Home Bahasa indonesia Pembahasan Un Bahasa Indonesia Wacana Kalimat Utama

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Wacana Kalimat Utama

by CerdaskanKita

– Menentukan Kalimat Utama Paragraf. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia perihal kalimat utama untuk tingkat menengah atas. Soal ujian bahasa Indonesia biasanya didominasi oleh teks atau naskah yang relatif panjang yang terdiri dari satu atau sedikit paragraf. Salah satu subtopik yang paling kerap muncul dalam soal teks merupakan menentukan kalimat utama dari paragraf tersebut. Pada hari ini ini, edutafsi akan membahas sedikit soal perihal menentukan kalimat utama yang pernah keluar dalam soal ujian nasional bahasa Indonesia sebagai citra untuk murid sekaligus sebagai sarana latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional.

Soal 1 : Menentukan Kalimat Utama Paragraf

Bacalah paragraf di bawah ini dengan seksama!
(1) Istilah rangkuman, sinopsis, dan ringkasan sudah tak absurd lagi dalam bidang tulis-menulis. (2) Semua hal tersebut sanggup ada dalam karya tulis. (3) Salah satu bentuk yang akan kita bicarakan adalah ringkasan. (4) Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu karangan orisinil yang tetap mempertahankan urutan isi. (5) Ringkasan merupakan citra kecil isi teks yang panjang.

Kalimat utama dari paragraf tersebut merupakan ….
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Paragraf merupakan rangkaian kalimat yang saling berafiliasi dan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan. Secara garis besar, sebuah paragraf terdiri dari gagasan utama dan gagasan penterang. Gagasan utama merupakan gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf dan dinyatakan dengan memakai kalimat utama. Gagasan utama biasanya berada di awal atau di selesai paragraf.

Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf sanggup dibedakan menjadi paragraf deduktif dan paragraf induktif. Paragraf deduktif merupakan paragraf yang letak gagasan utamanya terletak di awal paragraf dan dinyatakan dalam kalimat pertama. Sedangkan paragraf induktif merupakan paragraf yang gagasan utamanya terletak di selesai paragraf adalah di kalimat selesai atau kalimat penutup.

 Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia perihal kalimat utama untuk  PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA TENTANG KALIMAT UTAMA

Sedangkan gagasan penterang merupakan gagasan yang berfungsi menterangkan gagasan utama. Gagasan penterang umumnya dinyatakan oleh sedikit kalimat. Kalimat tersebut dinamakan kalimat penterang. Pada paragraf di atas, kalimat (2), (3), (4), dan (5) merupakan kalimat penterang yang berfungsi memperterang gagasan utama yang ada pada kalimat (1). Jadi, kalimat utama paragraf tersebut merupakan kalimat pertama atau di awal paragraf.

Jawaban : A

Soal 2 : Menentukan Letak Kalimat Utama

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik inginpun mancanegara sanggup memakai transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer bahtera untuk disewakan. (4) Dengan biaya Rp 5.000,00 per orang, para wisatawan sanggup berputar di sekitar pantai dan meinkmati keindahan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan situasi pantai Pangandaran.

Baca Juga:   Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada ….
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Sebagaimana yang telah dibahas pada soal nomor satu, kalimat utama umumnya berada di depan atau di selesai paragraf. Oleh lantaran itu, cara termudah menentukan kalimat utama merupakan dengan melihat kalimat awal dan selesai kemudian bandingkan kalimat mana yang lebih sempurna menjadi kalimat utama. Pada paragraf di atas (antara kalimat 1 dan 5), kalimat yang lebih sempurna menjadi kalimat utama merupakan kalimat pertama lantaran gagasan pada kalimat itu diperterang di kalimat lainnya.

Jawaban : A

Soal 3 : Mengidentifikasi Kalimat Utama Paragraf

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Musim kompetisi 20017/2019 belum juga berakhir, tenamun Milan sudah mendapat pemain baru. Adalah Ederson Honorato yang berhasil didatangkan juara Liga Italia trend kemudian itu. Sebelumnya, penyerang asal Brasil itu memperkuat Nice. Ederson yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice dua trend lalu. Saat itu, Inter Milan gotong royong sudah berniat membawanya ke sbaru sajaon San Siro, namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson.

