Home APLIKASI DAPODIKDAS 2014 V.3.0.0 Cara Install Aplikasi V.3.0.0 Dapodikdas 2014

Cara Install Aplikasi V.3.0.0 Dapodikdas 2014

by CerdaskanKita
Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia…

Dalam kesempatan kali ini, saya akan share mengenai panduan / cara install aplikasi V.3.0.0 Dapodikdas 2014, selengkapnya sebagai berikut:

1. Uninstall/ Deinstalasi Aplikasi Dapodikdas

Sebelum melakukan instalasi versi 3.00, lakukan uninstall/ deinstalasi versi 2.08 terlebih dahulu. Jika tidak maka aplikasi akan mengalami crash/ bentrok dengan aplikasi sebelumnya.
PERINGATAN: Proses deinstalasi/ uninstall akan menghapus program pendataan dan databasenya. Pastikan Anda sudah melakukan sinkronisasi data.
Sebelum melakukan deinstalasi pastikan aplikasi pendataan sudah dihentikan atau ditutup. Dan profil-profil dalam bentuk excel di export semua. untuk memastikan memiliki salinan data.
Untuk melakukan deinstalasi aplikasi dapodikdas, klik Start -> Control Panel -> Program and Features, lalu pilih Dapodikdas, dan pilih [Uninstall] hingga muncul jendela seperti pada gambar.
Gambar 3.1 proses deinstalasi 
Gambar 3.2 deinstalasi dapodikdas
Tekan Tombol [Yes] untuk meneruskan uninstall atau [No] untuk membatalkan uninstall.
Gambar 3.3 proses penghapusan berkas
Tunggu sampai proses deinstalasi selesai hingga muncul jendela sebagai berikut.
Gambar 3.4 halaman akhir deinstalasi

Proses deinstalasi selesai.
2. Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodikdas 2014 v.3.0.0
Untuk melakukan instalasi, sebelumnya unduh dahulu installer aplikasi dapodikdas versi 3.00 bagi sekolah yang belum pernah menginstall aplikasi ini, bisa mengunduh langsung aplikasi pada laman dapodikdas http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh
Gambar 3.5 laman dapodikdas
Untuk mengunduh aplikasi, klik menu “Download Aplikasi” yang terletak di kiri atas laman dapodikdas.
Gambar 3.6 menu unduhan
Di dalam menu “Download Aplikasi”, pengguna dapat mengunduh aplikasi versi terbaru, data prefill, video tutorial, formulir, manual, dan kebijakan. Dalam hal ini, jika pengguna akan mengunduh prefill, klik menu “Database Prefill”, kemudian masukkan kode registrasi sekolah yang dimaksud.
Gambar 3.7 unduh data prefill 1
Masukkan kode registrasi sekolah tersebut, kemudian klik [Download]. Jika pengguna menggunakan browser Google Chrome, klik tombol [Keep], kemudian tunggu sampai prefill berhasil terunduh. Unduh file prefill tersebut (berekstensi *.prf), buat folder bernama “prefill_dapodik” di system C:/, lalu copy file prefill yang sudah diunduh tadi ke dalam folder tersebut.
Gambar 3.8 unduh data prefill 2
Gambar 3.9 hasil unduhan berupa prefill data sekolah berekstensi *.prf
Gambar 3.10 menaruh file yang sudah diunduh di folder “prefill_dapodik”
Setelah itu jalankan program yang ada di CD/DVD atau dari lokasi lain (contoh: aplikasi hasil unduhan pada laman dapodikdas). Instalasi aplikasi akan berjalan dan akan ditayangkan seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.
Gambar 3.11 Instalasi Dapodikdas 1
Anda sangat disarankan untuk menutup program lainnya sebelum memulai proses instalasi. Hal ini diperlukan agar berkas yang terkait dapat diperbarui tanpa harus booting ulang Komputer Anda.
Tekan tombol [Lanjut >] untuk melanjutkan atau tombol [Batal] untuk membatalkan instalasi.
Jika Anda memilih batalkan maka akan dikonformasi proses pembatalan intalasi, tekan tombol [Yes] untuk membatalkan instalasi, tombol [No] untuk melanjutkan instalasi.
Gambar 3.12 Instalasi Dapodikdas 2
Jika Anda melanjutkan proses instalasi, maka akan ditampilkan bagian pemilihan port. Pada pemilihan port ini, Httpd Port dan Postgres Port akan terisi otomatis. Untuk mengecek kembali portnya, klik tombol [Check Port] agar port tidak bentrok.
Gambar 3.13 Pemilihan port 
Setelah selesai dalam memilih port, setelah Anda klik [Lanjut >] maka akan tampil form persetujuan seperti pada gambar berikut
Gambar 3.14 Kesepakatan atas lisensi – Instalasi Dapodikdas
Bacalah dengan seksama sebelum menginstall atau menggunakan perangkat lunak ini.Setelah Anda baca dengan seksama dan Anda menyetujui tekan tombol [Saya Setuju…] yang berarti Anda setuju dengan ketentuan yang dituliskan dalam lisensi tersebut lalu klik [Lanjut >].Atau tekan tombol [Batalkan] jika Anda tidak setuju.
Gambar 3.15 Proses instalasi Dapodikdas
Setelah proses penginstallan selesai, klik [Lanjut >] dan tunggu hingga proses Konfigurasi Server Dapodikdas selesai.
Gambar 3.16 Konfigurasi server Dapodikdas
Tunggu sampai indikator proses ekstrasi selesai, setelah itu tekan tombol [Selesai] untuk menutup program instalasi. PENTING: PASTIKAN PENGATURAN WAKTU DAN TIMEZONE KOMPUTER ANDA AKURAT!
Gambar 3.17 Finalisasi instalasi aplikasi Dapodikdas
Setting Waktu Lokal di Komputer
Seperti yang disampaikan pada saat instalasi, perlu dipastikan bahwa waktu dan timezone komputer Anda akurat. Hal ini penting untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar.
Untuk memastikannya lakukan langkah-langkah sebagai berikut. Buka menu [Start] -> [Control Panel], kemudian pilih pengaturan “Date and Time” seperti gambar di bawah ini.
Gambar 3.18 Menu Pengaturan Date and Time pada Control Panel
Atau klik dua kali pada jam yang ada pada indikator jam komputer yang ada pada bagian kanan bawah layar.
Gambar 3.19 Indikator jam komputer
Pilih tab “Date & Time” dan atur tanggal dan jam sesuai dengan kondisi saat ini.
Klik dua kali pada Indikator jam komputer
Gambar 3.20 Pengaturan Tanggal dan Jam
Untuk zona waktu, pilih GMT +07.00 untuk WIB, GMT +08.00 untuk WITA, dan GMT +09.00 untuk WIT.
Gambar 3.21 Pengaturan zona waktu
Agar waktu anda selalu akurat, centang pilihan “Automatically synchronize with an Internet time server”.
Gambar 3.22 Pengaturan sinkronsisasi waktu
Adakalanya waktu komputer berubah karena berbagai kondisi, misalnya baterai BIOS lemah sehingga waktu komputer menjadi tidak sesuai.Untuk itu Anda dipastikan selalu memeriksa keakuratan waktu komputer.
Pengaturan waktu sangat penting, karena server pendataan lokal akan melakukan sinkronisasi data dengan server database pusat. Setelah pengaturan waktu selesai, Anda siap untuk menjalankan aplikasi.

You may also like