Home Bahasa indonesia Pembahasan Un Bahasa Indonesia Wacana Kalimat Tanya

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Wacana Kalimat Tanya

by CerdaskanKita

– Kalimat Tanya. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia ihwal kalimat tanya untuk tingkat menengah atas. Selain menentukan kalimat utama dan kalimat penterang dari suatu paragraf, salah satu model soal yang juga cukup kerap keluar dalam ujian nasional merupakan menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf. Pada model soal ini, murid diminta menyusun kalimat tanya yang jawabannya ada pada teks soal. Berikut edutafsi bagikan pembahasan sedikit soal ihwal kalimat tanya yang pernah keluar dalam ujian nasional sebagai citra bagi murid untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Menentukan Pertanyaan yang Sesuai Isi Teks

Bacalah kutipan teks berikut dengan seksama!
Sekitar 300 dari 400-an kios dan jongko (los) di pasar inpres Sayati, kota Bandung Sabtu (26/8) dini hari musnah terbakar. Dalam bencana itu seorang wanita pedagang ayam potong, Fatimah bin Yusuf (50-an) tewas terbakar lantaran terkurung api di dalam kiosnya.

Keterangan yang dihimpun Sabtu siang menyebutkan api mulai berkobar sekitar pukul 02.30 dikala para pedagang masih tertidur lelap. Karena kencangnya tiupan angin kemarau dan terbakaranya tenda-tenda plastik, api dengan cepat menjalar ke hampir semua bab pasar yang terletak di jalan Kopo itu.

Api gres sanggup diatasi sekitar pukul 07.30, sesudah sekitar sepuluh kendaraan beroda empat pemadam kebakaran dari kota dan Kabupaten Bandung dikerahkan ke lokasi kejadian. Namun, tanggapan luapan masa, jalan Poros Kopo Soreang sempat macet total selama sedikit jam.

Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks informasi di atas merupakan ….
A. Berapa rupiah kerugian atas kebakaran pasar Inpres Sayati?
B. Di manakah Fatimah, korban kebakaran tersebut dimakamkan?
C. Siapa yang mejadi korban kebakaran pasar Inpres Sayati?
D. Dari mana datangnya tiupan angin ribut ke lokasi kebakaran?
E. Mengapa para pedagang terlelap tidur dikala terjadi kebakaran?

Pembahasan :
Kalimat tanya merupakan kalimat yang isinya menanyakan sesuatu atau informasi yang membutuhkan jawaban. Kalimat tanya dicirikan dengan penggunaan tanda tanya (?) pada selesai kalimat dan penggunaan sedikit kata tanya contohnya apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.

Kalimat tanya umunya dipakai untuk menyatakan pertanyaan atas suatu informasi. Pertanyaan yang sesuai dengan isi suatu teks merupakan pertanyaan yang jawabannya sanggup ditemukan dalam teks tersebut. Dengan kata lain, pertanyaan tersebut sanggup dijawab dengan membaca teks tersebut secara seksama.

Baca Juga:   Aturan Penggunaan Aksara Kapital, Aksara Miring, Dan Singkatan

Teks di atas merupakan teks informasi yang memberikan informasi seputar kebakaran di pasar Inpres Sayati. Nah, menurut informasi dan data yang ada dalam teks informasi tersebut, mari kita tinjau satu persatu pertanyaan pada opsi jawaban untuk melihat pertanyaan yang sesuai dengan isi teks.

Perhatikan ulasan berikut ini!
Pertanyaan : Berapa rupiah kerugian atas kebakaran pasar Inpres Sayati?
Jawaban : tak ditemukan jawaban dalam teks. Tidak ada kalimat dalam teks informasi tersebut yang membahas seputar kerugian tanggapan kebakaran.

Pertanyaan : Di manakah Fatimah, korban kebakaran tersebut dimakamkan?Jawaban : pada teks hanya disebutkan lokasi korban terbakar, yakni di dalam kiosnya namun tak diterangkan dimana korban dimakamkan.

Pertanyaan : Siapa yang mejadi korban kebakaran pasar Inpres Sayati?
Jawaban : yang menjadi korban kebakaran pasar Inpres Sayati merupakan seorang wanita pedagang ayam potong berjulukan Fatimah bin Yusuf (disebutkan pada paragraf pertama). 

