Home Bahasa indonesia Pembahasan Un Bahasa Indonesia Wacana Fakta Dan Opini

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Wacana Fakta Dan Opini

by CerdaskanKita

– Fakta dan Opini. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi Bahasa Indonesia perihal fakta dan opini untuk tingkat menengah atas. Fakta dan opini merupakan dua istilah yang sudah cukup umum digunakan. Dalam bahasa Indonesia, pembahasan seputar fakta dan opini biasanya berafiliasi dengan sebuah naskah atau paragraf. Model soal yang paling umum merupakan mengidentifikasi sebuah kalimat termasuk fakta atau opini. Pada hari ini ini, edutafsi akan membahas sedikit soal perihal fakta dan opini yang pernah keluar dalam ujian nasional sebagai citra bagi murid untuk menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Menentukan Kalimat yang Berisi Fakta 

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Sebagaimananya kaya yang menaruh cita-cita tinggi kepada ganda adonan untuk mempersembahkan gelaj juara di India Terbuka Super Series. (2) Ganda adonan itu berambisi meraih gelar ketiga kalinya di India. (3) Di semi selesai kemarin, Aprilia, satu-satunya tunggal putri Indonesia kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman, Juliant Schenk, 21-18, 21-18 (4) Banyak yang mengakui permainannya terlalu monoton dan kerapkali membuat kesalahan sendiri. (5) Permainan depan juga diduga dilakukan terburu-buru untuk memenonaktifkan bola.

Dari paragraf di atas, kalimat yang berisi fakta terdapat pada ….
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Fakta merupakan sesuatu yang benar-benar terjadi dan sanggup dibuktikan kebenarannya. Fakta merupakan segala sesuatu yang tertangkap oleh indera insan atau data keadaan kasatmata yang terbukti kebenarannya dan sudah menjadi suatu kenyataan. Dalam penelitian, fakta sanggup diartikan sebagai hasil pengamatan yang objektif dan sanggup diverifikasi oleh siapapun.

Sebuah fakta umumnya mempunyai kandungan suatu informasi atau data yang teruji kebenarannya sesampai kemudian sanggup menjawab sedikit pertanyaan dasar menyerupai apa yang terjadi, bagaimana, mengapa, kapan, dimana, dan sebagainya. Sebuah fakta sanggup menjawab pertanyaan tersebut dengan niscaya dan terang. Biasanya fakta disertai dengan data berupa angka atau rujukan pendukung.

 Pembahasan soal ujian nasional bidang studi Bahasa Indonesia perihal fakta dan opini untu PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA TENTANG FAKTA DAN OPINI

Pada paragraf di atas, kalimat yang mempunyai kandungan fakta berada pada kalimat penterang, yaitu pada kalimat (3). Pada kalimat tersebut merupakan sebuah kenyataan bahwa Aprilia, satu-satunya tunggal putri Indonesia kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman, Juliant Schenk, 21-18, 21-18 pada pertandingan semifinal. Peristiwa kalahnya Aprilia pada semifinal merupakan sebuah fakta didukung oleh data berupa skor dan lawannya.

Lau bagaimana dengan kalimat lainnya? Kalimat (1) jelas merupakan sebuah opini alasannya yakni ada kata tampaknya yang merupakan pendapat penulis. Kalimat (2) juga merupakan opini penulis yang merupakan tanggapannya akan ganda campuran. Kalimat (4) dan (5) juga merupakan opini alasannya yakni merupakan pendapat dari sebagian orang dan sanggup saja berbeda dengan pendapat orang lain.

Jawaban : C

Soal 2 : Menentukan Kalimat Fakta dari Paragraf

Bacalah paragraf berikut ini dengan seksama!
(1) Badan Pertahanan Nasional menyatakan ada 73 juta hektar lahan terlantar. (2) Lahan jutaan hektar tersebut selayaknya tak disupayakan terlantar. (3) Undang-undang Agraria menyebutkan semua hak atas tanah mempunyai fungsi sosial. (4) Pemerintah dituntut terdapat kebijakan dan strategi pertahanan nasional, membagi dengan jelas peruntukan lahan pertanian, industri, pemukiman, dan hutan. (5) Hal itu akan menjamin kepastian aturan sesampai kemudian setiap orang sanggup bekerja dan berproduksi dengan jangan khawatir.

