Home BANK SOAL FISIKA Kumpulan Soal Dan Tanggapan Wacana Optika Geometris

Kumpulan Soal Dan Tanggapan Wacana Optika Geometris

by CerdaskanKita

– Optika Geometris. Kumpulan soal pilihan berganda perihal optika geometris dikompleksi dengan kunci jawaban. Kumpulan soal ini terdiri dari 20 soal pilihan berganda perihal optika geometris yang mencakup sedikit subtopik utama menyerupai pemantulan cahaya, cermin datar, pembentukan bayangan pada cermin cekung, pemantulan cahaya pada cermin cembung, pembiasan cahaya, indeks bias, pembentukan bayangan pada lensa cembung, sinar istimewa lensa cekung, dan peralatan optik. Kumpulan soal ini disusun untuk membantu murid mengevaluasi pemahaman seputar konsep dan teori optika geometris sekaligus untuk memperkaya bank dan model soal.

Soal 1 
Menurut aturan pemantulan cahaya, apabila berkas cahaya tiba menuju bidang pantul dengan sudut sebesar 60o terhadap bidang pantul, maka besar sudut pantulnya merupakan …. A). 60o   B). 45o   C). 30o   D). 20o   E). 15o

Soal 2 
Kajian fisika yang khusus mempelajari perihal pemantulan dan pembiasan cahaya disebut …. A). Optika   B) Optika fisis  C). Optika geometris   D). Fisika optik  E). Gelombang cahaya.

Soal 3 
Pemantulan cahaya oleh bidang pantul berupa permukaan-permukaan yang halus menyerupai cermin datar disebut pemantulan …. A). Teratur  B). Bias  C). Difus   D). Baur  E). Tidak teratur.

Soal 4 
Dua buah cermin datar dipasang sedemikian rupa sesampai kemudian membentuk sudut θ satu dengan lainnya. Jika di depan kedua cermin tersebut terdapat sebuah titik cahaya dan terbentuk bayangan sekaya 17 bayangan, maka besar sudut θ merupakan ….
A. θ = 20o
B. θ = 30o
C. θ = 45o
D. θ = 60o
E. θ = 75o

Soal 5 
Sebuah objek berupa anak panah diletakkan di depan dua buah cermin datar yang membentuk sudut 120o satu sama lainnya menyerupai gambar berikut.

 Kumpulan soal pilihan berganda perihal optika geometris dikompleksi dengan kunci balasan KUMPULAN SOAL DAN JAWABAN TENTANG OPTIKA GEOMETRIS

Banyak bayangan objek yang terbentuk merupakan ….
A. 1 buah
B. 2 buah
C. 3 buah
D. 4 buah
E. 5 buah

Baca Juga:   Contoh Memilih Percepatan Pada Sistem Katrol Dan Bidang Datar

Soal 6 
Berikut merupakan sifat bayangan pada cermin:
1). Nyata dan terbalik
2). Maya dan tegak
3). Ukuran bayangan sama dengan benda asli
4). Jarak bayangan lebih besar dari jarak benda
Dari keempat poin tersebut, yang merupakan sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar merupakan ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4

Soal 7 
Benda transparan yang dibatasi oleh dua bidang batas yang melengkung ke luar dan sanggup membiaskan cahaya yang tiba padanya merupakan ….
A. Cermin datar
B. Cermin cekung
C. Cermin cembung
D. Lensa cekung
E. Lensa cembung

Soal 8
Seorang murid bangun di depan sebuah cermin datar pada jarak 1 meter. Jika murid tersebut kemudian bergerak mendekati cermin sejauh 0,7 meter, maka jarak antara murid dan bayangan kini merupakan ….
A. 2 meter
B. 1 meter
C. 0,8 meter
D. 0,6 meter
E. 0,4 meter

Soal 9
Seorang anak bangun di depan sebuah cermin datar vertikal. Jika tinggi anak tersebut merupakan 1,2 meter dan posisi mata anak tersebut 10 cm di bawah bab atas kepalanya, maka tinggi minimum cermin yang diharapkan semoga anak itu sanggup melihat bayangan seluruh tubuhnya merupakan ….
A. 120 cm
B. 100 cm
C. 80 cm
D. 60 cm
E.  40 cm

