Home MANA LEBIH BAGUS Mana Yang Lebih Penting: Almamater Bergengsi Atau Prestasi?

Mana Yang Lebih Penting: Almamater Bergengsi Atau Prestasi?

by CerdaskanKita

– Hai Sobat tafsi, ketika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kaya pelajar yang menentukan universitas atau perguruan tinggi negeri favorit untuk mengejar gengsi. Tingginya persaingan untuk lolos ke universitas favorit pun tak menjadi kendala bagi mereka. Sebaliknya, mereka terus mempersiapkan diri semaksimal cukup semoga sanggup bersaing dan menjadi pemenang.

Tapi, apakah almamater yang bergengsi merupakan solusi yang sempurna untuk merencanakan masa depan? Mana yang lebih penting untuk diutamakan, almamater atau prestasi?

Tidak sanggup dipungkiri bahwa salah satu pertimbangan calon mahasiswa sebelum memantapkan pilihan untuk berkuliah di mana merupakan reputasi universitas atau perguruan tinggi yang akan dituju.

Pada umumnya, mereka cenderung mengutamakan universitas dan perguruan tinggi negeri yang terdapat reputasi baik serta bergengsi.

Predikat universitas favorit pun menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa.

Besarnya pertimbangan reputasi ini sanggup dilihat dari semakin bertambahnya jumlah peminat setiap tahunnya.

Tingginya persaingan untuk lolos ke universitas tersebut mengatakan bahwa jumlah pendaftarnya sangat kaya sementara daya tampungnya terbatas.

Adalah sebuah kebanggan ketika seseorang berhasil lolos dan berkuliah di sebuah universitas atau perguruan tinggi negeri favorit.

Dan ketika lulus, mereka akan merasa besar hati alasannya yaitu terdapat almamater yang bergengsi.

Berbekal almamater yang bergengsi tersebut, lulusan pun merasa besar hati dan percaya diri untuk terjun ke dunia pekerjaan.

Akan tenamun, pada kenyataannya, selain almamater ada faktor lain yang menjadi pertimbangan dalam dunia kerja. Salah satunya merupakan prestasi atau skill.

Nah, pada hari ini ini, edutafsi ingin membagikan sebuah pandangan seputar mana sih yang lebih penting antara almamater yang bergengsi atau prestasi yang mumpuni?

Sebelum kita mulai, mari kita lihat apa itu almamater dan prestasi.

Pengertian Almamater dan Prestasi

Almamater merupakan perguruan tinggi, universitas, atau perguruan tinggi kawasan di mana mahasiswa pernah berguru dan menuntaskan pendidikannya.

Dengan kata lain, almamater menterangkan mahasiswa tersebut lulusan dari mana.

Istilah almamater kerapkali disalahartikan oleh sebagian orang bahkan termasuk oleh mahasiswa. Tak jarang, mereka mengartikan almamater sebagai jas almamater.

Padahal almamater dan jas almamater merupakan dua hal yang sangat berbeda.

Tapi bagaimanapun, jas almamater merupakan salah satu identiitas yang mengatakan almamater seorang mahasiswa alasannya yaitu setiap universitas atau setiap fakultas terdapat jas almamater tersendiri.

Sementara prestasi merupakan pencapaian seseorang selama jenjang pendidikannya terutama prestasi selama berkuliah.

Prestasi yang edutafsi maksudkan pada pembahasan ini juga mencakup skill, kemampuan, atau keterampilan lulusan.

Almamater dan prestasi merupakan dua hal yang paling umum dijadikan materi pertimbangan oleh perbisnisan-perbisnisan bonafit ketika merekruit tenaga kerja.

Nah, kali ini kita akan bahas di antara dua faktor ini, mana sih sesungguhnya yang paling penting?

Kelebihan Almamater Bergengsi

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, almamater ini merupakan salah satu materi pertimbangan bagi perbisnisan-perbisnisan tertentu ketika merekruit tenaga kerja.

Banyak kalangan yang berpendapat, apabila ingin mendapat pekerjaan yang bonafit, kuliahlah di kampus yang bergengsi yang bereputasi baik.

Kalangan ini percaya bahwa salah satu faktor yang akan dilihat oleh perbisnisan sebagai faktor seleksi dalam rekruitmen tenaga kerja merupakan almamater atau asal kampus pelamarnya.

Pemikiran ini juga menjadi salah satu pertimbangan mengapa calon mahasiswa umumnya lebih mengutamakan universitas negeri daripada universitas swasta.

Bahkan tak jarang yang beranggapan bahwa universitas swasta hanya cadangan apabila tak lulus universitas negeri.

Sebagian orang beropini bahwa lulusan universitas negeri lebih diutamakan daripada lulusan universitas swasta sesampai kemudian peluang untuk lolos ke perbisnisan bonafit lebih besar.

Hal ini sesungguhnya cukup lumrah alasannya yaitu pada kenyataannya memang ada sedikit perbisnisan bonafit yang lebih mengutamakan lulusan dari universitas negeri yang reputasi dan kualitasnya sudah diakui.

