Home ART Menentukan Jenis Kertas Yang Baik Untuk Menggambar

Menentukan Jenis Kertas Yang Baik Untuk Menggambar

by CerdaskanKita
Menentukan jenis pensil dan kertas merupakan langkah awal yang harus anda lakukan ketika anda tetapkan untuk menggambar sesuatu dengan memakai pensil. Untuk menghasilkan suatu karya yang indah dan terdapat nilai estetika tinggi, selain keahlian, ketepatan jenis kertas yang anda gunakan juga sangat berpengaruh.

Idealnya, para pelukis profesional memakai jenis kertas yang memang umum dipakai untuk menghasilkan karya profesional ibarat Canson dan Febriano. Tentu alasan mereka memakai produk tersebut bukan semata-mata alasannya yakni kertas tersebut terkenal di kalangan mereka, tenamun alasannya yakni memang kertas tersebut terdapat standar kualitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jenis Kertas yang Baik

Pada dasarnya, alasannya yakni menggambar dengan pensil cenderung melibatkan tekanan dan tabrakan yang berulang-ulang, maka jenis kertas yang diperlukan merupakan kertas yang tak terlalu tipis dan kuat. Selain itu, anda membutuhkan jenis kertas yang tak terlalu licin namun juga tak kasar.

Kertas yang baik merupakan kertas yang bisa menyerap warna pensil secara merata dan tak gampang terkelupas ketika dihapus. Anda harus berhati-hati alasannya yakni sedikit kertas terkadang tak sanggup menonjolkan warna sesampai kemudian anda akan kesulitan dalam proses shading.

Selain itu sebagian kertas juga terkadang tak kuat sesampai kemudian ketika anda menghapus bab yang salah, partikel-partikel kertas ikut terkelupas dan gambar menjadi rusak.

Hal yang paling penting bahwasanya merupakan kejelian anda dalam menentukan kertas sebelum membelinya. Perhatikan spesifikasi kertas tersebut sesuai tak dengan alat yang anda gunakan.

Jangan hingga anda membeli kertas yang diperuntukkan untuk tujuan lain contohnya jenis kertas yang khusus untuk cat pastel oil padahal anda akan menggambar memakai pensil.

Source : dokumen pribadi.
Baca Juga:   Klasifikasi Alat Musik Berdasarkan Fungsi, Cara Dan Sumber Bunyinya

Untuk melukis dengan pensil, biasanya dipakai kertas yang beratnya sekitar 200g/m2. Kertas jenis ini biasanya cenderung kuat, kokoh, dan keras sesampai kemudian sangat cocok untuk menggambar dengan pensil.

Menentukan Ukuran Kertas

Jika anda merupakan tipe orang yang suka menggambar dengan peralatan mudah dan flexibel dari segi lokasi, maka anda juga harus menyesuaikan ukuran kertas yang anda gunakan.

Pada diagram di bawah anda sanggup melihat bagaimana hubungan antara masing-masing ukuran kertas. Perhatikan bahwa semakin besar angka di depan abjad A maka semakin kecil ukurannya.

Kertas dengan ukuran A5 merupakan yang paling kecil. Jenis kertas ini umum dipakai oleh seorang pengiklan lepas. Selanjutnya ada kertas A4 yang dua kali lebih besar dari A5.

Kertas ini merupakan salah satu kertas yang paling kerap dipakai untuk mencetak tugas, majalah, paper, dan lain sebagainya. Di atas A4 ada A3 yang biasanya dipakai dalam buku gambar.

Selain ukuran di atas, buku denah juga tersedia dengan ukuran F6. Untuk tahap mencar ilmu kami sarankan anda memakai kertas ukuran A4 atau A3.

Diagram di bawah ini merupakan citra bagi anda seputar ukuran kertas yang tersedia di pasaran.

Demikianlah tips menentukan jenis kertas yang baik untuk menggambar memakai pensil. Jika berdasarkan anda artikel ini bermanfaat, maka bagikanlah kepada teman-teman anda di social media. Terimakasih.

You may also like