– Uji Daya Hantar Listrik Larutan. Pengujian daya hantar listrik bertujuan untuk menyidik daya hantar dari sedikit larutan yang akan diuji. Percobaan tersebut berkhasiat untuk mengetahui larutan mana saja yang sanggup menghantarkan listrik dan larutan mana saja yang tak sanggup menghantarkan listrik. Dengan kata lain, melalui percobaan uji daya hantar listrik, murid sanggup mengetahui larutan apa saja yang tergolong elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan nonelektrolit. Selain itu, murid juga sekaligus sanggup mengamati perbedaan antara larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit pada hasil pengujian.

Pengujian daya hantar listrik pada larutan dilakukan dengan memakai seperangkat alat uji elektrolit. Alat dan materi yang diperlukan cukup simpel, ialah tabung wadah larutan, baterai, kabel, bohlam kecil, dan sedikit larutan yang akan diuji.

Tabung dipakai untuk meletakkan larutan, kabel disusun sedemikian rupa untuk menghubungkan larutan ke baterai dan lampu. Murid sanggup memakai penjepit untuk menghubungkan kabel dengan larutan atau memakai sedikit alat bantu lainnya untuk menyusun peralatan sedemikian rupa.

Untuk membandingkan tanda-tanda hantaran yang terjadi pada sedikit larutan, sebaiknya percobaan dilakukan sekaligus untuk sedikit larutan. Dengan demikian kita sanggup mengamati secara eksklusif perbedaan tanda-tanda yang ditimbulkan oleh masing-masing larutan.

 Pengujian daya hantar listrik bertujuan untuk menyidik daya hantar dari sedikit larutan PERCOBAAN PENGUJIAN DAYA HANTAR LISTRIK PADA LARUTAN

Gejala Hantaran Arus Listrik Pada Larutan

Arus listrik timbul lantaran adanya anutan elektron, ialah partikel yang bermuatan negatif. Arus mengalir dengan arah berlawanan dengan arah anutan elektron. Elektron mengalir melalui materi tertentu yang sanggup menghantarkan listrik yang disebut konduktor.

Baca Juga:   Tabel Daftar Jenis-Jenis Anion Dan Kation

Tidak hanya konduktor berupa materi logam, larutan juga terdapat daya hantar listrik. Adanya daya hantar listrik tersebut sanggup diamati melalui percobaan uji daya hantar listrik atau uji elektrolit. Pada percobaan akan terlihat tanda-tanda hantaran listrik pada sedikit larutan.

Gejala hantaran arus listrik pada larutan yang timbul dalam percobaan yaitu:
1). Munculnya gelembung gas dalam larutan
2). Menyalanya lampu indikator.

Larutan yang sanggup menghantarkan listrik akan menawarkan tanda-tanda hantaran listrik berupa munculnya gelembung gas di dalam larutan dan menyalanya lampu indikator. Menyalanya lampu indikator menawarkan bahwa ada arus yang mengalir melalui larutan tersebut.

Setiap larutan menawarkan tanda-tanda yang berbeda-beda baik dalam hal jumlah gelembung gas yang muncul atau dalam hal nyala lampunya. Ada yang menghasilkan kaya gelembung gas dengan nyala lampu terperinci dan adapula yang menghasilkan sedikit gelembung gas dengan lampu redup.

Larutan yang tak menjadikan gelmbung gas atau nyala lampu berarti tak sanggup menghantarkan listrik. Larutan yang menawarkan tanda-tanda hantaran listrik digolongkan sebagai larutan elektrolit lagikan larutan yang tak menawarkan tanda-tanda hantaran listrik digolongkan larutan nonelektrolit.

Menyimpulkan Hasil Uji Beberapa Larutan

Berikut ini merupakan hasil pengujian daya hantar listrik dari sedikit larutan. Dari data tersebut kita akan membandingkan tanda-tanda hantarannya dan mengelompokkan larutan menurut daya hantarnya.

LarutanGelembung gasNayal lampu
Larutan HClBanyakMenyala terang
Larutan CH3COOHSedikitMenyala redup
Larutan NaOHBanyakMenyala terang
Larutan glukosaTidak adaTidak menyala
Larutan ureaTidak adaTidak menyala

Larutan yang menawarkan tanda-tanda berupa munculnya gelembung gas dan menyalanya lampu indikator digolongkan sebagai larutan elektrolit, lagikan yang tak menawarkan tanda-tanda tersebut digolongkan larutan nonelektrolit.

Baca Juga:   Kecenderungan Sifat Jari-Jari Atom Dalam Satu Golongan Dan Periode

Berdasarkan data pengujian di atas, maka sanggup kita simpulkan:
1). Elektrolit berpengaruh : larutan HCl dan larutan NaOH
2). Elektrolit lemah : larutan CH3COOH
3). Nonelektrolit : larutan glukosa dan larutan urea.

Demikian pembahasan singkat seputar pengujian daya hantar listrik pada larutan. Jika artikel yang anda baca bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombo share yang tersedia.