Home CONTOH SOAL FISIKA Contoh Soal Perjuangan Memilih Perjuangan Oleh Gaya Pengereman

Contoh Soal Perjuangan Memilih Perjuangan Oleh Gaya Pengereman

by CerdaskanKita

– Seorang laki-laki mengendarai sebuah kendaraan beroda empat sport yang bermassa 4.000 kg dengan kecepatan 25 m/s di jalanan yang lurus. Ketika melihat kemacetan jauh di depannya, laki-laki tersebut mengerem mobilnya sesampai kemudian kecepatannya berkurang menjadi 15 m/s. Selama proses tersebut, bisnis yang dilakukan oleh gaya pengereman merupakan …..
A. 800 kJ
B. 700 kJ
C. 400 kJ
D. 300 kJ
E. 200 kJ

Pembahasan :
Dik : m = 4.000 kg, vo = 25 m/s, vt = 15 m/s
Dit : W = …. ?

Untuk menjawab soal ini, Sobat Tafsi sanggup memakai konsep bisnis dan hubungannya dengan energi khususnya energi kinetik.

Secara simpel, bisnis merupakan energi yang dialirkan kepada benda sesampai kemudian benda bergerak sejauh s meter dari posisi awalnya.

Dengan kata lain, bisnis merupakan besarnya energi yang diharapkan untuk memindahkan sebuah benda dari suatu titik ke titik lainnya.

Secara matematis, besar bisnis yang dilakukan oleh suatu benda atau gaya sama dengan hasil kali gaya dengan perpindahan benda.

W = F . s

Keterangan :
W = besar bisnis yang dilakukan (J)
F = gaya yang diberikan pada benda (N)
s = besar perpindahan benda (m).

Dari rumus di atas sanggup dilihat bahwa bisnis merupakan hasil persobat semua titik dua vektor sesampai kemudian bisnis merupakan besaran skalar.

Akan tenamun, alasannya yaitu gaya dan perpindahan merupakan besaran vektor, maka kita sebaiknya tetap memperhatikan arah keduanya dalam perhitungan.

Karena di dalam soal tak diketahui besar gaya yang bekerja dan perpindahan yang dihasilkan, maka kita sanggup memanfaatkan konsep perubahan energi kinetik.

Berdasarkan korelasi bisnis dan energi, besar bisnis yang dilakukan oleh suatu gaya akan sama dengan perubahan energi kinetik benda.

Jadi, dikala sebuah gaya mengakibatkan kecepatan benda berubah, maka bisnis yang dilakukan gaya sama dengan perubahan energi kinetik benda.

Baca Juga:   Soal Dan Pembahasan Aturan Pascal
W = Δ Ek

Keterangan :
W = bisnis yang dilakukan (J)
ΔEk = perubahan energi kinetik benda (J).

Nah, menurut rumus di atas, maka kita peroleh:
⇒ W = ΔEk
⇒ W = ½ m.vt2 – ½ m.vo2
⇒ W = ½ m (vt2 – vo2)
⇒ W = ½ (4.000) (152  – 252)
⇒ W = 2.000 (225 – 625)
⇒ W = 2.000 (-400)
⇒ W = -800.000 J
⇒ W = -800 kJ

Dari hasil perhitungan, diperoleh bisnis sebesar 800 kJ. Jadi, bisnis yang dilakukan oleh gaya pengereman merupakan 800 kJ.

Jawaban : A

Kalau Sobat Tafsi perhatikan, pada perhitungan di atas, nilai bisnis (W) bertanda negatif. Tanda negatif ini menunjukan bahwa bisnisnya merupakan bisnis negatif.

Usaha negatif merupakan bisnis yang dilakukan oleh gaya yang bekerja dengan arah berlawanan dengan arah gerak benda.

Pada kasus kendaraan beroda empat direm, gaya rem bekerja melawan gerakbenda sesampai kemudian arah gaya rem berlawanan dengan arah gerak benda.

Itu sebabnya, bisnis yang dilakukan oleh gaya pengereman merupakan bisnis negatif dan bernilai negatif pada perhitungan.

Tips Cepat Edutafsi:
Untuk menuntaskan soal ini, anda tafsi bahwasanya sanggup menghemat waktu dengan melaksanakan perhitungan kasar.

Coba perhatikan kembali soal berikut!

Seorang laki-laki mengendarai sebuah kendaraan beroda empat sport yang bermassa 4.000 kg dengan kecepatan 25 m/s di jalanan yang lurus. Ketika melihat kemacetan jauh di depannya, laki-laki tersebut mengerem mobilnya sesampai kemudian kecepatannya berkurang menjadi 15 m/s. Selama proses tersebut, bisnis yang dilakukan oleh gaya pengereman merupakan …..
A. 800 kJ
B. 700 kJ
C. 400 kJ
D. 300 kJ
E. 200 kJ

Anggaplah dalam hal ini, Sobat Tafsi sudah paham bahwa bisnis yang dilakukan gaya pengereman sama dengan perubahan energi kinetik benda.

Baca Juga:   Kumpulan Soal Dan Pembahasan Gerak Parabola

Pada perubahan energi kinetik, yang berubah merupakan kuadrat kecepatannya:
⇒ W = ½ m (vt2 – vo2)
⇒ W = ½ m . Δv2

Jadi, Sobat Tafsi sanggup fokus pada perhitungan selisi kuadrat kecepatannya saja.
⇒ Δv2 = 152 – 252
⇒ Δv2 = 225 – 625
⇒ Δv2 = -400

Nah, alasannya yaitu selisih kuadrat kecepatannya merupakan 400 dan ada faktor pengalinya ½ m yang nilainya di atas 1000, maka jawabannya sudah niscaya lebih besar dari 400 kJ.

Dengan demikian, balasan C, D, dan E tereliminasi.

Selanjutnya tinggal lihat berapa faktor pengalinya. Karena massanya 4.000 kg, maka ambil angka 4-nya saja. 4 dikali ½ sama dengan 2.

Karena pengalinya 2 dan selisih kuadrat kecepatannya 400, maka sudah niscaya balasan yang benar merupakan 800 kJ.

Demikian pembahasan pola soal bisnis yaitu memilih bisnis oleh pengereman yang sanggup edutafsi bagikan, Semoga bermanfaat.

Jika pembahasan dan tips di atas berguna, bantu edutafsi membagikannya kepada teman-teman Kalian melalui tombol share sosial media.

You may also like