Panduan Input / Entry Data Semester 2 (Genap) Tahun Pelajaran 2013 – 2014 Pada V.2.0.5 Aplikasi Dapodikdas 2013

Posted on
Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia…

Berikut saya share kembali informasi penting seputar aplikasi Dapodikdas 2013 dari situs grup media sosial Info Pendataan Ditjen Dikdas khususnya mengenai hal-hal penting terkait proses entry data pada semester 2 (genap) TP. 2013/2014 dalam aplikasi Dapodikdas 2013 khususnya pada v.2.0.5 saat ini.

Hal-hal penting serta panduan input data semester 2 aplikasi Dapodikdas 2013 ini telah saya kutip dari postingan Bpk. Yusuf Rokhmat, seperti di bawah ini.
Kami informasikan sebagai berikut:
Menginjak kalender pendidikan memasuki Semester 2, maka kepada Rekan-rekan OPS silakan mengupdate periode pendataannya ke semester 2, dengan beberapa catatan :
1.   Pastikan aplikasi yang digunakan 2.05

2.   Untuk memudahkan pengisian data di SMT 2, pastikan data SMT 1 sudah lengkap dan benar, tidak ada data invalid merah

3.   Perbedaan data di SMT 1 dan 2 yang akan kosong kembali :

a.   Rombel, anggota Rombel
b.   Tabel pembelajaran
c.   Data periodik Sekolah, periodik PD, dan periodik Sarpras

4.   Untuk meningkatkan efektivitas pengisian SMT 2, untuk point 3.a terlampir panduan updating Semester 2 sehingga Rombel, Anggota Rombel dapat dilanjutkan (tidak entry ulang)

5.   Tabel Pembelajaran lakukan mapping kembali , karena pembagian mengajar dilakukan setiap periode semester untuk masing-masing PTK mengajar sesuai dengan pembagian tugas mengajar di sekolah nya.

6.   Untuk meningkatkan efektivitas entry data dan interaksi pengguna, akan di buatkan fasilitas fitur (candidat release) yang memindahkan data periodik SMT 1 = SMT 2 secara otomatis di data periodik siswa, Sarpras, dan Sekolah. sehingga tidak perlu input 1 per 1 kembali di setiap data periodik.
PANDUAN PENGISIAN DATA SEMESTER 2 (GENAP) TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DALAM APLIKASI DAPODIKDAS V.2.0.5
1.   Pada halaman saat akan login pilih / klik anak panah ke bawah pada pilihan semester Genap / 2013/2014. Pastikan saat login menggunakan email (username) dan password sama dengan sebelumnya dengan versi aplikasi Dapodikdas 2013 terupdate v.2.0.5.

2.   Periksa bahwa Identitas Sekolah serta Informasi versi aplikasi pada beranda aplikasi Dapodikdas 2013 sudah benar / sesuai, baik nama sekolah, kecamatan, semester genap, serta menggunakan v.2.0.5.

3.   Pilih tabel “Rombongan Belajar” (Rombel), lalu klik tombol “Lanjutan Semester” untuk memunculkan seluruh Rombel dari semester I muncul kembali pada semester II, kemudian pilih Rombel pada semester I untuk berlanjut ke semester II (bila anggota Rombel / siswanya tidak berubah), jika Rombel di sekolah diacak / dirubah kembali, maka buat Rombel baru di semester II ini.

4.   Periksa seluruh Anggota Rombel pada semester 2 sama dengan semester 1 sebelumnya dan tetap berada di posisinya semula (Rombel tidak diacak).

5.   “Pembelajaran” kosong kembali, silahkan mapping kembali PTK-PTK yang mengajar pada setiap mata pelajaran pada seluruh Rombel sesuai dengan Roster / Jadwal Pelajaran serta SK Tugas Mengajar di sekolah pada semester II ini.

6.   Cek kembali validasi, data periodik Peserta Didik pada semester II TP. 2013/2014 akan kembali kosong, Data Periodik Sekolah, dan Sarpras, sementara diabaikan dulu, karena pada versi aplikasi Dapodikdas 2013 selanjutnya akan dibuat/ditambahkan fitur baru untuk memindahkan isian data-data secara otomatis dari semester I ke semester II (jika data periodik pada semester II berubah / berbeda dengan data pada semester I, silahkan lengkapi datanya).
7.   Cek “Validasi”, dan pastikan data-data pada aplikasi Dapodikdas 2013 sudah tidak ada invalidnya (invalid 0).
Demikian share mengenai panduan pengisian aplikasi Dapodikdas 2013 untuk semester 2 / semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas…!