30++ Pengertian Seni Tari Berdasarkan Para Andal (Lengkap)

Posted on

30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap) – Macam macam seni sanggup dibagi menjadi sedikit kategori menyerupai seni tari, seni musik, seni teater dan sebagainya. Adapun salah satu seni yang cukup terkenal dikalangan masyarakat luas yakni seni tari. Pengertian seni tari secara umum yakni cabang seni yang berafiliasi dekat dengan kebudayaan Nusantara. Seni tari tersebut ikut berkembang pesat menyerupai halnya jenis seni lainnya. Meskipun zaman kini telah kaya berkembang seni seni tari modern. Seni tari tersebut terdapat ciri khas tertentu yang menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya lisan wajah, gerakan kaki atau tangan, busana, lirikan mata dan hal hal yang ada kaitannya dengan keelokan.

 Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli  30++ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap)
Seni Tari Nusantara

Seni tari intinya dilakukan dengan gerakan yang baik sesampai kemudian niat para penontonnya untuk ikut menari sanggup dibangkitkan. Kesenian menari tersebut memang sangat menarik dan membuat semua orang ingin tau akan apa yang terdapat didalamnya. Seni tari sanggup diartikan berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yakni seni gerak gerik atau tari menari yang memakai irama. Adapula yang mengartikan seni tari sebagai gerak badan di waktu dan tempat tertentu yang berirama untuk menterangkan pikiran, perasaan, maksud dan untuk kepentingan dalam bergaul. Pada hari ini kali ini admin akan menterangkan perihal sedikit pengertian seni tari berdasarkan para hebat kompleks. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap)

Pengertian dari seni tari tak hanya secara umum saja, melainkan juga berdasarkan sedikit pendapat para ahli. Masing masing hebat seni tersebut mengutarakan arti seni tari yang berbeda beda. Adapun penterangan kompleks seputar pengertian seni tari berdasarkan para hebat yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Pengertian Musik Ansambel, Jenis dan Contoh Lengkap

Aristoteles (384 – 322 SM)
Pengertian seni tari berdasarkan Aristoteles merupakan tindakan sebuah gerak ritmis yang menggambarkan abjad manusia. Aristoteles merupakan filsuf Yunani yang tertarik pada ilmu politik, fisika dan biologi. Ketertarikan Aristoteles tak hanya itu saja, tenamun juga pada dunia seni menyerupai musik, puisi inginpun teater.
John Weaver (1673 – 1760)
Definisi seni tari berdasarkan John Weaver yakni gerak gerak elegan yang teratur dan dibuat dari harmonisasi postur badan yang dilawan secara manis serta dengan keelokan sikap. John Weaver sendiri merupakan bapak pantomin (menurut sejarah Inggris), master koreografis serta tari balet yang berasal dari Inggris.
Curt Sachs (1881 – 1959)
Pengertian seni tari berdasarkan curt sachs merupakan gerak berirama yang mempunyai kandungan nilai estetika untuk mengungkapkan jiwa manusia. Curt Sachs merupakan pakar musik yang berasal dari Jerman. Bahkan semenjak usia belia, Sachs telah mempelajari bidang musik. Pada tahun 1937, Sachs menerbitkan sebuah buku khusus seni tari yang judulnya “Word History of the Dance”.
Judith Mackrell
Definisi seni tari berdasarkan Judith Mackrell yakni sebuah gerak gerik ritmis badan yang dilaksanakan dalam ruangan dan diiringi musik sesampai kemudian sanggup memperlihatkan kesenangan semata, sarana lisan emosi atau ide, dan untuk melepaskan energi. Mackrell merupakan kritikus tari yang kaya menulis artikel seputar seni gerak pada tubuh. Bahkan pada tahun 2019, terdapat salah satu artikel berjudul Dance pernah di unggah ke Media Online Britannica.com. 
Atik Soepandi (1944)
Pengertian seni tari berdasarkan Atik Soepandi merupakan gerak gerik ritmis yang memakai melodi indah untuk mengekspresikan jiwa manusia. Sejak tahun 1970 hingga 2000, Atik Soepandi aktif dalam bidang seni. Bahkan dia terkenal dengan daya tariknya terhadap bidang seni kawasan menyerupai musik tradisional.