Baca Juga:   Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Gempa Bumi?

Sebagai contoh, sarjana teknik sipil lulusan ITB kecukupan besar terdapat peluang yang lebih besar untuk lolos ke perbisnisan milik negara daripada sarjana teknik sipil yang lulus dari universitas swasta dalam negeri.

Meski begitu, bukan berarti mereka yang almamaternya kurang bergengsi tak memiliki hari ini.

Pada dasarnya, setiap lulusan terdapat hari ini yang sama untuk bekerja di manapun selama mereka bisa dan kompeten.

Kelebihan Prestasi dan Skill

Sama ibarat almamater, prestasi atau skill lulusan juga menjadi salah satu faktor yang diutamakan dalam rekruitmen tenaga kerja.

Bahkan faktor ini menjadi salah satu syarat mutlak bagi sedikit perbisnisan bonafit.

Mengapa prestasi begitu penting? Prestasi menjadi salah satu pertimbangan penting alasannya yaitu menjadi tolok ukur seputar skill dan keterampilan seseorang.

Dari prestasinya, perbisnisan sanggup melihat seberapa jauh kecocokan pelamar tersebut dengan posisi yang dicari.

Sebagian orang juga beropini bahwa apabila ingin bekerja di perbisnisan yang bonafit, maka harus terdapat prestasi yang unggul sesampai kemudian sanggup bersaing dengan lulusan lain.

Prestasi yang dikompleksi dengan keterampilan serta skill yang mumpuni akan menjadi kekuatan tersendiri.

Ketika sedikit lamaran diterima, tentu perbisnisan akan menyeleksi pelamar mana yang paling kompeten.

Seleksi tersebut biasanya dimulai dengan menyidik kekompleksan berkas dan prestasi akademik pelamar (umumnya dilihat dari segi indeks prestasi).

Jika prestasi akademik menjadi faktor utama seleksinya, tentu saja pelamar yang terdapat indeks prestasi kumulatif yang paling tinggilah yang akan diutamakan, terlebih apabila pelamar berasal dari almamater yang sama.

Sebagai contoh, dua orang sarjana teknik industri dari ITB menjatuhkan lamaran ke sebuah perbisnisan bonafit di ibu kota.

Dari kedua sarjana tersebut, sarjana yang terdapat indeks prestasi 3,4 terdapat peluang lebih besar dibanding sarjana yang indeks prestasinya 2,8.

Baca Juga:   Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Asam Lambung Naik?

Selain dari segi berkas lamaran, prestasi lulusan juga diuji melalui proses seleksi lanjutan. Seleksi tersebut sanggup berupa tes tertulis, tes lisan, atau interview.

Nah, pada tahap ini, tentu prestasi lebih diutamakan daripada almamater.

Lulusan yang berprestasi tentu terdapat daya saing yang lebih besar untuk lolos dari setiap tahapan seleksi.

Apapun almamaternya, apabila lulusan benar-benar kompeten dari segi prestasi dan skill, maka peluang lolosnya juga besar.

Pilih Almamater atau Prestasi

Dari ulasan di atas, kemudian mana sih yang paling penting? Kalau berdasarkan pandangan edutafsi, prestasi lebih penting dibanding almamater.

Karena di mana pun Sobat Tafsi berkuliah, selama sobat semua benar-benar kompeten, niscaya sanggup mendapat pekerjaan bonafit.

Lagipula, berdasarkan edutafsi prestasi tak terlalu bergantung pada almamater. Sekalipun seseorang lulus dari universitas yang tak bergengsi, apabila ia terdapat prestasi yang unggul tentu ia akan berhasil menemukan jalannya.

 ketika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi MANA YANG LEBIH PENTING: ALMAMATER BERGENGSI ATAU PRESTASI?

Sebaliknya, almamater terdapat ketergantungan pada prestasi. Apa gunanya seseorang berkuliah di kawasan yang bergengsi apabila ia tak terdapat prestasi yang sanggup ia andalkan.

Tentu saja lulusan ibarat itu akan sulit bersaing.

Akan tenamun, almamater juga penting untuk dipertimbangkan. Tentu akan lebih baik apabila Kalian merupakan lulusan yang berprestasi dengan almamater bergengsi.

Lulus dari universitas favorit dan terdapat prestasi yang membanggakan tentu jadi modal yang manis untuk terjun ke dunia kerja.

Nah, demikian pandangan edutafsi seputar pentingnya almamater dan prestasi untuk terjun ke dunia kerja.

Kalau berdasarkan Sobat Tafsi gimana? Mana yang lebih penting almamater atau prestasi? Komen di bawah ya!

Jika Sobat Tafsi merasa ulasan ini bermanfaat dan manis untuk dibaca, bantu edutafsi ya untuk membagikannya kepada teman-teman sobat semua semoga keuntungannya tak berhenti pada sobat semua saja. Terimakasih.

You may also like