Home / Sejarah / Perjanjian Linggarjati, Isi Perjanjian Linggarjati, Dan Hasil Negosiasi Linggarjati

Perjanjian Linggarjati, Isi Perjanjian Linggarjati, Dan Hasil Negosiasi Linggarjati

Perjanjian Linggarjati, Isi Perjanjian Linggarjati, Latar belakang, Dan Hasil Perundingan Linggarjati –  Perjanjian Linggarjati sangat dekat kaitannya dengan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Perjanjian Linggarjati atau Perundingan Linggarjati merupakan negosiasi atau perjanjian yang dilaksanakan antara Republik Indonesia dengan Negara Belanda di Linggarjati yang ada di provinsi Jawa Barat. Perjanjian Linggarjati sangat penting alasannya ialah Perjanjian Linggarjati akan menghasilkan sebuah persetujuan dari kedua belah pihak perihal status kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Perundingan Linggarjati dilaksanakan pada tanggal 15 November 1946 di Istana Merdeka (Jakarta) dan kesannya disetujui dan disahkan dengan tanda tangan perwakilan dari kedua belah pihak pada tanggal 25 Maret 1947.

Perjanjian Linggarjati sangat dekat kaitannya dengan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia Perjanjian Linggarjati, Isi Perjanjian Linggarjati, Dan Hasil Perundingan Linggarjati

Perjuangan bangsa Indonesia tak berhenti sesudah bendera merah putih dikibarkan Karena sesudah indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945 negara belanda mulai melancarkan serangan kembali. disebabkan pada masa itu Indonesia sudah merdeka kesannya Indonesia menentukan jalur diplomatik untuk menuntaskan problem dengan menggelar Perundingan Linggarjati. Perundingan linggarjati tentunya menghasilkan isi dan keputusan dan berikut merupakan Isi Perjanjian Linggarjati, Dan Hasil Perundingan Linggarjati.

Baca Juga : Penjajahan Belanda Di Indonesia (Latar Belakang, Sejarah, Akibat)

Berdasarkan negosiasi linggarjati yang digelar, kesannya Perundingan Linggarjati menghasilkan keputusan yakni : 
  1. Belanda mengakui secara “de Facto” bahwa wilayah RI mencakup pulau Jawa, pulau Sumatera dan pulau Madura.
  2. Belanda harus menarik pasukan dan meninggalkan wilayah NKRI. dan diberi tempo paling lambat tanggal 1 Januari 1949
  3. Pihak Indonesia dan Belanda sepakat untuk membentuk Republik Indonesia Serikat (RIS).
  4. Disebabkan bentuk negara indonesia merupakan RIS maka indonesi harus taat pada Commonwealth atau lebih dikenal dengan persemakmuran Indonesia Belanda dengan belanda sebagai pemimpin.
Baca Juga:   Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Perundingan Linggarjati yang dilaksanakan antara pemerintah belanda dengan pemerintah Indonesia menghasilkan naskah persetujuan Perjanjian Linggarjati yang secara resmi ditandatangani pada tanggal 25 Maret 1947. Perjuangan bangsa Indonesia tak berhenti sesudah munculnya hasil negosiasi linggarjati alasannya ialah di lalu hari akan muncul perjanjian-penjanjian lainnya yang tentunya akan memperlihatkan efek pada kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga : Agresi Militer Belanda I

Perjanjian Linggarjati merupakan awal dari terciptanya RIS. Setelah negosiasi linggarjati muncul lah perjanjian-perjanjian lain dan Agresi Militer Belanda yang disebabkan belanda ingin menguasai Indonesia kembali. 

About CerdaskanKita

Check Also

Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia (Singkat Dan Lengkap)

Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia (Singkat Dan Lengkap) – Biografi merupakan catatan atau daftar riwayat …