Pengertian Gaya Gravitasi Dan Gaya Berat Beserta Contoh

Posted on

Pengertian Gaya Gravitasi dan Gaya Berat Beserta ContohDalam ilmu fisika terdapat istilah seputar gaya gravitasi dan gaya berat. Lalu apa pengertian gaya gravitasi? Apa pengertian gaya berat. Pada dasarnya kita telah menjumpai kedua jenis gaya tersebut namun kita kurang menyadarinya. Kedua jenis gaya ini juga kerap dijadikan soal soal Ujian akhir. Nah pada hari ini kali ini admin akan menterangkan seputar pengertian gaya gravitasi, pengertian gaya berat beserta pola gaya gravitasi dan pola gaya berat. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

Pengertian Gaya Gravitasi dan Gaya Berat Beserta Contoh Pengertian Gaya Gravitasi dan Gaya Berat Beserta Contoh

Pengertian Gaya Gravitasi dan Gaya Berat Beserta Contoh

Di bawah ini terdapat penterangan seputar pengertian gaya gravitasi dan pengertian gaya berat kompleks dengan pola gaya gravitasi dan pola gaya berat. Berikut ulasan sekompleksnya:

Baca juga : Rumus Energi Kinetik Beserta Contoh Soalnya

Gaya Gravitasi

Pengertian gaya gravitasi yaitu salah satu jenis gaya yang dipengaruhi oleh gaya tarik sebuah benda ke sentra benda tersebut. Maka dari itu pengertian gaya gravitasi bumi yaitu gaya tarik menarik sebuah benda menuju sentra bumi. Kita sanggup menjumpai pola gaya gravitasi bumi saat buah mangga atau buah kelapa jatuh ketanah. Lalu bagaimana apabila di bumi tak terdapat gaya gravitasi? Jika hal ini terjadi maka di bumi tak akan ada kehidupan. 
Berdasarkan pola gaya gravitasi di atas sanggup kita simpulkan bahwa gaya gravitasi dipengaruhi oleh ketinggian sebuah benda. Contohnya tempat pantai (dataran rendah) dengan tempat pegunungan (dataran tinggi). Kedua tempat ini terdapat besar gaya gravitasi yang berbeda. Untuk tempat pantai terdapat gaya gravitasi yang besar lantaran ketinggian tempatnya rendah. Sedangkan untuk tempat pegunungan terdapat gaya gravitasi yang kecil lantaran dipengaruhi oleh percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi yaitu jarak tempuh suatu benda untuk jatuh setiap waktu sekon kuadrat.  Percepatan gravitasi bumi terdapat besar 9,8 m/s² atau 10 m/s². Menurut pengertian gaya gravitasi, jenis gaya tersebut bekerjasama dengan gaya berat. Hal ini disebabkan gaya gravitasi mempengaruhi berat sebuah benda.

Gaya Berat

Pengertian gaya berat yaitu gaya yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan massa benda. Selain itu adapula yang menyebut gaya berat sebagai kayanya gaya gravitasi yang bekerja pada sebuah benda. Gaya berat terdapat rumus yang dipakai untuk menghitung besar gaya tersebut. Berikut rumus gaya berat:

W = m x g

Keterangan:
W = Gaya berat (Newton atau N)
m = Massa benda (kg)
g = Percepatan gaya gravitasi bumi (nilainya 10 m/s²)

Baca juga : Rumus Periode dan Frekuensi Getaran

Contoh Soal Gaya Berat
Sebuah benda jatuh dari ketinggian tertentu. Apabila massa sebuah benda tersebut 4 kg. Maka berapa berat benda tersebut?

Baca Juga:   Rumus Massa Jenis (Densitas) Beserta Satuan Dan Rujukan Soalnya

Pembahasan.
Diketahui : m = 4 kg; g = 10 m/s²
Ditanyakan : W = ?
Jawab :
W = m x g
     = 4 x 10
     = 40 N
Kaprikornus berat benda tersebut yaitu 40 Newton.

Berdasarkan pola gaya berat di atas sanggup disimpulkan bahwa berat dengan massa berbeda. Dalam ilmu fisika pun massa benda dengan berat benda terdapat arti yang berbeda. Massa yaitu kayanya zat atau bahan yang terdapat dalam sebuah benda. Sedangkan berat yaitu besarnya massa yang dipengaruhi gaya tarik dari bumi.

Demikianlah penterangan seputar pengertian gaya gravitasi, pengertian gaya berat beserta pola gaya gravitasi dan pola gaya berat. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.