Home ADA DI SINI SEMUA TENTANG APLIKASI DAPODIKDAS 2013/2014 Cara Backup Local / Restore Database Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Cara Backup Local / Restore Database Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

by CerdaskanKita
Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia…

Setelah banyak input data-data tentang sekolah pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini, tentu sangat disayangkan apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada komputer/laptop yang kita gunakan untuk menginput data-data penting sekolah, PTK, dan peserta didik, hingga menyebabkan aplikasi Dapodikdas 2013/2014 sekolah kita tidak dapat dibuka, error, atau bahkan hilang sama sekali.
Oleh karena itu, saya kembali share cara bagaimana agar data-data penting dalam komputer/laptop yang kita gunakan tersebut dapat diamankan secara optimal. 

Berikut langkah-langkah / cara menyelamatkan seluruh data base sekolah yang telah kita input dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014 sebagai upaya antisipasi dalam penyelematan data, sehingga kita tidak perlum menginput / memasukkan data-data sekolah kita tersebut dari awal lagi.
Cara untuk menyelamatkan data base dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014, pada awal pertama (anggap saja, kita mengunakan laptop / komputer 2, komputer 1 (lama), komputer 2 (baru), untuk komputer 1 (pertama) adalah laptop / PC yang telah kita entri data pad aplikasi Dapodikdas 2013, dan komputer/ PC 2 adalah komputer baru yang digunakan untuk menampilkan kembali seluruh data sama persis dengan yang sudah ada pada komputer 1 (tinggal melanjutkan entri data, tanpa input data dari awal lagi).
Oke, untuk langkah awal dalam penyelamatan data pada aplikasi Dapodikdas 2013 tentu kita harus mempunyai salinan data yang kita simpan sebelumnya dalam sebuah media penyimpanan data, baik flash disc, CD, DVD, dan sebagainya. Tentu salinan data yang berasal dari komputer / laptop yang telah kita gunakan dalam entri data sekolah pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 itu. Untuk tahap pertama, caranya ialah :

1.      Buka local disc – drive “C” ==> “Program Files“.
2.      Selanjutnya, cari folder “Dapodikdas”, lalu “copy and paste” folder “Dapodikdas” tersebut ke media penyimpanan Anda (flashdisc, CD, dst).
3.      Tahap awal penyelamatan data untuk tahap pertama selesai.
Selanjutnya, bagaimana cara restore data base pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada komputer/PC 2 (komputer/laptop yang baru), Langkah pertama, Laptop / komputer yang akan digunakan untuk merestore data aplikasi Dapodikdas 2013/2014 harus diinstall terlebih dahulu aplikasi Dapodikdasnya dengan versi terbaru, ingat…!!! Sebelum proses install aplikasi Dapodikdas, data prefilled (prefill) terlebih dahulu ditempatkan pada drive “C“, dengan nama folder “prefill_dapodik“.

Setelah komputer / PC baru sudah terinstall aplikasi Dapodikdas, maka laptop / komputer tersebut sudah siap untuk dijadikan sebagai penerus perjuangan dalam mengentri data-data baru, berikut langkah-langkahnya :

1.      Klik kiri pada “Star”.

 2.      Ketik pada kotak pencarian “Service local” (tanpa tanda petik / “ ), lalu klik “View service local”. Alternatif lain dengan input teks dengan kata kunci “Services.msc” lalu klik “Services”.


3.      Klik kanan pada “DapodikdasDB” lalu klik “Stop”. Akan ada tampilan sesaat dalam proses ini.

4.      Selanjutnya, klik kanan juga di “DapodikdasWebSrv”, lalu klik “Stop”. Akan muncul tampilan sesaat dalam proses ini.

5.      Lalu salin atau pindahkan (Copy and Paste) file “Dapodikdas” yang ada dalam flash disc / CD Anda dari data base terbaru yang telah kita copy dari komputer sebelumnya ke drive “C” ==> pada folder “Program Files”, lalu akan muncul “Confirm Folder Replace”, klik “Yes”.

6.      Setelah itu akan muncul lagi tampilan konfirmasi “Copy File:” – “There is already a file with the same name in this location”, maka klik / checklist dulu “Do this for the next conflicts” pada bagian pojok kiri paling bawah, kemudian klik “Copy and Replace”.

7.      Tunggu proses “Copy and Replace” database Dapodikdas 2013/2014 ini hingga selesai, lama tidaknya proses “Copy and Replace” relatif, tergantung pada besar kecilnya ukuran/volume data / file tentunya.

8.      Setelah selesai proses “Copy and Replace” tadi, silahkan langsung menuju ke halaman “Service Local” untuk mengaktifkan kembali 2 file yang sebelumnya kita “Stop” tadi, agar database Dapodikdas 2013/2014 dapat progress kembali di komputer/laptop baru, caranya seperti pada no. 1 sampai 3 di atas, namun pada klik kanan “DapodikdasDB” lalu klik “Start”. Akan ada tampilan sesaat dalam proses ini.

9.      Terakhir, klik kanan juga di “DapodikdasWebSrv”, lalu klik “Start”. Akan muncul tampilan sesaat dalam proses ini.

10.    Kemudian, silahkan “login” ke aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada laptop / PC Anda yang baru tadi, seperti biasanya.
11.    Selesai.
Demikian tutorial online tentang bagaima cara amankan data dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas…!

Baca Juga:   Solusi / Cara Mengatasi Absensi Peserta Didik Aplikasi Dapodik Tidak Dapat Dibuka Dalam Microsoft Excel

You may also like