Home ART Menggambar Pemandangan Jeram Yang Mudah

Menggambar Pemandangan Jeram Yang Mudah

by CerdaskanKita

Salah satu pemandangan alam yang kaya menarik perhatian dan kerap dijadikan sebagai objek pariwisata merupakan air terjun. Pemandangan penderasan umumnya menyuguhkan keindahan dan kesegaran alam yang asri sesampai kemudian sangat memanjakan mata penikmatnya. Tak heran apabila penderasan menjadi salah satu objek wisata yang kaya digemari.

Pada hari ini ini, edutafsi akan mengajak anda semua untuk berguru menggambar sebuah pemandangan alam berupa pemandangan air terjun.

Sesuai dengan judulnya, pemandangan penderasan kali ini merupakan pemandangan yang cukup mudah sesampai kemudian gampang untuk ditiru. Kita yakin, anda Tafsi niscaya sanggup menggambarnya.

Sebenarnya, konten berguru menggambar di edutafsi merupakan bentuk tertulis dari konten video berguru menggambar yang ada di channel youtube kita, tafsi video.

Nah, lantaran di channel tersebut ada kaya video berguru menggambar, jadi ke depannya juga akan kaya konten berguru menggambar di blog ini.

Jadi, buat Sobat tafsi yang bahagia menggambar, kita sanggup berguru menggambar bersama baik di blog ini atau melalui videonya di channel youtube kita buat sobat semua yang lebih suka menonton.

Nah, hasil simpulan pemandangan yang akan kita gambar pada hari ini ini sanggup Sobat Tafsi lihat pada gambar di bawah ini. Cukup gampang kan untuk ditiru?

Salah satu pemandangan alam yang kaya menarik perhatian dan kerap dijadikan sebagai obje MENGGAMBAR PEMANDANGAN AIR TERJUN YANG MUDAH

Pada laman ini akan diterangkan bagaimana tahap atau proses untuk menghasilkan gambar pemandangan penderasan mirip di atas. Untuk videonya, edutafsi juga sudah menyiapkan linknya di bab bawah ya. Jadi, silahkan mampir ke channel kita.

Alat dan Bahan

– pada tutorial berguru menggambar pemandangan kali ini, edutafsi tak memakai oil pastels tenamun memakai pensil warna.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Cat Untuk Menggambar Atau Melukis

Adapun alat dan materi yang perlu kita siapkan antaralain:
1). Pensil 2B dan spidol hitam
2). Penghapus
3). Kertas gambar atau kertas sketch
4). Pensil warna.

Pensil dan spidol kita gunakan untuk membuat kerangka (outline) gambar. Pertama-tama, digunakan pensil untuk menggambar outline sesudah itu diperterang memakai spidol.

Penghapus digunakan untuk menghapus garis-garis yang dibentuk memakai pensil sempurna sesudah seluruh garis telah dipertebal atau diperterang memakai spidol.

Untuk media gambar, Sobat Tafsi sanggup memakai kertas gambar yang biasa Kalian pakai di sekolah atau sanggup juga memakai kertas sketch khusus.

Kalian juga sanggup memakai kertas HVS atau kertas ukuran A4 yang biasa digunakan untuk mencetak dokumen untuk sekedar latihan sebelum menggambarnya di buku gambar sobat semua. 

Sementara pensil warna, edutafsi di sini memakai pensil warna Faber Castell yang 24 warna. Untuk merek tak harus sama, jadi gunakan saja pensil warna yang ada di rumah sobat semua.

Baca juga : Menggambar Pemandangan Padang Rumput.

Cara Menggambar Pemandangan Air Terjun

Nah, jikalau alat dan materi yang digunakan sudah tersedia, kita eksklusif aja ke bab tahap pembuatan gambar pemandangan penderasan memakai pensil warna.

Secara garis besar, tahapan menggambar dibedakan menjadi dua tahapan, yakni tahap menggambar (menciptakan kerangka dengan pensil dan spidol) dan tahap mewarnai gambar.

#1 Membuat Outline

Sebagaimana yang telah diterangkan di atas, untuk membuat kerangka gambar pertama-tama kita gunakan pensil 2B. Setelah gambar selesai, kita perterang gambar memakai spidol hitam.

Buat Sobat Tafsi yang sudah terbiasa menggambar memakai spidol, sanggup juga eksklusif membuat kerangka gambarnya memakai spidol tanpa pensil terlebih dahulu.

Adapun tahapan membuat kerangka gambar, biasanya dimulai dari objek yang paling depan disusul objek di belakangnya. Tujuannya merupakan supaya gambarnya lebih teratur.

