Home BAHAN BELAJAR FISIKA Perbandingan Berpengaruh Medan Gravitasi Di Dua Titik Berbeda

Perbandingan Berpengaruh Medan Gravitasi Di Dua Titik Berbeda

by CerdaskanKita

Kuat medan gravitasi atau dikenal sebagai percepatan gravitasi merupakan sebuah besaran yang menyatakan kuatnya daya tarik yang diberikan oleh sebuah massa yang besar biasanya planet terhadap massa lain yang lebih kecil atau benda. Pada sedikit pembahasan sebelumnya sudah dibahas bahwa berpengaruh medan gravitasi di suatu titik berbanding lurus dengan massa planet dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara benda dan planet yang diukur dari sentra massa sebagai sentra gravitasi. Dengan kata lain, semakin besar massa planet maka akan semakin besar berpengaruh medan gravitasinya. Sebaliknya, semakin besar jarak antara benda dan planet maka akan semakin kecil berpengaruh medan gravitasi yang dialami benda. Pada hari ini ini, Bahan berguru sekolah akan membahas perbandingan berpengaruh medan gravitasi di dua titik berbeda.

Kuat Medan Gravitasi

Medan gravitasi merupakan kawasan atau ruang di sekeliling planet yang masih menjadikan gaya gravitasi. Pada kawasan tersebut, benda-benda lain masih mencicipi berpengaruh medan gravitasi yang besarnya biasa disebut sebagai percepatan gravitasi sesampai lalu timbul gaya tarik menarik antara planet dan benda tersebut.

Kuat medan gravitasi di suatu planet terdapat tugas yang penting terhadap kondisi benda di sekitarnya. Di bumi, berpengaruh medan gravitasi didesain sedemikian rupa oleh sang pencipta sesampai lalu mecukupkan seluruh benda untuk berada pada posisi menyerupai yang kita lihat selama ini.

Gravitasi bumi menarik seluruh benda menuju sentra bumi sesampai lalu semua benda terdapat berat dan sanggup mengijak permukaan bumi tanpa harus melayang di udara. Semua benda yang dilempar ke atas akan kembali jatuh bebas ke permukaan alasannya yakni dampak gravitasi.

Air terjun, buah jatuh dari pohonnya, dan gerak vertikal ke atas yang melambat merupakan sedikit insiden yang berlangsung alasannya yakni adanya dampak gravitasi bumi. Jika gravitasi tersebut ditiadakan, maka kecukupan besar seluruh benda akan terlempar ke udara meninggalkan permukaan bumi.

Anda cukup pernah membaca gosip atau menonton televisi perihal sedikit tempat di bumi yang berpengaruh medan gravitasinya lebih kecil dari berpengaruh medan gravitasi bumi di tempat lainnya. Di tempat tersebut, berat benda akan menjadi lebih ringan sesampai lalu insan akan merasa tubuhnya menjadi lebih ringan dan sedikit melayang.

Meski ada sedikit tempat yang menawarkan perbedaan tersebut, akan tenamun secara umum berpengaruh medan gravitasi yang dimiliki oleh sebuah planet merupakan sama di seluruh titik di permukaannya. Itu artinya, semua benda akan mencicipi berpengaruh medan gravitasi yang sama.

Akan tenamun, alasannya yakni berpengaruh medan gravitasi berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara benda dengan sentra planet, maka ketinggian akan mempengaruhi berpengaruh medan gravitasi yang dialami oleh suatu benda. Jika ketinggian benda cukup besar maka akan menjadikan perbedaan yang signifikan dengan permukaan.

Karena berbanding terbalik dengan jarak atau ketinggian, semakin tinggi letak suatu benda di atas permukaan bumi maka akan semakin kecil percepatan gravitasi yang dialaminya. Itu artinya, berpengaruh medan gravitasi di permukaan bumi lebih besar dibanding pada ketinggian tertentu.

Percepatan Gravitasi di Permukaan

Jika sebuah benda berada di permukaan planet, maka benda tersebut akan mengalami percepatan gravitasi yang nilainya berbanding lurus dengan massa planet dan berbanding terbalik dengan kuadrat jari-jari planet. Secara matematis sanggup dirumuskan sebagai berikut:

Baca Juga:   Ciri-Ciri Lensa Cekung Dan Kegunaannya Sehari-Hari
g = G M
R2

Keterangan :
g = percepatan gravitasi (m/s2)
G = tetapan umum gravitasi (6,672 x 10-11 N m2/kg2)
M = massa planet (kg)
R = jari-jari planet (m).

