Home BAHAN BELAJAR FISIKA Jenis-Jenis Gerak Lurus

Jenis-Jenis Gerak Lurus

by CerdaskanKita

– Macam-macam gerak lurus. Gerak merupakan proses berpindahnya suatu benda dari satu titik ke titik lain. Syarat utama benda dikatakan bergerak merupakan adanya perubahan posisi benda terhadap titik acuan. Karena titik contoh sanggup berbeda-beda, maka gerak benda bersifat relatif. Artinya, benda yang bergerak berdasarkan contoh A belum tentu bergerak untuk contoh B. Salah satu jenis gerak yang umum merupakan gerak lurus.

Sesuai dengan sebutannya, gerak lurus merupakan gerak benda yang lintasannya berupa garis lurus atau lintasan yang relatif lurus pada selang waktu tertentu.

Pada hari ini ini, edutafsi akan membahas sedikit jenis gerak lurus yang perlu diketahui. Materi ini penting dikuasai alasannya akan dipelajari di tingkat sma.

Secara garis besar, gerak lurus sanggup dibedakan menjadi tiga jenis, yakni gerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan, dan gerak lurus berubah tak teratur.

Tapi, untuk tingkat menengah pertama, biasanya yang akan dibahas hanya dua jenis gerak lurus, yakni gerak lurus beraturan dan gerak lurus berbuah beraturan.

Apa perbedaan antara gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beraturan? Mari kita lihat defenisi dan ciri-ciri dari amsing-masing jenis gerak tersebut.

#1 Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan merupakan jenis gerak lurus yang kecepatanya selalu tetap di setiap saat. Dengan kata lain, kecepatan benda selalu konstan.

Karena kecepatannya konstan, maka kecepatan benda di setiap lintasannya akan sama dengan kecepatan mula-mula benda.

Jika sebuah benda bergerak lurus beraturan dengan kecepatan awal 10 m/s, maka pada detik ke-3 kecepatannya tetap 10 m/s.

Baca Juga:   Menentukan Ketinggian Dan Jarak Maksimum Gerak Parabola

Gerak lurus beraturan sesungguhnya hanyalah seuah teori yang sangat jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kenapa?

Karena tak cukup benda terus bergerak dengan kecepatan yang sama dalam selang waktu yang panjang dan dalam arah yang tetap.

Pasti akan ada ketika ketika kecepatan benda berubah (misalnya ketika benda berhenti) atau alasannya benda bergerak ke arah berbeda sesampai kemudian arah kecepatan berubah.

Tapi bukan berarti gerak lurus beraturan tak sanggup dilakukan. Gerak lurus beraturan sanggup dilakukan namun dalam selang waktu tertentu saja.

Untuk gerak lurus beraturan, hubungan antara kecepatan, perpindahan, dan waktu dinyatakan dengan rumus berikut ini.

v = s/t

Keterangan :
v = kecepatan benda (m/s)
s = perpindahan benda (m/s)
t = waktu (s).

Dari ulasan di atas, maka berikut sedikit ciri-ciri gerak lurus beraturan:
1). Lintasan berupa garis lurus
2). Kecepatan benda konstan atau tetap
3). Benda tak mengalami percepatan.

Kecepatan benda pada gerak lurus beraturan akan selalu konstan alasannya benda tak mengalami percepatan atau perlambatan.

#2 Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Sesuai dengan namanya, gerak lurus berubah beraturan merupakan jenis gerak lurus yang kecepatannya berubah secara teratur.

Apa maksud dari berubah secara teratur?

Kecepatan benda berubah secara teratur maksudnya setiap detiknya kecepatan benda bertambah atau berkurang dengan nilai yang sama.

Misalnya, setiap detik kecepatan benda bertambah 2 m/s atau contohnya setiap detik kecepatannya berkurang 1 m/s dan sebagainya.

Kenapa kecepatan benda berubah secara teratur?

Gerak lurus berubah beraturan akan terjadi apabila benda mengalami percepatan konstan atau percepatan yang tetap setiap detiknya.

Dengan kata lain, kecepatan benda berubah secara teratur alasannya benda mengalami percepatan yang tetap.

Percepatan merupakan perubahan kecepatan per satuan waktu. Secara matematis dihitung memakai rumus berikut ini.

