Home CONTOH IMPULS DAN MOMENTUM Contoh Soal Momentum Memilih Massa Benda

Contoh Soal Momentum Memilih Massa Benda

by CerdaskanKita

– Contoh soal dan pembahasan wacana momentum linear, memilih massa benda apabila kecepatan setelah tumbukan diketahui. Contoh #7 : Sebuah bola bermassa m1 begerak ke kanan dengan kecepatan 3 m/s dan bertabrakan dengan bola bermassa 1 kg yang bergerak dengan kecepatan 6 m/s ke kiri. Jika keduanya bertumbukan tak lenting sama sekali dan kecepatan setelah tumbukan sama dengan nol, maka nilai m1 sama dengan …..
A. m1 = 1 kg
B. m1 = 2 kg
C. m1 = 3 kg
D. m1 = 4 kg
E. m1 = 5 kg

Pembahasan :
Dik : m2 = 1 kg, v1 = 3 m/s, v2 = -6 m/s, v’ = 0
Dit : m1 = …. ?

Untuk menuntaskan soal ini, Sobat Tafsi harus memahami kembali konsep momentum linear terutama momentum pada benda yang bertumbukan.

Pada soal disebutkan bahwa kedua benda bola bertumbukan tak lenting sama sekali. Maka kita harus memahai konsep tumbukan tak lenting sama sekali.

Tumbukan tak lenting sama sekali sanggup dikenali menurut sedikit ciri-ciri khususnya. Salah satunya merupakan dari kecepatan akhirnya.

Pada tumbukan tak lenting sama sekali, kecepatan benda setelah tumbukan akan sama besar. Tak hanya nilainya, tenamun juga arahnya.

Jadi, apabila kecepatan setelah tumbukan merupakan 4 m/s ke kanan, maka kedua benda akan bergerak ke kanan dengan kecepatan 4 m/s.

Itu artinya pada tumbukan tak lenting sama sekali, kedua benda “menyatu” dan bergerak bantu-membantu ke arah yang sama pula.

Contoh simpelnya, saat sebuah peluru ditembakkan ke sebuah balok yang mula-mula diam, maka balok dan peluru akan bergerak bersama setelah tumbukan.

Balok dan peluru bergerak bersama lantaran peluru tertanan pada balok dan menjadikan balok yang mula-mula membisu menjadi bergerak.

Selain ciri tersebut, pada tumbukan tak lenting sama sekali juga berlaku aturan kekekalan momentum.

Baca Juga:   Soal Dan Balasan Gerak Melingkar Berubah Beraturan

Artinya, jumlah momentum benda sebelum dan setelah tumbukan merupakan sama.

m1.v1 + m2.v2 = (m1 + m2)v’

Keterangan :
m1 = massa benda pertama (kg)
m2 = massa benda kedua (kg)
v1 = kecepatan awal benda pertama (m/s)
v2 = kecepatan awal benda kedua (m/s)
v’ = kecepatan benda setelah tumbukan (m/s).

Nah, kini mari kita tinjau ilustrasi gambar untuk soal di atas.

 Contoh soal dan pembahasan wacana momentum linear CONTOH SOAL MOMENTUM MENENTUKAN MASSA BENDA

Pada gambar sanggup Sobat Tafsi lihat arah kecepatan dari masing-masing bola.

Karena bola pertama bergerak ke kanan, maka kecepatannya kita sepakati bertanda positif. Sedangkan bola kedua bergerak ke kiri, maka kecepatannya bertanda negatif.

Dik : m2 = 1 kg, v1 = 3 m/s, v2 = -6 m/s, v’ = 0
Dit : m1 = …. ?

Berdasarkan konsep kekekalan momentum, maka:
⇒ m1.v1 + m2.v2 = (m1 + m2) v’
⇒ m1.(3) + 1(-6) = (m1 + 1) (0)
⇒ 3m1 – 6 = 0
⇒ 3m1 = 6
⇒ m1 = 6/3
⇒ m1 = 2 kg

Jadi, massa bola pertama merupakan 2 kg.

Jawaban : B

Demikian pembahasan teladan soal wacana momentum linear, yakni memilih massa benda apabila kecepatan sebelum dan setelah tumbukan diketahui.

Baca juga : Kumpulan Soal Impuls dan Momentum.

Jika pembahasan ini bermanfaat, bantu edutafsi membagikannya kepada teman-teman Kalian memakai tombol share sosial media yang sobat semua punya.

Contoh Momentum No 8

  • Sebuah peluru karet berbentuk bola yang massanya 60 gram ditembakkan secara horizontal ke kanan menuju tembok dan peluru bergerak dengan kecepatan 50 m/s. Jika setelah seputar tembok peluru tersebut dipantulkan ke arah yang berlawanan setelah mengalami impuls sebesar 6 Ns, maka kecepatan pantul peluru tersebut merupakan …..

Untuk pembahasan teladan soal lainnya wacana momentum linear sanggup Sobat Tafsi temukan di sajian teladan soal fisika atau melalui tombol teladan impuls dan momentum.

Baca Juga:   Contoh Soal Dan Tanggapan Pengukuran Dengan Alat Ukur

Jika Sobat Tafsi masih belum paham atau kurang mengerti dengan penterangan di atas, sanggup tanyakan di komentar, kami akan mencoba menerangkannya.

You may also like