Home CONTOH KINEMATIKA GERAK LURUS Contoh Soal Grafik Gerak Lurus Memilih Waktu Berhenti

Contoh Soal Grafik Gerak Lurus Memilih Waktu Berhenti

by CerdaskanKita

– Contoh soal dan pembahasan perihal kinematika gerak lurus, memilih waktu dikala benda berhenti menurut grafik. Contoh #4 : Sebuah benda bergerak lurus berubah beraturan dan terdapat grafik hubungan kecepatan (v) terhadap waktu (t) menyerupai gambar di bawah. Berdasarkan data grafik, benda akan berhenti sesudah bergerak selama …..
A. t = 20 sekon
B. t = 10 sekon
C. t = 8 sekon
D. t = 5 sekon
E. t = 4 sekon

Pembahasan :
Sesuai dengan judulnya, untuk menuntaskan soal ini, Sobat Tafsi harus memahami kembali konsep dasar gerak lurus terutama menganalisis grafik gerak lurus.

Nah, menyerupai biasa sebelum mulai penyelesaian, edutafsi akan bahas terlebih dahulu secara ringkas konsep dasar seputar gerak lurus dan grafiknya.

Kalau Sobat sudah mulai lupa dengan konsep GLBB boleh diperhatikan kembali namun bila Kalian masih ingat betul silahkan diskip ke penyelesaian yang ada di bawah.

Konsep Dasar Gerak Lurus

Sobat Tafsi tentu tahu bahwa gerak lurus merupakan gerak benda yang lintasannya berupa garis lurus. Gerak lurus merupakan jenis gerak yang cukup umum dalam kehidupan sehari-hari.

Secara garis besar, gerak lurus dibedakan menjadi tiga jenis, ialah gerak lurus beraturan (GLB), gerak lurus berubah beraturan (GLBB), dan gerak lurus berubah tak beraturan.

Karena soal ini melibatkan grafik kecepatan terhadap waktu, maka kita akan mengingat kembali bagaimana bentuk grafik dari gerak lurus beraturan dan gerk lurus berubah beraturan.

#1 Grafik GLB

Salah satu ciri dari gerak lurus beraturan merupakan kecepatannya selalu konstan atau tetap. Artinya, kecepatan benda setiap detiknya selalu sama.

Baca Juga:   Soal Dan Pembahasan Aturan Pascal

Nah, lantaran kecepatannya tetap dari waktu ke waktu, maka grafik v-vs-t untuk gerak lurus berubah beraturan akan berbentuk garis lurus mendatar (garis lurus horizontal).

Sobat Tafsi sanggup cari materi berguru seputar jenis-jenis grafik gerak lurus melalui tombol penelusuran yang ada di sajian atas halaman ini.

#2 Grafik GLBB

Salah satu ciri dari gerak lurus berubah beraturan merupakan kecepatannya berubah secara teratur lantaran mengalami percepatan (atau perlambatan) yang konstan dari waktu ke waktu.

Berdasarkan percepatannya, ada dua jenis gerak lurus berubah beraturan, ialah GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat. Grafik keduanya menawarkan perbedaan.

a). Grafik GLBB Dipercepat

GLBB dipercepat merupakan gerak lurus berubah beraturan yang kecepatannya bertambah secara teratur lantaran mengalami percepatan konstan.

Karena kecepatannya meningkat (naik) dari waktu ke waktu, maka grafik v-vs-t untuk GLBB dipercepat akan berbentuk garis lurus naik (miring ke atas).

b). Grafik GLBB Diperlambat

GLBB diperlambat merupakan gerak lurus berubah beraturan yang kecepatannya berkurang secara teratur lantaran mengalami perlambatan konstan.

Karena kecepatannya berkurang (turun) dari waktu ke waktu, maka grafik v-vs-t untuk GLBB diperlambat akan berbentuk garis lurus turun (miring ke bawah).

Baca juga : Gambar Grafik GLB dan GLBB.

Nah, Sekarang mari kita tinjau grafik untuk soal di atas.

Contoh #4 : Sebuah benda bergerak lurus berubah beraturan dan terdapat grafik hubungan kecepatan (v) terhadap waktu (t) menyerupai gambar di bawah. Berdasarkan data grafik, benda akan berhenti sesudah bergerak selama …..

 Contoh soal dan pembahasan perihal kinematika gerak lurus CONTOH SOAL GRAFIK GERAK LURUS MENENTUKAN WAKTU BERHENTI

Dari gambar di atas sanggup Sobat Tafsi lihat bahwa grafik v-vs-t untuk benda tersebut merupakan turun (miring ke bawah apabila dilihat dari kiri). Itu artinya, benda melaksanakan GLBB diperlambat.