Kalimat utama paragraf tersebut merupakan ….
A. Musin kompetisi 2019/2019 belum berakhir, tenamun Inter Milan sudah pendapatkan pemain baru.
B. Ederson Honorato sebelumnya memperkuat Nice, berhasil didatangkan juara Liga Italia.
C. Ederson Honorato yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice dua trend lalu.
D. Inter Milan sudah berniat membawanya ke sbaru sajaon San Siro, namun Ederson menentukan Nice.
E. Inter Milan gotong royong sudah berniat merekrut Ederson, namun gres tahun ini tercapai.

Pembahasan : 
Kalimat utama merupakan kalimat yang mempunyai kandungan gagasan utama dalam sebuah paragraf. Kalimat utama menjadi dasar dalam pengembangan paragraf. Dari kalimat utama tersebut dikembangkanlah sedikit kalimat penterang yang berfungsi memperterang gagasan utamanya.

Baca Juga:   16+ Teladan Kalimat Beragam Bertingkat

Paragraf di atas secara keseluruhan membahas perihal Milan yang sudah mendapat pemain gres meskipun trend kompetisi belum berakhir. Kemudian pada sedikit kalimat penterang diterangkan siapa dan bagaimana pemain gres yang dimaksud tersebut. Jadi, kalimat utama dari paragraf tersebut merupakan kalimat awal dari paragraf tersebut.

Jawaban : A

Soal 4 : Kalimat Utama dalam Paragraf

Cermati paragraf di bawah ini dengan seksama!
(1) Terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan masih lemahnya penegakan aturan di bidang lingkungan. (2) Bahkan, sedikit kasus yang benar-benar merusak lingkungan pun kadang luput dari jeratan hukum. (3) Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat, Ade Suhanda Adnawidjaja menyatakan secara ideal kasus yang menyangkut lingkungan seharusnya ditangani pihak eksekutif. (4) Namun, hal itu tak sanggup dilakukan mengingat adanya keterbatasan kewenangan dan personel. (5) Oleh lantaran itu, penegakan aturan dalam bermacam bidang harus dilaksanakan secara bersih, transparan, dan profesional.

Yang merupakan kalimat utama dari paragraf di atas merupakan ….
A. Kalimat 5
B. Kalimat 4
C. Kalimat 3
D. Kalimat 2
E. Kalimat 1

Pembahasan :
Jika dilihat dari segi pengembangannya, paragraf di atas merupakan paragraf deduktif yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Hal itu sanggup dilihat dari keseluruhan isi paragraf. Gagasan utamanya merupakan lemahnya penegakan aturan di bidang lingkungan. Kemudian gagasan tersebut dikembangkan oleh kalimat (2), (3), (4), dan (5) yang memperterang kalimat (1) sebagai kalimat utama paragraf tersebut.

Kalimat kedua menterangkan sedikit kasus kerusakan lingkungan yang luput dari hukum, kemudian kalimat ketiga menterangkan pernyataan tokoh terkait penanganan kasus lingkungan. Selanjutnya, kalimat 4 dan kalimat 5 merupakan kelanjutan dari kalimat 3 yang berfungsi mendukung gagasan utamanya.

Jawaban : E

Soal 5 : Letak Kalimat Utama Suatu Paragraf

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Sebagaimananya kaya yang menaruh impian tinggi kepada ganda gabungan untuk mempersembahkan gelar juara di India Terbuka Super Series. (2) Ganda gabungan itu berambisi meraih gelar ketiga kalinya di India. (3) Di semi final kemarin, Aprilia, satu-satunya tunggal putri Indonesia kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman, Juliant Schenk, 21-18, 21-18 (4) Banyak yang mengakui permainannya terlalu monoton dan kerapkali membuat kesalahan sendiri. (5) Permainan depan juga diduga dilakukan terburu-buru untuk memenonaktifkan bola.

Baca Juga:   50+ Pola Slogan Kebersihan Inspiratif Dalam Bahasa Indonesia

Kalimat utama dari paragraf tersebut terdapat pada ….
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Gagasan atau wangsit pokok dari paragraf di atas merupakan impian kaya orang biar Indonesia menjuarai India Terbuka Super Series. Gagasan tersebut diwakili oleh kalimat pertama paragraf tersebut. Sedangkan kalimat berikutnya merupakan penterang yang menggambarkan bagaimana kaya orang menaruh impian pada ganda gabungan lantaran wakil Indonesia lainnya sudah kalah.

Jawaban : A

Demikianlah pembahasan sedikit soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia perihal menentukan kalimat utama dari suatu paragraf atau karangan. Jika pembahasan soal kalimat utama ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia.

You may also like