Baca Juga:   Mengubah Warta Nonverbal Menjadi Warta Verbal

Dari paragraf di atas, kalimat fakta terdapat pada ….
A. Kalimat (1) dan (3)
B. Kalimat (1) dan (4)
C. Kalimat (2) dan (3)
D. Kalimat (3) dan (4)
E. Kalimat (4) dan (5)

Pembahasan :
Kalimat fakta merupakan kalimat yang mempunyai kandungan fakta, yaitu suatu kebenaran yang benar-benar terjadi dan sanggup dibuktikan kebenarannya. Fakta biasanya didukung oleh data-data tertentu sebagai penterang atau penguat menyerupai contohnya keterangan waktu, atau data-data berupa angka.

Sebaliknya, kalimat opini merupakan kalimat yang mempunyai kandungan pendapat atau sudut pandang orang tertentu terhadap suatu objek atau peristiwa. Biasanya kalimat opini sanggup dikenali dengan jelas alasannya yakni cenderung belum terbukti kebenarannya dan memakai kata-kata tertentu yang mencirikan argumen contohnya sepertinya, selayaknya, berdasarkan admin, kami rasa, dan sebagainya.

Pada paragraf di atas, kalimat (2), (4) dan (5) jelas merupakan kalimat opini alasannya yakni sama sekali tak mempunyai kandungan data menyerupai fakta dan memakai kata-kata pendapat menyerupai selayaknya pada kalimat (2), dituntut terdapat kebijakan pada kalimat (4), dan pada kalimat (5) kepastian aturan tersebut hanyalah sebuah argumen atau cita-cita dan belum tentu akan terjamin dengan kebijakan tertentu.

Dengan demikian, kalimat yang merupakan fakta pada paragraf di atas merupakan kalimat (1) dan kalimat (3). Pada kalimat (1) data seputar lahan terlantar yang dikeluarkan oleh Badan Pertahanan Nasional tentu sudah diperifikasi. Pada kalimat (3), pernyatakan bahwa semua hak atas tanaha terdapat fungsi sosial memang tertulis pada Undang-undang Agraria sesampai kemudian kalimat itu merupakan kalimat fakta.

Jawaban : A

Soal 3 : Menentukan Fakta dari Sebuah Artikel

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Merujuk pada sedikit studi perekonomian, Mardjijono memberikan kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional sanggup menyerap tenaga kerja lebih kurang 40.000 orang. (2) Jateng menyumbang sekitar 10% kepada pertumbuhan nasional, maka setiap kenaikan pertumbuhan satu persen diperkirakan sanggup menyediakan lapangan kerja bagi 40.000 orang. (3) “Dengan tingkat pertumbuhan pada tahun ini sebesar 4,41%, maka sanggup terserap tenaga kerja 176.400 orang”, sambungnya. (4) Kita berharap Indonesia sanggup terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (5) Dengan demikian, sanggup meningkatkan absorpsi tenaga kerja.

Baca Juga:   Contoh Iklan Bahasa Inggris Singkat Lengkap

Fakta yang terdapat dalam artikel di atas terdapat pada kalimat nomor ….
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Pada artikel di atas, kalimat (2), (4), dan (5) jelas merupakan kalimat opini atau pernyataan alasannya yakni kalimat tersebut mempunyai kandungan pendapat atau sudut pandang. Pada kalimat (2) ada penggunaan kata diperkirakan yang artinya belum sanggup dipastikan benar. Pada kalimat (4) terdapat kata kita berharap yang menawarkan bawha kalimat itu bukanlah fakta. Begitu juga dengan kalimat 5.

Kalimat (3) sekilas memang terlihat menyerupai fakta alasannya yakni menampilkan data pendukung yang meyakinkan. Akan tenamun, kalimat tersebut merupakan opini atau pernyataan yang diungkapkan oleh Mardjijono dan penggunaan kata “dapat terserap” pada kalimat itu menawarkan bahwa data tersebut belum tentu demikian atau masih merupakan data perkiraan.

