Home / Bahasa indonesia / Paragraf Campuran, Pengertian, Pola Dan Ciri-Ciri

Paragraf Campuran, Pengertian, Pola Dan Ciri-Ciri

Paragraf Campuran, Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri – Setelah kita memahami apa itu paragraf induktif dan deduktif maka kali ini kita akan mempelajari perihal apa itu paragraf campuran. Paragraf adonan merupakan Paragraf yang diawali dengan kalimat yang mengemukakan gagasan utama lalu disusul oleh kalimat-kalimat pendukung atau penterang dan diakhiri juga oleh kesimpulan yang berisi gagasan utama pada kalimat di selesai Paragraf. Singkatnya paragraf adonan merupakan paragraf yang terdapat kalimat utama di awal dan di selesai paragraf atau adonan dari paragraf induktif dan deduktif.

 maka kali ini kita akan mempelajari perihal apa itu paragraf adonan Paragraf Campuran, Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri

Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contoh Paragraf Campuran

Sebagaimana yang kita baca diatas bahwa paragraf adonan merupakan paragraf yang terdapat kalimat utama di awal dan selesai paragraf dan merupakan kombinasi dari paragraf induktif dan paragraf deduktif.

Artikel Terkait : Paragraf Induktif dan Deduktif, Pengertian, Ciri, Dan Contoh

Ciri-ciri Paragraf campuran

Sama menyerupai paragraf induktif dan paragraf deduktif, paragraf adonan juga terdapat ciri-ciri untuk membantu kita mengidentifikasinya.

  • Memiliki kalimat utama pada kalimat di awal Paragraf dan lalu diberi pemfokusan atau penegasan kembali pada kalimat di selesai paragraf.
  • Memiliki kata kunci yang bersisfat variatif atau sanggup diulang-ulang dn dimengganti dengan kata kunci lain.

Pola Paragraf campuran

Setelah mengetahui ciri-ciri paragrafa adonan sekarang saatna kita mengetahui pola atau struktur kalimat dari paragraf campuran.

  • Diawali dengan kalimat umum,
  • Disusul dengan kalimat khusus,
  • Disusul dengan kalimat khusus
  • Diakhiri dengan kesimpulan yang menterangkan gagasan secara umum.

Contoh Paragraf Campuran

Manusia merupakan makhluk beragam yang bersifat sosial. Artinya setiap acara dalam kehidupan kita memerlukan insan lainnya. Sebagaimana referensi adalah dalam memenuhi kebutuhan pokok yang fundamental menyerupai makan, tentunya kita embutuhkan sosok orang lain menyerupai petani yang menanam beras di sawah untuk kita jadikan nasi nantinya, peternak yang berternak sapi atau ayam yang sanggup kita ambl dagingnya, nelayan yang menangkap ikan di bahari dan laiin sebagainya. Semua acara yang kita lakukan setiap harinya taklah luput dari campur tangan orang lain. Bahkan hingga maut kita, kita masi memerlukan orang lain untuk mengurus kita.

Baca Juga : 5 Contoh Paragraf Induktif Terbaru

Untuk memenuhi kebutuhan dan melangsungkan hidupnya, makhluk hidup tentunya membutuhkan makanan. Binatang yang notabennya hidup di alam dibekali dengan insting untuk membantu mereka berburu makanan. Sama halnya binatang dan tumbuh-tumbuhan insan juga memerlukan kuliner untuk bertahan hidup dan kawasan tinggal untuk melangsungkan hidupnya. Baik manusia, hewan, dan tumbuhan niscaya akan mati apabila tak mendapat kuliner dan minuman yang cukup. Makara sanggup disimpulkan jikalau semua makhluk hidup memerlukan kuliner dan air untuk diminum.

Baca Juga:   24 Pola Puisi Usang Dan Puisi Gres Terbaik

Itulah pengertian, contoh, dan ciri-ciri dari paragraf campuran, hal yang terpenting yang harus anda ingat merupakan paragraf adonan merupakan kombinasi atau gabungan dari paragraf induktif dan paragraf deduktif, yang artinya paragraf adonan terdapat kalimat utama di awal dan di selesai paragraf.

About CerdaskanKita

Check Also

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai-Nilai Cerpen)

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Unsur intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai Nilai Cerpen) – Cerpen …