Karena pertanyaan pada opsi C ada jawabannya pada teks, maka pertanyan D dan E tak perlu lagi diperiksa lantaran niscaya jawabannya merupakan pertanyaan C. Jadi, pertanyaan yang sesuai dengan isi teks informasi tersebut merupakan Siapa yang mejadi korban kebakaran pasar Inpres Sayati?.

Jawaban : C

Soal 2 : Menentukan Jawaban Berdasarkan Isi Teks

Berdasarkan kutipan teks informasi pada soal nomor 1, jawaban yang sempurna atas pertanyaan “Bagaimana cara mengatasi kobaran api dalam bencana pasar Inpres Sayati tersebut?” merupakan ….
A. Mengoperasikan kendaraan beroda empat pemadam kebakaran ke lokasi kejadian
B. Mengerahkan para penduduk di sekitar lokasi kebakaran
C. Membangunkan para pedagang yang masih terlelap
D. Mengerahkan pegawanegeri keamanan kota dan Kabupaten Bandung
E. Membangunkan masyarakat yang lagi tertidur lelap.

Pembahasan :
Jawaban untuk pertanyaan di atas sanggup ditemukan pada paragraf ketiga. Pada paragraf ketiga disebutkan bahwa api gres sanggup diatasi sekitar pukul 07.30, sesudah sekitar sepuluh kendaraan beroda empat pemadam kebakaran dari kota dan Kabupaten Bandung dikerahkan ke lokasi kejadian. Jadi, menurut teks tersebut, cara mengatasi kobaran api dalam bencana kebakaran itu merupakan dengan cara mengerahkan kendaraan beroda empat pemadam kebakaran ke lokasi bencana untuk memadamkan api.

Jawaban : A

Soal 3 : Menentukan Kalimat Pertanyaan yang Sesuai

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini lantaran komponen tersebut ternyata sangat kuat pada kedua pilar lainnya. Sebagaimana seseorang dengan sikap sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu dengan sikap sehat, seseorang akan memanfaatkan akomodasi pelayanan yang ada untuk memelihara kesehatannya.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Tanda Baca Dan Fungsinya

Kalimat pertanyaan yang sempurna sesuai isi paragraf di atas merupakan ….
A. Mengapa sikap sehat merupakan pilar paling utama?
B. Bagaimana cara menjaga supaya lingkungan tetap sehat?
C. Apakah fungsi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat?
D. Mengapa masyarakat harus memelihara kesehatan lingkungan?
E. Kapan pemerintah harus menawarkan pelayanan kesehatan?

Pembahasan :
Paragraf di atas membahas ihwal sikap sehat sebagai pilar yang paling utama. Kalimat penterang menterangkan alasan mengapa sikap sehat menjadi pilar yang paling utama. Sesampai kemudian pertanyaan yang paling sempurna untuk paragraf tersebut merupakan “Mengapa sikap sehat merupakan pilar paling utama?”.

Jawaban : A

Soal 4 : Menentukan Kalimat Tanya Sesuai Artikel

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Merujuk pada sedikit studi perekonomian, Mardjijono memberikan kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional sanggup menyerap tenaga kerja lebih kurang 40.000 orang. (2) Jateng menyumbang sekitar 10% kepada pertumbuhan nasional, maka setiap kenaikan pertumbuhan satu persen diperkirakan sanggup menyediakan lapangan kerja bagi 40.000 orang. (3) “Dengan tingkat pertumbuhan pada tahun ini sebesar 4,41%, maka sanggup terserap tenaga kerja 176.400 orang”, sambungnya. (4) Kita berharap Indonesia sanggup terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (5) Dengan demikian, sanggup meningkatkan perembesan tenaga kerja.

Kalimat tanya yang sesuai dengan artikel di atas merupakan ….
A. Apakah lapangan kerja sanggup tercukupi melalui pertumbuhan ekonomi nasional?
B. Bagaimana relasi antara pertumbuhan ekonomi nasional terhadap lapangan kerja?
C. Bagaimana apabila terjadi penambahan pengangguran setiap tahunnya?
D. Siapakah yang bertanggungjawab terhadap pertumbuhan ekonomi nasional?
E. Kapan Jawa Tengah sanggup menawarkan lapangan kerja terhadap pengangguran?

