Home BAHAN BELAJAR BIOLOGI Glosarium Istilah Biologi Menurut Karakter C

Glosarium Istilah Biologi Menurut Karakter C

by CerdaskanKita
Pada tabel di bawah ini disaapabilan glosarium biologi yang memuat arti istilah-istilah biologi yang diawali dengan aksara C. Pengertian istilah-istilah yang disaapabilan dalam glosarium berikut ini merupakan defenisi standar umum yang masih sanggup dikembangkan sesuai dengan topik dan tujuan pembelajaran, sesampai kemudian sanggup saja defenisi yang ditampilkan kurang sesuai atau tak sempurna apabila diterapkan dalam sedikit kasus tertentu.

Istilah Arti/definisi
Cabak Sejenis burung mala terlihat menyerupai burung layang-layang, pemakan serangga dan keluar pada malam hari.
Cabang Bagian batang kayu yang tumbuh dari pokok atau dahan pada tumbuhan bercabang.
Cabro Genus binatang penyengat.
Cabuk Sejenis ikan laut, nama penyakit kulit pada potongan kaki yang berbau busuk.
Cacah jiwa Perhitungan jumlah penduduk di suatu daerah.
Cacap Lendir yang terdapat pada sendi tulang menyerupai pada tulang kerbau, sapi, dan sebagainya. Cairan ini kerap digunakan dalam obat untuk memperlambat pertumbuhan rambut.
Cacar Penyakit infeksi berat yang sanggup menular dan disebabkan oleh virus. Cacar diawali dengan demam, nyeri punggung, dan sakit kepala hingga kemudian timbul erupsi kulit yang menjadi vesikel dan pustula. Ketika kering dan sembuh, cacar meninggalkan cekungan pada permukaan kulit.
Cacar air Penyakit infeksi menular ringan yang disebabkan oleh virus dengan tanda-tanda erupsi papel yang berkembang menjadi vesikel dan pustul tanpa meninggalkan cacat ketika kering.
Cacar monyet Kelainan berupa lepuh-lepuh, sebagian berisi nanah, tak disertai demam, sanggup menyerang belum dewasa atau orang dewasa.
Cachexin Sebuah zat yang menghambat penyimpanan lemak dalam sel-sel jaringan lemak. Zat sanggup menyebabkan lesu kurus kering menyerupai layaknya penderita kanker.
Caecum Usus buntu terletak di antara usus halus dan usus besar.
Cacinosis Dampak dari metabolisme yang patologis berupa endapan kapur pada jaringan.
Cafeinisme Gangguan kesehatan akhir konsumsi kopi secara berlebihan.
Cahexia Suatu keadaan lemah dan kurus yang disebabkan oleh penyakit gres atau penyakit lama.
Cakram benih Dorsal telur yang berbentuk cakaram, mempunyai kandungan inti dan oplasma. Cakram benih merupakan pusat pembelahan embrio awal sehabis proses pembuahan.
Calamoichtyes Jenis ikan bertulang sejati yang bersisik pada siripnya. Terdapat di perairan mesir, Nigeria, dan Kongo.
Calamus Jenis flora rotan.
Calathea Sejenis tumbuhan hias yang terdapat daun dengan kaya corak dan warna yang bervariasi. Sering ditanam dalam pot sebagai hiasan, tak sanggup tumbuh besar dan daunnya tak gampang rontok.
 Pada tabel di bawah ini disaapabilan glosarium biologi yang memuat arti  istilah GLOSARIUM ISTILAH BIOLOGI BERDASARKAN ABJAD C
Calcarea Bunga karang yang rangkanya terbentuk dari spikula kapur.
Calcicosis Suatu keadan penimbunan garam kalsium di dalam jaringan tubuh.
Calciferol Vitamin D, berasal dari ergosterol dan sanggup menjadi calciferol apabila kulit binatang terkena sinar ultraviolet.
Calcitonin Jenis hormon yang digetahkan tiroid. Hormon ini digunakan untuk menurunkan konsentrasi Ca di dalam darah yang terlalu tinggi.
Calcoid Gumpalan keras yang mengapur yang terbentuk secara patologis dengan suatu jalan masuk atau permukaan suatu jaringan.
Callus Bagian kulit yang menebal dan mengeras (ering disebut sebagai kapalan); jaringan permukaan pada luka tumbuhan; bakal bibit tebu berebntuk bongkahan tak beraturan.
Calorimeter Sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kalor suatu bahan.
Capsid Salud virus yang tersusun dari peotein.
Capsula Suatu cangkang kecil terbuat dari gelatin atau zat lain yang digunakan sebagai pembungkus obat; tempat tertutup untuk astronot atau binatang percobaan dalam roket ruang angkasa.
Centromere Kepala kromosom, tak mempunyai kandungan gen aktif dan berfungsi untuk mengatur pemisahan dan perpindahan kromosom anak pada proses pembelahan.
Centrospermae Tumbuhan dikotil yang bijinya berangkai pada satu poros putik di potongan tengah. Bunganya mempunyai kandungan kaya stamen dan pada potongan batangnya terdapat dging tebal yang sanggup digunakan untuk menyimpan air.
Cerebellum Otak kecil.
Cerebrum Otak besar.
Certopoghon Sejenis binatang kecil yang disebut agas. Hewan ini mengisap darah insan dan ternak.
Chalcidiae Family binatang penyengat yang sanggup dimanfaatkan untuk membasmi hama secara biologis.
Chondros crispus Sejenis flora yang mempunyai kandungan lendir putih dan kekuningan dan menyerupai materi tanduk yang diekstrak dan digunakan sebagai adonan pasta gigi. Tanaman ini menyerupai tumbuhan pagar.
Chylomicron Butiran lemak halus berupa emulsi dalam darah yang berfungsi untuk mengangkut nutrisi hasil pencernaan dari usus halus.
Circulus arteriosus Bertemunya arteri vertebralis dengan arteri carotis interma membentuk bundar di dasar otak.
Cleavage Pembelahan sel, umumnya terjadi secara mitosis. Embrio yang terdiri dari puluhan sel pasif disebut morulla atau blastulla ketika sudah terdapat rongga berisi caian. Daerah pemelahan.
Coelenterata Hewan yang disebut binatang karang. Hewan ini terdapat rongga badan yang menyatu dengan usus. Coelenterata biasa hidup menempel pada batuan di air.
Crossing over Pindah silang. Peristiwa terjadinya pertukaran potongan kromatid dari pasangan kromosom homolog.
Baca Juga:   Struktur Membran Sel Dan Fungsinya

You may also like