Baca juga : Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni

Corrie Hartong (1906 – 1991)
Definisi seni tari berdasarkan Corrie Hartong yakni gerak gerik badan yang dilakukan dalam sebuah ruangan dan ditambahkan dengan nuansa ritmis. Hartong merupakan pakar tari yang terkenal sebagai guru koreografer dan guru tari dari Belanda. Pada tahun 1931 dia mendirikan sekolah tari miliknya sendiri dengan nama Rotterdam School of Dance.
Yulianti Parani (1939)
Pengertian seni tari berdasarkan Yulianti Parani merupakan gerak ritmis seluruh atau sebagian badan yang memakai wangsit atau lisan tertentu untuk dilakukan dengan contoh kelompok atau individual. Parani merupakan sejarawan atau koreografer yang lahir pada tahun 1939 di Jakarta. Sejak usianya 11 tahun, Parani sudah mengenal perihal tari balet dan ketika di Indonesia dia berbagi tarian balet tersebut. Bahkan pada tahun 1957, Parani telah mendirikan sekolah baletnya sendiri dengan nama Nritya Sundara.
Bagong Kussudiarja (1928 – 2004)
Definisi seni tari berdasarkan Bagong Kussudiarja yakni sebuah seni untuk alat lisan insan melalui gerak gerak ritmis. Bagong Kussudiarja merupakan seorang pelukis sekaligus koreografer dari Indonesia. Sejak tahun 1954, Bagong telah terjun dalam dunia seni tari. Pada tahun 1958, dia juga mendirikan sentra latihan tari atau PLT.
Enoch Atmadibrata (1927 – 2011)
Pengertian seni tari berdasarkan Enoch Atmadibrata merupakan perilaku badan yang disusun sesuai gerak dan irama dalam sebuah ruang. Atmadibrata merupakan pakar seni dari Garut yang terkenal dengan karya koreografinya. Bahkan pada tahun 2003, dia memperoleh penghargaan dari Presiden Republik Indonesia berupa penghargaan Satya Lencana Kebudayaan.
Drs. I Gede Ardika (1945)
Definisi seni tari berdasarkan Drs. I Gede Ardika yakni sesuatu yang dipakai untuk menyatukan kaya hal sesampai kemudian masing masing orang sanggup menyelaraskan dan menyesuaikan dirinya dengan gerakan. Pada masa Kabinet Gotong Royong, dia merupakan Menteri Pariwisata dan Kebudayaan pada tahun 2000 – 2011. 
Walter Sorells
Pengertian seni tari berdasarkan walter sorells merupakan mengolengkan badan dengan iringan musik ataupun dengan irama tertentu. Sorells merupakan seorang penulis. Beliau aktif dalam menulis karya dalam bidang budaya dan tari semenjak tahun 1950 hingga 1966.
Hawkins
Definisi seni tari berdasarkan hawkins yakni gerakan yang berasal dari imajinasi penciptanya untuk media lisan jiwa manusia.
Forrestine Paulay dan Irmgrad Bartenieff
Pengertian seni tari berdasarkan Forrestine Paulay dan Irmgrad Bartenieff merupakan penggambaran reaksi jiwa seseorang seputar persoalan dan konfilik dunia modern yang berbentuk seni ekspresionostis. Kedua pakar seni ini sangat menyayangi dunia seni tari. Sejak tahun 1965, Paulay dan Bartenieff bergabung ke Lomax.s Performance Style Project dan melaksanakan bantuan pada tahun 1968 untuk mempublikasikan sebuah buku. 
Kealiinomohoku
Definisi seni tari berdasarkan Kealiinomohoku yakni seni pertunjukan lisan sesaat yang didigerakkan dalam ruang memakai gaya dan bentuk tertentu melalui badan manusia. Kealiinomohoku merupakan spesialis tari yang berperan dalam bidang antropologi.
Judith Lynne Hanna (1936)
Pengertian seni tari berdasarkan Judith Lynne Hanna merupakan seni plastis yang tampak sepintas melalui gerakan visual. Hanna merupakan hebat bidang antropologi dan kaya melaksanakan bantuan dalam bidang seni. Bahkan dia pernah menerbitkan karyanya dalam bentuk buku di Kanada, Belanda, Bergia, Perancis dan sebagainya.
M. A. Theodora Retno Maruh (1947)
Definisi seni tari menurut M. A. Theodora Retno Maruh yakni karya seni yang tak sanggup terdapat sifat kontemporer sekalipun. Beliau merupakan koreografer sekaligus maestro tari Jawa Klasik yang memakai tarian bergaya Surakarta.
Waterman
Pengertian seni tari berdasarkan Waterman merupakan gerakan badan yang memakai distilasi dan contoh kultural secara artistic.
Kamala Devi Chattopadhyaya (1903-1988)
Definisi seni tari berdasarkan Kamala Devi Chattopadhyaya yakni sebuah desakan emosi atau insting untuk mendorong seseorang dalam melaksanakan gerakan ritmis untuk menemukan lisan dalam diri insan itu sendiri. Kamala cukup dikenal di India dan diseluruh dunia sebagai tokoh reformasi. Beliau terdapat keahlian dalam bidang seni dan aktif dalam bidang sosial. 
La Meri (1898 – 1988)
Pengertian seni tari berdasarkan La Meri merupakan lisan simbolis yang dimasukkan dalam bentuk positif sesampai kemudian wujudnya sanggup lebih tinggi. La Meri merupakan spesialis dalam bidang koreografi, guru dan tari etnis Amerika. Beliau mendalami seni tari menyerupai tari balet semenjak usia muda.

