Home BAHAN BELAJAR FISIKA Jenis-Jenis Benda Menurut Keadaan Muatannya

Jenis-Jenis Benda Menurut Keadaan Muatannya

by CerdaskanKita

– Ketika melihat sebuah benda, pernahkah anda berfikir seputar partikel yang menyusun benda tersebut? Sebuah benda pada dasarnya terdiri dari molekul-molekul benda, ialah bab kecil benda yang masih terdapat sifat yang sama dengan benda tersebut. Jika molekul suatu benda dibagi lagi, maka akan diperoleh suatu bab terkecil dari benda yang sudah tak sanggup dibagi dengan reaksi kimia biasa yang disebut sebagai atom. Pada hari ini ini, edutafsi akan membahas seputar bab terkecil yang menyusun suatu benda dan penggolongan benda menurut keadaan muatan listriknya.

A. Pengertian Atom dan Muatannya

Atom merupakan bab terkecil dari suatu benda yang sudah tak sanggup dibagi lagi dengan reaksi kimia biasa. Tidak sama menyerupai molekul yang sifatnya sama dengan benda, atom suatu benda umumnya tak lagi terdapat sifat yang sama dengan bendanya.

Meski tak sanggup dibagi dengan reaksi kimia biasa, namun para ilmuwan telah berhasil menemukan suatu fakta bahwa atom benda masih terdiri dari sedikit partikel-partikel yang sangat kecil sebagai penyusunnya. Sebuah atom disusun oleh jarak tiga partikel subatom yang penting, ialah proton, neutron, dan elektron.

Secara garis besar, atom terdiri dari dua bab ialah inti atom dan kulit atom. Inti atom atau nukleus merupakan bab sentra atom yang tersusun oleh proton dan neutron. Sedangkan pada bab kulit terdapat elektron yang bergerak mengitari inti atom.

Neutron merupakan partikel penyusun inti atom yang tak bermuatan listrik atau bersifat netral. Proton merupakan partikel bermuatan nyata lagikan elektron merupakan partikel bermuatan negatif. Besar muatan listrik proton dan elektron merupakan sama, tenamun jenisnya berbeda (proton nyata lagikan elektron negatif).

Baca Juga:   Sinar Istimewa Dan Pembentukan Bayangan Pada Lensa Cekung

Baca juga : Kumpulan Rumus Listrik Statis.

B. Muatan Listrik dalam Atom

Secara umum, suatu atom terdapat jumlah proton di dalam nukleus yang sempurna sama dengan jumlah elektron yang mengitarinya sesampai kemudian pada kondisi itu, atom disebut tak bermuatan atau netral. Karena muatan proton dan elektron sama besar namun berbeda tanda, maka pada atom yang jumlah proton dan elektronnya sama, muatan totalnya sama dengan nol.

Proton merupakan bab atom yang terikat besar lengan berkuasa di dalam nukleus sesampai kemudian sangat sukar lepas dari atom. Sebaliknya, elektron yang posisinya relatif agak jauh dari inti atom sanggup lepas dari atom. Karena sanggup bergerak, pada kondisi tertentu elektron sanggup meninggalkan atom.

Jika elektron bergerak meninggalkan atom, maka muatan inti atom akan menjadi lebih besar daripada muatan seluruh elektron yang tersisa. Karena jumlah muatan inti lebih besar dari muatan elekronnya, maka atom tersebut akan bermuatan positif.

Sebaliknya, saat suatu atom netral mendapatkan elektron bebas dari atom lain, maka jumlah muatan elektronnya menjadi lebih kaya daripada muatan intinya. Karena jumlah muatan seluruh elektron lebih besar daripada muatan intinya, maka atom menjadi bermuatan negatif.

Nah, menurut ulasan tersebut, maka kita sanggup membedakan atom menurut kondisi muatannya. Berdasarkan jumlah muatan nyata dan muatan negatifnya, atom sanggup dibedakan menjadi tiga, ialah atom netral, atom bermuatan positif, dan atom bermuatan negatif.