Soal 10
Sebuah benda diletakkan di depan sebuah cermin cekung yang jarak fokusnya 6 cm. Jika bayangan benda tersebut terbentuk pada jarak 24 cm di depan cermin, maka jarak benda tersebut dari cermin merupakan ….
A. 14 cm
B. 12 cm
C. 10 cm
D. 9 cm
E. 8 cm

Soal 11
Sebuah cermin cembung terdapat jarak fokus 5 cm menghasilkan bayangan pada jarak 3,1 cm di belakang cermin. Perbesaran bayangan yang dihasilkan merupakan ….
A. 2 kali
B. 1,5 kali
C. 1 kali
D. 0,5 kali
E. 0,4 kali

Baca Juga:   Kumpulan Soal Dan Pembahasan Susunan Resistor

Soal 12
Seberkas sinar tiba dengan sudut 40o dari air ke udara. Jika indeks bias air sama dengan 4/3 dan indeks bias udara sama dengan 1, maka besar sudut bias sinar tersebut merupakan ….
A. r = 40o
B. r = 50o
C. r = 58,9o
D. r = 60o
E. r = 61,3o

Soal 13
Sebuah lensa cembung terdapat jarak fokus f dan sentra optik O. Jika sebuah benda diletakkan di depan lensa di antara titik f dan O, maka bayangan yang dihasilkan merupakan ….
A. Maya, tegak, diperkecil
B. Maya, tegak, diperbesar
C. Maya, terbalik, diperbesar
D. Nyata, terbalik, diperkecil
E. Nyata, terbalik, diperbesar

Soal 14
Sebuah benda diletakkan di depan sebuah lensa cekung pada jarak 10 cm. Jika bayangan terbentuk pada jarak 5 cm, maka daya lensa cekung tersebut merupakan ….
A. 10 Dioptri
B. 5 Dioptri
C. 2 Dioptri
D. -5 Dioptri
E. -10 Dioptri

Soal 15
Untuk sebarang posisi benda di depan lensa cekung, sifat bayangan yang dihasilkan merupakan ….
A. Maya, terbalik, dan diperkecil
B. Maya, tergak, dan diperbesar
C. Maya, tegak, dan diperkecil
D. Nyata, tegak, dan diperbesar
E. Nyata, terbalik, dan diperkecil

Soal 16
Sebuah lensa cembung terdapat jarak fokus 10 cm. Agar dihasilkan bayangan yang bersifat nyata, terbalik, dan diperbesar, maka posisi benda berikut ini yang sesuai merupakan ….
A. s = 8 cm
B. s = 14 cm
C. s = 20 cm
D. s = 24 cm
E. s = 30 cm

Soal 17
Gangguan atau kelainan pada lensa mata yang mengakibatkan bayangan jatuh di depan retina disebut ….
A. Buta senja
B. Rabun erat
C. Presbiopi
D. Miopi
E. Hipermetropi

Soal 18
Seseorang yang tak sanggup melihat benda yang erat dengan jelas sanggup dibantu dengan memakai kacamata ….
A. Lensa cembung
B. Lensa cekung
C. Lensa gabungan
D. Lensa negatif
E. Lensa konkaf

Baca Juga:   Contoh Soal Kalor Memilih Suhu Sambungan Dua Logam

Soal 19
Seorang anak memakai lup untuk melihat sebuah goresan pena yang kecil. Jika dihasilkan perbesaran 5 kali untuk mata tak berakomodasi, maka besar lengan berkuasa lensa lup tersebut merupakan ….
A. 10 Dioptri
B. 15 Diotri
C. 20 Dioptri
D. 22 Dioptri
E. 25 Dioptri

Soal 20
Sebuah bayangan faktual terbentuk pada jarak 6 cm di belakang lensa objektif dari sebuah mikroskop yang terdapat panjang tabung 10,28 cm kalau mata tak berakomodasi maksimum. Jika fokus lensa objektif merupakan 10 mm dan titik erat pengamat merupakan 20 cm, maka pajang fokus okuler merupakan ….
A. fok = 2 cm
B. fok = 4 cm
C. fok = 5 cm
D. fok = 6 cm
E. fok = 8 cm

Demikianlah kumpulan soal pilihan berganda perihal optika geometris beserta kunci jawaban. Semoga sanggup memabntu murid mempelajari konsep optika geometris. Jika kumpulan soal ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawa ini.

You may also like