sanggup diartikan sebagai perubahan yang berlangsung lambat PETUNJUK DAN BUKTI-BUKTI TERJADINYA EVOLUSI MAKHLUK HIDUP

Ditemukannya fosil yang berumur ratusan hinga ribuan tahun yang kemudian tentu menjadi suatu bukti keberadaan makhluk hidup di masa lampau. Fosil-fosil yang berhasil ditemukan dipelajari sesampai kemudian mengatakan adanya suatu perubahan struktur apabila dibandingkan dengan makhluk hidup dikala ini.

Berdasarkan pengamatan dan perbandingan antara fosil-fosil dengan makhluk hidup masa kini, spesialis anatomi perbandingan berjulukan George Vuvier menyimpulkan bahwa makhluk hidup berbeda dari masa ke masa. Setiap masa terdapat jenis makhluk hidup yang tak ditemukan lagi.

You may also like