Kuat medan gravitasi sebesar g tersebut berlaku untuk semua benda yang berada di permukaan planet. Semua benda akan mencicipi percepatan gravitasi yang sama, yaitu sebesar g.

Percepatan Gravitasi pada Ketinggian Tertentu

Jika sebuah benda berada pada ketinggian tertentu di atas permukaan planet (dan ketinggian tersebut menimnulkan perbedaan yang signifikan pada berpengaruh medan gravitasi), maka benda akan mengalami percepatan gravitasi yang nilainya berbanding lurus dengan massa planet dan berbanding terbalik dengan kuadrat jumlah ketinggian dan jari-jari planet.

g = G M
(R + h)2

Keterangan :
g = percepatan gravitasi (m/s2)
G = tetapan umum gravitasi (6,672 x 10-11 N m2/kg2)
M = massa planet (kg)
R = jari-jari planet (m)
h = ketingian benda di atas permukaan bumi (m).

Poin penting yang harus kita ingat dalam berpengaruh medan gravitasi merupakan jarak dan ketinggian. Jarak antara benda dan planet diukur dari sentra massa dan ketinggian diukur dari permukaan. Jika pada soal disebutkan ketinggian benda diukur dari sentra massa, maka tak perlu ditambah jari-jari lagi.

Perbandingan Kuat Medan Gravitasi

Berbicara perihal berpengaruh medan gravitasi atau percepatan gravitasi, maka salah satu model soal yang kerap dibahas merupakan perbandingan berpengaruh medan gravitasi di dua titik yang berbeda. Model yang paling umum merupakan membandingkan percepatan gravitasi bumi di permukaan dan pada ketinggian tertentu.

Di atas kita sudah membahas dua rumus untuk berpengaruh medan gravitasi di permukaan planet dan berpengaruh medan gravitsi pada ketinggian h di atas permukaan planet. Lalu bagaimana apabila berpengaruh medan gravitasi tersebut dibandingkan?

Jika kita membandingkan berpengaruh medan gravitasi oleh sebuah planet yang sama contohnya bumi pada dua tempat yang berbeda, maka ada dua besaran yang tetap, yaitu besaran G dan besaran M. Itu artinya yang membedakan keduanya hanyalah ketinggian (h) saja.

Kuat medan gravitasi atau dikenal sebagai percepatan gravitasi merupakan sebuah besaran ya PERBANDINGAN KUAT MEDAN GRAVITASI DI DUA TITIK BERBEDA

Misal kita ingin membandingkan berpengaruh medan gravitasi di permukaan bumi dengan berpengaruh gravitasi pada ketinggian h di atas permukaan bumi. Dalam hal ini kita misalkan permukaan bumi sebagai kondisi pertama lagikan pada ketinggian tertentu kita misalkan kondisi kedua.

Baca Juga:   Hubungan Perbesaran Bayangan Dan Posisi Benda Cermin Cekung

Karena G dan M tetap, maka berlaku perbandingan:

g2 = R2
g1 (R + h)2

Keterangan :
g2 = percepatan gravitasi ada ketinggian tertentu (m/s2)
g1 = percepatan gravitasi di permukaan bumi (m/s2)
R = jari-jari bumi (m)
h = ketinggian di atas permukaan bumi (m).

Contoh Soal :
Jika R merupakan jar-jari bumi dan percepatan gravitasi di permukaan bumi merupakan g, maka tentukanlah percepatan gravitasi yang dialami oleh benda yang berada pada ketinggian 2R di atas permukaan bumi.

Pembahasan :
Dik : r1 = R, h = 2R, g1 = g

Kuat medan gravitasi ada ketinggian h:

g2 = r12
g1 r22
g2 = R2
g1 (R + h)2
g2 = R2
g1 (R + 2R)2
g2 = R2
g1 (3R)2
g2 = R2
g1 9R2

⇒ g2 = 1/9 g1
⇒ g2 = 1/9 g

Jadi,percepatan gravitasi yang dialami oleh benda yang berada pada ketinggian 2R di atas permukaan bumi merupakan 1/9 g.

You may also like