Dengan demikian, kalimat yang berisi fakta pada paragraf di atas merupakan kalimat (1). Sekilas, kalimat tersebut memang terlihat menyerupai kalimat pernyataan yang belum niscaya kebenarannya. Tapi perhatikan pada awal kalimat ada sebuah rujukan yang menawarkan bahwa data yang disampaikan pada pernyataan tersebut sudah terperivikasi, atau setaknya sudah dilakukan studinya.

Jawaban : A

Soal 4 : Menentukan Opini pada Sebuah Tajuk Rencana

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Beberapa waktu yang kemudian banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 milyar dan menelan korabn 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati sebuah surat kabar. Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta tak menyerupai kota metropolitan yang selama ini megah dalam sinetron.

Orang Jakarta menyampaikan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor. Orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang membuat kerusakan merupakan orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat villa dan hotel di puncak.

Opini pada tajuk rencana di atas terdapat pada kalimat ….
A. Sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut
B. Seorang penduduk luar jakarta menyurati sebuah surat kabar
C. Orang Jakarta menyampaikan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor
D. Kerugian mencapai 39,5 milyar dan sepuluh orang meninggal
E. Beberapa waktu yang kemudian banjir besar melanda Jakarta

Baca Juga:   30+ Pola Kalimat Pribadi Dan Tidak Pribadi Beserta Strukturnya

Pembahasan :
Berdasarkan alur dongeng pada tajuk rencana di atas, maka terdapat sedikit kalimat yang sanggup dipandang sebagai fakta alasannya yakni data yang disampaikan biasanya diperoleh dari pendataan pribadi (berdasarkan laporan) dan sudah diperivikasi oleh pihak terkait. Kalimat yang merupakan fakta antaralain:
1). Sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut
2). Seorang penduduk luar jakarta menyurati sebuah surat kabar
3). Kerugian mencapai 39,5 milyar dan sepuluh orang meninggal
4). Beberapa waktu yang kemudian banjir besar melanda Jakarta.

Dengan demikian, yang merupakan opini dalam tajuk rencana tersebut merupakan “Orang Jakarta menyampaikan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor”. Dari kalimatnya saja sudah jelas bahwa itu hanyalah pendapat dari orang jakarta seputar banjir tersebut. Selain kalimat tersebut, opini lain yang ada dalam tajuk rencana di atas merupakan opini dari orang Bogor seputar banjir yang terjadi, dan opini penduduk luar jakarta seputar kondisi kota Jakarta.

Jawaban : C

Soal 5 : Mengidentifikasi Opini dalam Suatu Teks

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Semburan Baru Muncul di Mindi
Semburan lumpur, air, dan gas gres keluar dari salah satu halaman belakang salah seorang penduduk, warga desa Mindi, kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Semburan itu merupakan semburan yang ke-59 yang muncul di sekitar sentra semburan utama.

Menurut spesialis dari Leader Team Fergaco, perbisnisan yang andal mengawasi gas-gas berbahaya di sekita sentra semburan, semburan itu sama dengan 58 semburan liar sebelumnya. Semburan liar itu juga tak berbahaya dan tak akan membesar. Kalau itu akan mengecil sendiri. Untuk menutup semburan, hari ini akan dimasukkan 100 kilogram semen ke dalam lubang asal semburan.

Kalimat yang merupakan opini dalam teks di atas merupakan ….
A. Semburan liar itu terjadi di halaman ruma warga
B. Semburan liar itu tak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya
C. Semburan itu merupakan semburan yang ke-59
D. Lokasi semburan terletak di desa Mindi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo
E. Hari ini ke dalam lubang asal semburan dimasukkan 100 kg semen.

Pembahasan :
Kalimat opsi A : sebuah fakta, sesuai dengan kenyataan atau kejadian.
Kalimat opsi B : sebuah opini, merupakan pendapat andal dan sanggup saja salah.
Kalimat opsi C : sebuah fakta, sesuai data yang dikumpulkan.
Kalimat opsi D : sebuah fakta, memuat keterangan daerah sesuai kenyataan.
Kalimat opsi E : sebuah fakta, merupakan kenyataan dikompleksi keterangan waktu.

Jawaban : B

Demikianlah pembahasan sedikit soal ujian nasional bidang studi bahasan Indonesia perihal Fakta dan Opini. Jika pembahasan soal fakta dan opini ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawah ini.

You may also like