#1 Atom Netral
Atom netral atau atom yang tak bermuatan listrik merupakan atom yang jumlah muatan pada dasarnya sama dengan jumlah muatan elektronnya. Dengan kata lain, atom netral terdapat jumlah proton dan jumlah elektron yang sama besar.

Baca Juga:   Pengertian, Ciri-Ciri Dan Rumus Gerak Jatuh Bebas

#2 Atom Bermuatan Positif
Atom bermuatan nyata merupakan atom yang jumlah muatan pada dasarnya lebih kaya daripada muatan elektronnya. Dengan kata lain, atom bermuatan nyata merupakan atom yang kehilangan satu atau sedikit elektron sesampai kemudian jumlah protonnya lebih kaya daripada jumlah elektronnya. Ketika satu atau lebih elektron keluar meninggalkan atom, maka atom diionisasi dan menjadi ion positif.

#3 Atom Bermuatan Negatif
Atom bermuatan negatif merupakan atom yang jumlah muatan pada dasarnya lebih sedikit daripada muatan elektronnya. Dengan kata lain, jumlah elektronnya lebih kaya daripada jumlah protonnya. Ketika sebuah atom mendapatkan elektron, maka atom diionisasi menjadi ion negatif.

C. Pembagian Benda Berdasarkan Muatannya

Karena sebuah benda tersusun oleh atom-atom, maka pada skala yang lebih besar, sebuah benda juga sanggup ditinjau menurut kondisi muatannya. Berdasarkan keadaan muatannya, benda juga sanggup dibedakan menjadi tiga jenis, ialah benda netral, benda bermuatan positif, dan benda bermuatan negatif.

#1 Benda Netral
Benda netral atau benda yang tak bermuatan listrik merupakan benda yang jumlah muatan positifnya sama dengan jumlah muatan negatifnya. Dengan kata lain, jumlah proton dan elektron dalam benda netral merupakan sama besar.

#2 Benda Bermuatan Positif
Benda dikatakan bermuatan nyata apabila jumlah muatan positifnya lebih besar daripada jumlah muatan negatifnya. Dengan kata lain, benda bermuatan nyata merupakan benda yang jumlah protonnya lebih besar dari jumlah elektronnya. Benda bermuatan nyata umumnya ditampilkan dengan tanda nyata sebagai simbol ion positif.

 pernahkah anda berfikir seputar partikel yang menyusun benda tersebut JENIS-JENIS BENDA BERDASARKAN KEADAAN MUATANNYA

#3 Benda Bermuatan Negatif
Atom bermuatan negatif merupakan benda yang jumlah muatan negatifnya lebih kaya daripada jumlah muatan positifnya. Dengan kata lain, pada benda bermuatan negatif, jumlah elektronnya lebih kaya daripada jumlah protonnya. Benda bermuatan negatif ditampilkan dengan tanda negatif sebagai simbol ion negatif.

Baca Juga:   Melukis Bayangan Pada Cermin Cekung Tanpa Sinar Istimewa

Benda yang tak bermuatan listrik sanggup diubah menjadi benda bermuatan listrik. Salah satu cara yang dipakai untuk mengubah benda netral menjadi bermuatan listrik merupakan dengan cara menggosok benda tersebut dengan benda lain. Ketika digosok, benda akan mengatakan gejal listrik statis yang lemah akhir perpindahan elektron.

Demikian pembahasan singkat seputar pengertian atom dan jenis-jenis benda menurut keadaan muatannya yang sanggup edutafsi bagikan. Semoga pembahasan ini bermanfaat terutama untuk proses pembelajaran. Jika konten yang anda baca bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda memalui tombol share yang tersedia.

Buat teman-teman yang lebih suka berguru melalui video, edutafsi juga sudah menyiapkan video pembelajaran seputar jenis-jenis benda menurut muatannya yang sanggup teman-teman tonton di channel tafsi video. Like dan share video kita ya. Dan jangan lupa untuk berlangganan bagi yang belum subscribe. Terimakasih.

You may also like