Baca Juga:   Resultan Gaya Gravitasi Untuk Benda Pada Sudut-Sudut Segitiga
a = vt – vo 
t

Keterangan :
a = percepatan benda (m/s2)
vt = kecepatan selesai benda (m/s)
vo = kecepatan awal benda (m/s)
t = waktu (s).

Nah, alasannya kecepatannya berubah secara teratur, maka rumus kecepatan pada gerak lurus beraturan tak lagi berlaku.

Untuk gerak lurus berubah beraturan, hubungan kecepatan, perpindahan, dan waktu dinyatakan dengan persamaan rumus umum berikut ini.

vt = vo + at

Keterangan :
vt = kecepatan benda pada detik ke-t (m/s)
vo = kecepatan mula-mula benda (m/s)
a = percepatan atau perlambatan benda (m/s2)
t = waktu (s).

Percepatan yang dialami oleh benda sanggup bertanda positif atau bertanda negatif.

Jika percepatan yang dialami benda bertanda positif, maka benda mengalami percepatan dan kecepatannya akan bertambah.

Sebaliknya, apabila percepatan yang dialami benda bertanda negatif, maka benda mengalami perlambatan dan kecepatannya akan berkurang.

Gerak lurus yang mengalami percepatan konstan disebut GLBB dipercepat. Sedangkan gerak lurus yang mengalami perlambatan konstan disebut GLBB dieprlambat.

Nah, kini mari kita bandingkan GLB, GLBB dipercepat, dan GLBB dieprlambat berdasarkan grafik hubungan kecepatan terhadap waktu di bawah ini.

 Gerak merupakan proses berpindahnya suatu benda dari satu titik ke titik lain JENIS-JENIS GERAK LURUS

Pada gambar di atas, sanggup Sobat Tafsi lihat adanya perubahan kecepatan selama proses gerak benda.

1). Dari titik A ke B
Ketika benda bergerak dari titik A ke titik B, kecepatannya berubah dari 0 menjadi 10 m/s. Itu artinya, kecepatan benda meningkat.

Karena kecepatannya meningkat secara teratur, maka gerak benda dari titik A ke titik B disebut gerak lurus berubah beraturan dipercepat.

Coba perhatikan bentuk grafik dari titik A ke titik B. Garis grafiknya naik.

2). Dari titik B ke titik C
Ketika benda bergerak dari titik B ke titik C, kecepatannya konstan atau tetap yakni sebesar 10 m/s. Jadi, pada tahap ini, benda tak mengalami percepatan.

Baca Juga:   Kecepatan Minimum Supaya Lepas Dari Gravitasi Bumi

Karena tak mengalami percepatan atau perlambatan (kecepatannya konstan), maka gerak lurusnya disebut gerak lurus beraturan (GLB).

Coba perhatikan bentuk grafik dari titik B ke titik C. Garisnya lurus mendatar.

3). Dari titik C ke titik D
Ketika benda bergerak dari titik C ke titik D, kecepatannya berubah dari 10 m/s menjadi 5 m/s. Artinya, kecepatan benda berkurang.

Karena kecepatannya menurun secara teratur, maka gerak benda dari titik C ke titik D disebut gerak lurus berubah beraturan diperlambat.

Coba perhatikan bentuk grafik dari titik C ke titik D. Garis grafiknya turun.

#3 Perbedaan GLB dan GLBB

Dari ulasan di atas, maka sanggup kita simpulkan sedikit perbedaan antara gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.

No GLB GLBB
1 Kecepatannya konstan Kecepatan berubah teratur
2 Tidak mengalami percepatan Mengalami percepatan konstan
3 Grafiknya lurus mendatar Grafiknya lurus naik atau turun

Demikian pembahasan singkat seputar jenis-jenis gerak lurus yang sanggup edutafsi bagikan. Semoga sanggup membantu murid dalam proses belajar.

Jika materi mencar ilmu ini bermanfaat, bantu edutafsi ya untuk membagikannya ke teman-teman Kalian melalui tombol share sosial media yang sobat semua punya.

Untuk materi mencar ilmu fisika lainnya sanggup Sobat Tafsi lihat di sajian materi mencar ilmu fisika atau melalui tombol fisika smp di bawah ini.

Kalau Sobat masih gundah atau belum paham seputar jenis-jenis gerak lurus, sanggup share pertanyaan sobat semua di komentar, kami akan coba terangkan lagi.

You may also like