Baca Juga:   Contoh Soal Dan Pembahasan Sistem Katrol

Nah, kali ini kita akan coba menuntaskan soal ini dengan dua metode. Metode pertama ialah memakai konsep GLBB dan metode kedua akan kita gunakan metode grafis.

Cara #1 : Konsep GLBB

Perhatikan kembali gambar grafik v-vs-t untuk soal di atas. Pada gambar sanggup Sobat lihat data untuk kecepatan (v) dan waktu (t).

Langkah #1 : Menentukan Kecepatan Awal

Pada dikala t = 0 (awal gerak), kecepatan bendanya merupakan 20 m/s. Itu artinya, kecepatan awal benda merupakan 20 m/s.

Kemudian, pada detik ke-4 (t = 4 s) kecepatan benda menjadi 10 m/s. Itu artinya kecepatannya menurun. Benda mengalami perlambatan.

Langkah #2 : Menghitung Percepatan Benda

Karena benda mengalami perlambatan, maka kita perlu memilih perlambatan itu terlebih dahulu untuk memilih waktu henti benda.

Percepatan (perlambatan) merupakan hasil bagi perubahan kecepatan terhadap waktu. Berdasarkan konsep itu, maka kita peroleh:
⇒ a = (10 – 20) / (4 – 0)
⇒ a = -10/4
⇒ a = -2,5 m/s2

Langkah #3 : Menghitung Waktu

Nah, apabila percepatannya sudah diketahui maka kita sanggup memilih waktu. Ingat, ketika berhenti, kecepatan benda sama dengan nol, maka vt = 0.

Dik : vo = 20 m/s, vt = 0, a = -2,5 m/s2
Dit : t = …. ?

Berdasarkan konsep GLBB, maka:
⇒ vt = vo + at
⇒ 0 = 20 + (-2,5)t
⇒ 2,5t = 20
⇒ t = 20/2,5
⇒ t = 8 s

Jadi, benda tersebut akan berhenti sesudah bergerak selama 8 sekon.

Cara #2 : Metode Grafis

Metode kedua kita akan menuntaskan soal ini memakai metode grafis. Konsep yang kita gunakan merupakan konsep segitiga sebangun.

Sekarang coba perhatikan gambar di bawah ini. Kalau pada grafik kita tambahkan garis lurus di bab tengah maka akan dihasilkan dua buah segitiga yang sebangun.

Baca Juga:   Contoh Soal Dan Tanggapan Tumbukan Tak Lenting Sama Sekali

Dari gambar sanggup Sobat lihat bahwa segitiga BAC sebangun dengan segitiga BDE.

 Contoh soal dan pembahasan perihal kinematika gerak lurus CONTOH SOAL GRAFIK GERAK LURUS MENENTUKAN WAKTU BERHENTI

Nah, lantaran keduanya sebangun, maka berlaku perbandingan:
⇒ AB : AC = BD : DE
⇒ AB : AC = (AB – AD) : DE

Dari gambar ada sedikit sisi yang diketahui panjangnya, yaitu:
Dik : AB = t, AC = 10, AD = 4

Karena AB = t, maka persamaan di atas sanggup diubah menjadi:
⇒ t : 20 = (t – 4) : 10
⇒ t/20 = (t – 4)/10

Jika dikali silang, maka diperoleh:
⇒ 10t = 20(t – 4)
⇒ t = 2(t – 4)
⇒ t = 2t – 8
⇒ t – 2t = -8
⇒ -t = -8
⇒ t = 8 s

Jadi, benda akan berhenti sesudah bergerak selama 8 sekon.

Jawaban : C

Baca juga : Kumpulan Soal Kinematika Gerak Lurus.

Demikian pembahasan pola soal perihal kinematika gerak lurus nomor 4 dengan model soal memilih waktu henti benda menurut grafik v vs t.

Jika pembahasan ini bermanfaat, bantu edutafsi ya untuk share ke teman-teman sobat semua melalui tombol share sosial media yang Kalian punya.

Untuk pembahasan pola soal lainnya perihal kinematika gerak lurus sanggup Sobat Tafsi lihat di sajian pola soal fisika atau melalui tombol kategori Contoh Kinematika Gerak Lurus di bawah ini.

Oya, buat Kalian yang amsih galau atau belum paham dengan pembahasan di atas, boleh share pertanyaan Kalian di kolom komentar. Dan dari kedua cara di atas, cara yang mana yang paling Kalian suka?

You may also like