Baca Juga:   Trik Sulap Menebak Nama Pacar Atau Orangtua Teman

Pada tutorial ini, edutafsi menggambar pohon pinus terbelih dahulu. Dibuat bentuk daun pohon mirip segitiga (menguncup di atas) mirip terlihat pada gambar 1.

Salah satu pemandangan alam yang kaya menarik perhatian dan kerap dijadikan sebagai obje MENGGAMBAR PEMANDANGAN AIR TERJUN YANG MUDAH

Selanjutnya, kita menggambar penderasan dan bebatuan. Caranya, tarik garis lurus horizontal dari kiri ke kanan, namun sisakan celah di bab tengah untuk air terjunnya.

Untuk batu, buatlah sedikit objek yang berbentuk bundar atau lonjong yang saling berdekatan sesampai kemudian terlihat mirip tumpukan bebatuan di sungai mirip gambar 2.

Tahap selanjuntnya yakni menggambar gunung dan pepohonan di kaki gunung. Untuk gunung, anda tafsi sanggup lihat bentuknya mirip terlihat pada gambar 3 atau sobat semua sanggup berkreasi dengan bentuk yang sobat semua suka.

Kemudian, kita kompleksi gambar dengan menggambar bab tebingnya dan pepohonan di bawah tebing mirip terlihat pada gambar 4.

Baca juga : Menggambar Pemandangan Gedung Sekolah.

#2 Mewarnai Gambar 

Setelah gambarnya selesai, selanjutnya kita gunakan pensil warna untuk mewarnai gambar tersebut.
Pada tutorial ini, edutafsi memulai mewarnai bab gunung terbelih dahulu.

Untuk warna gunung, digunakan pensil warna nila (pada pensil faber castell warna no 343). Kalau tak ada warna itu, anda sanggup juga memakai warna ungu, cokelat, atau abu-abu.

Cara mewarnainya, buatlah arsiran halus mengikuti kemiringan gunung dan berikan arsiran yang lebih tebal di bagian-bagian tertentu mirip terlihat pada gambar 5.

Salah satu pemandangan alam yang kaya menarik perhatian dan kerap dijadikan sebagai obje MENGGAMBAR PEMANDANGAN AIR TERJUN YANG MUDAH

Setelah itu, gunakan warna hijau bau tanah dan hijau muda untuk mewarnai daun pepohonan dengan teknik gradasi. Gunakan hijau bau tanah untuk bab yang gelap dan hijau muda untuk bab pucuk atau bab daun yang terperinci lebih kurang mirip gambar 6.

Pada gambar 7 selanjutnya digunakan warna cokelat dan orange pucat untuk mewarnai bab tanah di tepi sungai. Pada bab itu juga digunakan warna hijau muda untuk membuat pengaruh rumput.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Pensil Yang Cocok Untuk Menggambar

Sedangkan untuk bebatuan, digunakan tiga warna untuk menghasilkan gradasi yakni hitam, abu-abu, dan putih. Gunakan hitam dibagian bawah, abu-abu di tengah, dan putih di bab atas.

Untuk air, digunakan warna biru dan biru muda (warna no 349 dan 347). Caranya, buatlah arsiran halus secara vertikal mengunakan biru muda kemudian timpa di bab tertenu dengan warna biru sesampai kemudian dihasilkan pengaruh gelap terperinci pada air.

Selanjutnya, gunakan warna hitam, abu-abu, dan orange pucat untuk mewarnai bab tebing dengan teknik gradasi. Gunakan hitam di bab bawah, abu-abu di bab tengah, dan orange pucat di bab atas sesampai kemudian dihasilkan gambar 8.

Langkah terakhir, gunakan warna biru untuk mewarnai langit. Langkah pertama buat bentuk awan. Bagian di bawah garis merupakan awan (supayakan berwarna putih) dan bab di atas awan warnai dengan warna biru.

Demikian tutorial singkat cara menggambar pemandangan penderasan memakai pensil warna yang daat edutafsi bagikan. Semoga sanggup dipahami dan sanggup diikuti.

Buat Sobat Tafsi yang masih belum paham atau gundah dengan keterangan di atas, sanggup kunjungi channel kita Tafsi Video untuk menonton video menggambarnya secara eksklusif semoga lebih terperinci prosesnya.

Tonton Video : Menggambar Pemandangan Air Terjun.

Sebagaimana biasa, apabila konten ini bermanfaat, bantu kita ya untuk share ke teman-teman sobat semua melalui share sosial media yang kalia punya. Dan terakhir, thanks sudah berkunjung.

You may also like