Baca juga : Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya

M. Jazuli
Definisi seni tari berdasarkan M. Jazuli yakni gerakan badan yang diiringi dengan musik sesampai kemudian iramanya selaras sesampai kemudian sanggup dipakai untuk menggambarkan tujuan dan maksud tertentu.
S. Humardani
Pengertian seni tari berdasarkan S. Humardani merupakan gerakan yang indah dan ritmis untuk sarana ekspresif.
Soedarsono (1933)
Definisi seni tari berdasarkan Soedarsono yakni gerak gerak yang ritmis dan indah untuk mengungkapkan ekspresif jiwa manusia. Beliau merupakan guru besar sejarah budaya dan seni di Universitas Gajah Mada dalam Fakultas Ilmu Budaya. Soedarsono merupakan seniman yang berasal dari Indonesia.
Andre Levinson (1887 – 1933)
Pengertian seni tari berdasarkan Andre Levinson merupakan gerak badan yang telah ditentukan memakai prosedur dan ritme tertentu secara berkelanjutan melalui ruang. Levinson merupakan jurnalis tari yang berasal dari Perancis.
Soeryodiningrat
Definisi seni tari berdasarkan Soeryodiningrat yakni gerak anggota badan yang diiringi dengan irama gamelan atau suara tertentu sesampai kemudian tujuan dan maksud tarinya sanggup selaras.
Margaret H’Doubler (1889 – 1982)
Pengertian seni tari berdasarkan Margaret H’Doubler merupakan lisan keadaan perasaan yang dibuat dalam gerak ritmis bernilai estetis dan dirancang secara sadar dalam bentuk lambang gerakan sesampai kemudian membuat kepuasan dalam pengalaman ulang, komunikasi, penciptaan bentuk, ungkapan dan pelaksanaan.
Suadarsa Pringgo Broto
Definisi seni tari berdasarkan Suadarsa Pringgo Broto yakni bentuk gerakan badan yang sesuai dengan ketentuan ruang.
Suryo
Pengertian seni tari berdasarkan Suryo merupakan perwujudan lisan subjektif yang berbentuk obyektif.
Franz Boas (1858 – 1942)
Definisi seni tari berdasarkan Franz Boas yakni gerak gerak di kaki dan tungkai, lambaian lengan, gerak ritmis di setiap bab tubuh, serta gerak dari kepala atau torso. Boas merupakan hebat bidang antropologi yang berasal dari blasteran Jerman dan Amerika. Boas juga aktif dalam bantuan di dunia seni tari.
Susanne Langer (1895 – 1985)
Pengertian seni tari berdasarkan Susanne Langer merupakan gerakan badan insan untuk dinikmati dalam bentuk ekspresif. Langer merupakan penulis dan filsuf yang berasal dari Amerika.
Dr. J Verkuyl (1908 – 2001)
Definisi seni tari berdasarkan Dr. J Verkuyl yakni penyusunan gerak gerak anggota badan hingga berirama hingga kemudian sedemikian rupa.
John Martin (1893 – 1985)
Pengertian seni tari berdasarkan John Martin merupakan perwujudan gerakan sebagai awal dari pengalaman hidup manusia. Sejak tahun 1927, Martin mulai berkarir sebagai kritikus tari.
Sekian penterangan seputar sedikit pengertian seni tari berdasarkan para hebat kompleks. Seni tari secara umum sanggup diartikan sebagai cabang seni yang berafiliasi dekat dengan kebudayaan Nusantara dalam bentuk gerak gerik atau tari menari memakai irama. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca.