Home BAHAN BELAJAR KIMIA Kelebihan Dan Kelemahan Teori Model Atom Dalton

Kelebihan Dan Kelemahan Teori Model Atom Dalton

by CerdaskanKita

– Model Atom Dalton. Model atom pertama yang dianggap sebagai model atom yang cukup ilmiah menterangkan ihwal atom merupakan model atom Dalton. Teori model atom ini dicetuskan oleh ilmuwan John Dalton. Pada tahun 1803 Dalton kembali menghidupkan gagasan seputar atom Democritus. Sebenarnya model atom Dalton merupakan penyempurnaan dari teori yang diajukan oleh Leucippos dan Democritus. Di masa terbatasnya pengetahuan ihwal atom, teori atok yang dijaukan oleh Dalton menerima legalisasi dan dianggap benar pada masa itu hingga terdapat sedikit kelemahan yang tak sanggup ia terangkan. Lalu, apa saja kelebihan dan kelemahan teori model atom Dalton?

A. Teori dan Model Atom Dalton

Berdasarkan sedikit inovasi pada massanya, John Dalton alhasil merumuskan teori atom yang pertama sekitar tahun 1803 – 1807. Teori yang dikemukakan oleh Dalton kemudian dikenal dengan terori atom Dalton. Hukum yang menjadi landasan Dalton dikala itu merupakan aturan kekealan massa dan aturan perbandingan tetap.

Menurut Dalton, atom merupakan partikel terkecil suatu bahan yang berbentuk bola. Dalton menyatakan bahwa bola-bola atom tersebut khas untuk setiap unsurnya. Berdasarkan penggambaran atom sebagai bola pejal, maka model atom Dalton dikenal pula sebagai model atom bola pejal.

Berikut sedikit poin dalam teori atom Dalton:
1). Setiap unsur terdiri dari partikel yang tak terbagi lagi yang disebut atom
2). Atom-atom dari suatu unsur merupakan khas dan identik
3). Atom digambarka sebagai bola pejal yang sangat kecil dan khas
4). Atom-atom bergabung membentuk senyawa
5). Atom unsur yang sama terdapat sifat yang sama pula
6). Tidak ada atom yang berubah akhir reaksi kimia.

Jadi, dari sedikit poin di atas jelas bahwa Dalton menyatakan atom sebagai suatu partikel terkecil dari suatu bahan yang sudah tak sanggup dibagi lagi. Dalton menggambarkan atom menyerupai sebuah bola pejal dan setiap unsur memiliki bola atom yang khas.

Baca Juga:   Pengaruh Suhu Dan Energi Aktivasi Terhadap Laju Reaksi

B. Kelebihan dan Kelemahan Model Atom Dalton

Meskipun Dalton terbilang berhasil menyimpulkan suatu teori seputar atom yang cukup ilmiah dan sanggup diterima pada masa itu, namun bersama-sama teori atom Dalton hanyalah sebuah model untuk mewakili atom yang bersama-sama tak sanggup dilihat, lantaran pada masa itu Dalton dan ilmuwan lainnya tak pernah mengamatai keberadaan atom.

Salah satu kelebihan teori dan model atom yang dikemukaka oleh John Dalton merupakan kemampuannya dalam menterangkan aturan kekekalan massa dan aturan perbandingan tetap. Dalton sanggup menterangkan kedua aturan tersebut dengan sangat baik sesampai kemudian teori yang diajukannya dianggap sahih pada masa itu.

Akan tenamun, seiring dengan kemajuan, muncullah sedikit kelemahan yang tak sanggup diterangkan oleh teori ini. Berikut sedikit kelemahan teori atom Dalton :
1). Tidak sanggup menterangkan perbedaan antar atom unsur-unsur
2). Tidak sanggup menterangkan sifat listrik materi
3). Tidak sanggup menterangkan cara atom-atom berikatan
4). Ada partikel subatom yang lebih kecil dari atom
5). Reaksi kimia nuklir sanggup merubah suatu atom.

Meskipun Dalton menyatakan bahwa setiap unsur terdapat bola atom yang khas, namun Dalton tak sanggup menterangkan secara rinci bagaimana perbedaan antara atom usnur yan satu dengan unsur yang lain. Dalton juga tak sanggup menterangkan bagaimana sifat listrik dari suatu atom.

Selain itu, Dalton juga menyebutkan bahwa senyawa hanya akan terbentuk apabila atom dari dua jenis unsur atau lebih bergabung dengan perbandingan tertentu. Sayangnya, teori atom Dalton tak sanggup menterangkan bagaimana cara atom-atom tersebut saling berikatan.

Dalton juga menyebutkan dalam teori atomnya, bahwa reaksi kimia hanya merupakan pemisahan dan penggabungan kembali atom-atom sesampai kemudian atom tak berubah akhir reaksi kimia. Akan tenamun, melalui reaksi nuklir, atom dari suatu unsur sanggup diubah menjadi atom unsur lain.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Teori Model Atom Niels Bohr

Beberapa unsur juga tak terdiri atas atom-atom menyerupai yang dinyatakan Dalton melainkan terdiri dari molekul-molekul yang terbentuk dari atom-atom sejenis dengan jumlah tertentu.

Kelemahan-kelemahan teori atom Dalton ini kemudian menjadi sebuah motivasi bagi para ilmuwan untuk terus menemukan suatu fakta yang sesuai untuk menyatakan suatu atom. Permasalahan tersebut sanggup terpecahkan sehabis percobaan-percobaan lebih lanjut yang dilakukan oleh para ahli.

 Model atom pertama yang dianggap sebagai model atom yang cukup ilmiah menterangkan ihwal KELEBIHAN DAN KELEMAHAN TEORI MODEL ATOM DALTON

Ditemukannya partikel subatom berupa partikel bermuatan negatif yang kemudian dikenal sebagai elektron merupakan titik awal runtuhnya teori atom Dalton. Elektron ditemukan oleh Joseph John Thomson yang kemudian menurut sedikit pengamatannya berhasil menyimpulkan sebuah teori yang dikenal sebagai teori atom Thomson.

Meskipun teori Dalton terdapat sedikit kelemahan dan gugur sehabis diajukannya teori baru, namun tak sanggup dipungkiri bahwa teori atom Dalton telah menjadi landasan bagi perkembangan tepri atom selanjutnya. 

You may also like