Home BAHAN BELAJAR KIMIA Pengaruh Luas Permukaan Dan Ukuran Terhadap Laju Reaksi

Pengaruh Luas Permukaan Dan Ukuran Terhadap Laju Reaksi

by CerdaskanKita

Apa korelasi antara ukuran zat dengan laju reaksi? Bagaimana luas permukaan sanggup menghipnotis laju reaksi kimia? Pada artikel sebelumnya telah dibahas bahwa semakin luas permukaan zat padat maka semakin besar laju reaksinya. Mengapa demikian? Pada hari ini ini kita akan mencoba untuk melihat bagaimana luas permukaan menghipnotis cepat lambatnya suatu reaksi. Pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi bersahabat kaitannya dengan istilah bidang sentuh. Nah, untuk itu ada baiknya apabila kita mencari pengertian bidang sentuh terlebih dahulu.

Daftar Isi

Pengertian Bidang Sentuh

Bidang sentuh merupakan bidang batas gabungan antara zat satu dengan zat lainnya. Pada gabungan yang heterogen, reaksi hanya terjadi pada bidang batas campuran. Sesampai kemudian luas bidang sentuh akan sangat menghipnotis laju reaksi.

Luas bidang sentuh berbanding lurus dengan luas permukaan zat. Sedangkan luas permukaan zat padat berbanding terbalik dengan ukurannya. Artinya, semakin besar ukuran zat padat, maka luas permukaan dan bidang sentuhnya akan semakin kecil. Mengapa demikian?

Apa korelasi antara ukuran zat dengan laju reaksi Pengaruh Luas Permukaan dan Ukuran Terhadap Laju Reaksi

Untuk melihat korelasi antara ukuran zat dengan luas permukaannya, kita sanggup ambil satu rujukan simpel. Misalkan suatu zat berbentuk kubus dengan panjang sisi 1 cm. Dengan demikian luas salah satu permukaannya merupakan 1 cm2. Karena kubus terdapat enam sisi yang sama besar, maka luas total permukaannya merupakan 6 cm2.

Selanjutnya, zat tersebut kita potong menjadi dua penggalan yang sama besar sesampai kemudian terbentuk dua balok dengan ukuran yang sama. Masing-masing potongan tersebut terdapat dua permukaan yang luasnya 1 cm2 dan empat permukaan yang luasnya 0,5 cm2.

Baca Juga:   Pengaruh Katalis Terhadap Laju Reaksi

Dengan demikian, satu potongan terdapat luas permukaan :
⇒ A total = (2 x 1) + (4 x 0,5)
⇒ A total = 2 + 2
⇒ A total = 4 cm2.

Karena ada dua potongan, maka jumlah luas permukaan kedua potongan tersebut merupakan 8 cm2. Jumlah tersebut lebih besar dari luas permukaan zat pertama yang luas permukaannya hanya 6 cm2.

Dari rujukan di atas sanggup kita simpulkan bahwa semakin kecil ukuran zat padat, maka luas permukaannya akan semakin besar dan bidang sentuhnya juga semakin besar. Sebaliknya, apabila ukuran zat padat semakin besar, maka luas permukaannya akan lebih kecil begitupula bidang sentuhnya.

Pengaruh Luas Permukaan Terhadap Laju Reaksi

Salah satu syarat supaya reaksi sanggup berlangsung merupakan zat-zat pereaksi harus bercampur atau bersentuhan. Semakin kaya zat yang bersentuhan maka semakin kerap terjadi tumbukan. Itu artinya bidang sentuh memegang peranan penting dalam kelangsungan reaksi.

Semakin besar bidang sentuh, maka semakin besar peluang zat-zat pereaksi untuk saling bersentuhan (bercampur) dan saling bertumbukan. Nah, lantaran luas bidang sentuh berbanding lurus dengan luas permukaan, maka semakin luas permukaannya semakin besar peluang tumbukannya.

Dengan kata lain, semakin besar luas permukaan zat padat (ukurannya semakin kecil), maka semakin besar laju reaksinya. Sebaliknya, semakin kecil luas permukaan zat padat (ukurannya semakin besar), maka laju reaksinya juga semakin kecil.

Sebagai contoh, kita ambil gula batu. Gula yang masih dalam bentuk padat menyerupai watu akan lebih sulit larut dibanding gula watu yang telah dihaluskan. Hal ini terperinci mengatakan efek ukuran dan luas permukaan terhadap laju reaksi.

Untuk memperbesar luas permukaan, kita sanggup menggiling atau menghaluskan zat padat menjadi bagian-bagian kecil atau serbuk. Itulah sebabnya ketika praktikum, kerapkali zat padat yang akan direaksikan dihaluskan terlebih dahulu supaya laju reaksinya semakin cepat.

Baca Juga:   Perkembangan Teori Model Atom Dan Inovasi Partikel Penyusun Atom

Konsep penting yang harus kita ingat yakni ukuran tak sama dengan luas permukaan. Ukuran zat padat berbanding terbalik dengan luas permukaan. Itu terlihat terperinci ketika sebuah kubus dipotong menjadi dua bagian. Jelas terlihat bahwa luas permukaannya menjadi lebih besar. Jadi, jangan berfikir bahwa apabila ukurannya besar maka luas permukaannya lebih besar.

Demikianlah pembahasan singkat seputar efek luas permukaan dan ukuran terhadap laju reaksi. Untuk subtopik lainnya silahkan klik pada tabel subtopik. Jika artikle ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia.

You may also like