Pembahasan :
Sebenarnya, lantaran kalimat tanyanya sudah disediakan dalam opsi jawaban, maka murid hanya tinggal menentukan saja kalimat tanya mana yang sempurna untuk teks soal. Ada dua cara yang umum dipakai untuk menentukan kalimat tanya yang relevan dengan isi teks, yang pertama dengan membaca teks terlebih dahulu untuk mengetahui isinya dan yang kedua dengan pribadi melihat opsi jawaban untuk menemukan jawaban pada teks soal.

Dengan cara pertama, kita sanggup membaca teks soal dengan seksama supaya mengetahui isi teks tersebut. Dalam hal ini diharapkan keahlian membaca cepat dan menyerap informasi dari teks yang dibaca. Setelah mengetahui isinya, maka dengan gampang sanggup ditentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isi teks (yaitu, kalimat tanya yang jawabannya ada dalam teks).

Dengan cara kedua, kita sanggup pribadi menyelidiki satu-persatu kalimat tanya yang disediakan dalam opsi jawaban untuk kemudian diperiksa jawabannya pada teks soal. Dala hal ini, juga diharapkan kecermatan dalam menangkap informasi dengan teknik mmebaca cepat.

Baca Juga:   Model Soal Sbmptn Sastra Dan Gaya Bahasa

Pada pembahasan ini, edutafsi memakai cara pertama, yakni membaca teks terlebih dahulu dengan cepat untuk mengetahui isinya. (Terkadang, isi teks sudah tercermin dari kalimat utama atau wangsit pokoknya). Pada teks di atas, secara keseluruhan, teks itu membahas seputar efek tingkat pertumbuhan ekonomi nasional dengan perembesan tenaga kerja.

Berdasarkan topik tersebut, maka kalimat tanya yang sesuai untuk teks di atas merupakan “Bagaimana relasi antara pertumbuhan ekonomi nasional terhadap lapangan kerja?”. Pertanyaan tersebut sudah terjawab melalui kalimat utama paragraf didukung kalimat penterang.

Jawaban : B

Soal 5 : Mengidentifikasi Pertanyaan yang Sesuai

Bacalah kutipan berikut ini dengan cermat!
Konflik agraria yang berkelanjutan serta tak terselesaikannya perkara hingga akar persoalannya sangat linear hubungannya dengan semakin maraknya perlawanan yang dilakukan oleh kaum tani. Hal ini terlihat dengan agresi 500-an petani dari Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Dengan didampingi oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) mereka melaksanakan agresi demonstrasi selama seminggu di sedikit instansi menyerupai di Mabes Polri, BPN, Kementrian Keuangan, Kemnetrian BUMN, istana, KPK, dan DPR. Sengketa lahan masyarakat Ogan Ilir (20 desa, 6 kecamatan) dengan PTPN VII Unit Usaha Cinta Manis ini telah berlangsung selama 30 tahun, semenjak tahun 1985. Sengketa ini terkait perampasan tanah seluas 3.000 ha.

Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf di atas merupakan ….
A. Konflik apa yang sangat bersahabat hubungannya dengan perlawanan petani Ogan Ilir?
B. Siapakah yang mendampingi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia berdemonstrasi?
C. Mengapa konflik antara petani Ogan Ilir dengan WALHI tak kunjung selesai?
D. Bagaimanakah cara petani Ogan Ilir berdemonstrasi selama seminggu?
E. Berapa usang demonstrasi itu berlangsung di depan gedung dewan perwakilan rakyat dan istana?

Pembahasan :
Secara keseluruhan, paragraf di atas membahas seputar konflik agraria yang sangat linear hubungannya dengan perlawanan kaum tani di Ogan Ilir seputar sengketa lahan masyarakat. Pertanyaan yang sesuai (ada jawabannya di dalam teks) merupakan “Konflik apa yang sangat bersahabat hubungannya dengan perlawanan petani Ogan Ilir?”. Jawaban untuk pertanyaan itu ada di kalimat pertama, yakni konflik agraria. Penggunaan kata-kata “Sangat linear hubungannya” serupa dengan kata “erat kaitannya”.

Jawaban : A

Demikianlah pembahasan sedikit soal ihwal kalimat tanya yang pernah keluar dalam ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia, semoga bermanfaat. Jika pembahasan soal ihwal kalimat tanya ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia di bawah ini.

You may also like