Home BAHAN BELAJAR KIMIA Pengaruh Katalis Terhadap Laju Reaksi

Pengaruh Katalis Terhadap Laju Reaksi

by CerdaskanKita

Salah satu cara yang sanggup dilakukan untuk mempercepat laju reaksi merupakan dengan menambahkan katalis. Penambahan zat yang beperan sebagai katalis mecukupkan suatu reaksi berlangsung meskipun dengan pasokan energi yang kecil. Lalu, bagaimana cara kerja katalis dalam mempercepat reaksi kimia? Apa relasi antara katalis dengan laju reaksi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya apabila kita mengetahui defenisi dan jenis katalis terlebih dahulu. Kita juga akan melihat grafik perbandingan antara reaksi yang memakai katalis dengan reaksi yang tak memakai katalis.

Daftar Isi

Pengertian Katalis dan Jenisnya

Katalis merupakan zat yang sanggup mempercepat laju reaksi tanpa mengalami perubahan kimia secara permanen, sesampai lalu di final reaksi zat tersebut sanggup diperoleh kembali. Pernyataan bahwa katalis tak ikut bereaksi sebetulnya kurang sempurna alasannya ialah pada kenyataannya katalis ikut serta dalam proses reaksi tenamun tak mempengaruhi hasil akhirnya.

Jadi, penting untuk diingat bahwa katalis berperan meningkatkan laju reaksi tenamun pada final reaksi katalis tetap menyerupai keadaan awalnya. Karena itulah katalis seolah-olah tak ikut bereaksi. Proses menaikkan laju reaksi dengan cara menambahkan katalis disebut proses katalisis. Berdasarkan fasenya, katalis dibedakan menjadi dua jenis, yaitu katalis homogen dan katalis heterogen.

#1 Katalis Homogen
Katalis homogen merupakan katalis yang satu fase dengan zat yang dikatalisis. Katalis homogen kerap disebut sebagai pembentuk senyawa antara. Katalis homogen umumnya bereaksi dengan satu atau lebih pereaksi untuk membentuk suatu mediator kimia yang bereaksi dan membentuk produk akhir, dalam suatu proses yang memulihkan katalis itu sendiri.

#2 Katalis Heterogen
Katalis heterogen merupakan katalis yang tak satu fase dengan zat-zat reaktan. Katalis tersebut terdapat fase yang berbeda dengan zat pereaksi dalam reaksi yang dikatalisis. Katalis heterogen biasanya dipakai biasanya dipakai pada suhu dan tekanan yang tinggi. Katalis ini umumnya berupa zat padat yang terdiri dari logam dan oksida logam.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Teori Model Atom Niels Bohr

Berdasarkan cara bereaksinya katalis sanggup dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
#1 Katalis Aktif
Katalis aktif merupakan katalis yang ikut terlibat pribadi dalam reaksi dan pada final reaksi katalis tersebut terbentuk kembali menyerupai awalnya.

#2 Katalis pasif

Katalis pasif merupakan katalis yang tak terlibat pribadi dalam reaksi melainkan hanya sebagai media reaksi saja dan akan tetap terbentuk pada final reaksi.

Pengaruh Katalis Terhadap Laju Reaksi

Katalis sanggup dipakai untuk meningkatkan laju reaksi alasannya ialah zat tersebut sanggup menurunkan energi aktivasi. Untuk penterangan seputar energi aktivasi, kau sanggup membaca artikel Hubungan Antara Energi Aktivasi terhadap Laju Reaksi.

Katalis sanggup menurunkan energi aktivasi sistem tenamun tak mengubah energi orisinil dari suatu reaktan atau produk. Karena itulah reaksi sanggup berlangsung meskipun energi orisinil suatu reaktan tak melampaui energi aktivasinya. Reaksi sanggup berlangsung alasannya ialah energi aktivasi turun akhir penambahan katalis sesampai lalu energi orisinil reaktan lebih besar daripada energi aktivasi.

Dengan kata lain, efek katalis terhadap laju reaksi terletak pada kiprahnya dalam mengurangi energi aktivasi. Katalis sanggup memperkecil energi aktivasi sesampai lalu kaya partikel yang terdapat energi kinetik lebih besar daripada energi aktivasi dan reaksipun berlangsung lebih cepat.

Katalis mecukupkan berlangsungnya reaksi dengan lebih cepat dan pada suhu yang relatif rendah alasannya ialah katalis memicu perubahan terhadap pereaksi. Katalis menyediakan suatu jalur pilihan dengan energi aktivasi yang lebih rendah sesampai lalu dengan pasokan energi yang rendah, reaksi tetap sanggup berlangsung lebih cepat.

Prinsip kerja katalis ialah dengan cara membentuk senyawa antara atau mengabsorpsi zat yang direaksikan. Dengan cara tersebut, katalis sanggup meningkatkan laju reaksi tanpa mengalami perubahan kimia secara permanen. Untuk itu, katalis melekat pada bab substrat tertentu dan pada karenanya sanggup menurunkan energi pengaktifan dari reaksi, sesampai lalu reaksi berlangsung dengan cepat.

Baca Juga:   Partikel Dasar Penyusun Atom (Proton, Neutron Dan Elektron)

Berikut grafik perbandingan antara reaksi yang memakai katalis dengan reaksi yang tak memakai katalis.

Salah satu cara yang sanggup dilakukan untuk mempercepat laju reaksi merupakan dengan menambahk Pengaruh Katalis Terhadap Laju Reaksi

Pada gambar di atas terperinci terlihat bahwa proses reaksi pada reaksi yang memakai katalis menjadi berbeda dengan reaksi yang tak memakai katalis. Energi aktivasi pada reaksi yang memakai enzim juga lebih rendah.

Dengan demikian sanggup kita simpulkan satu konsep penting yang sanggup menandakan efek katalis terhadap laju reaksi yaitu katalis menurunkan energi aktivasi suatu reaksi dengan cara membentuk tahap-tahap reaksi yang baru.

You may also like