Home / ADA DI SINI SEMUA TENTANG APLIKASI DAPODIKDAS 2013/2014 / Cara / Solusi Mengatasi Data PTK Hilang Serta Permasalahan Lain Yang Muncul Setelah Patch V.2.0.5 Aplikasi Dapodikdas 2013

Cara / Solusi Mengatasi Data PTK Hilang Serta Permasalahan Lain Yang Muncul Setelah Patch V.2.0.5 Aplikasi Dapodikdas 2013

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia…

Alhamdulillah Rekan-rekan OPS semuanya…, perkenankan pada malam hari ini, saya akan share kembali tips yang insya Allah jitu. Amiin… Bagi saya pribadi, artikel kali ini merupakan cara ataupun solusi termutakhir seputar aplikasi Dapodikdas 2013, yakni tentang permasalahan bagaimana mengembalikan seluruh data PTK yang hilang setelah sinkronisasi dilakukan pada v.2.0.4 sebelumnya ataupun seluruh data PTK hilang setelah update patch v.2.0.5 dilakukan.
Selain itu, tips berikut insya Allah dapat menjadi solusi terhadap berbagai masalah yakni : “Profil Sekolah” ataupun “Absensi Peserta” tidak dapat diunduh mulai dari awal penggunaan Aplikasi Dapodikdas 2013. Nama Kepala Sekolah muncul lagi keterangan “Nama Kepsek belum dipilih”. 

Data PTK Keluar hilang dari v.2.0.5 aplikasi Dapodikdas 2013. Data Peserta Didik kembali invalid (ditandai merah) setelah sync ataupun patch v.2.0.5 dilakukan. Obyek / server tidak ditemukan. Tampilan aplikasi Dapodikdas 2013 blank / kosong (layar monitor putih). dan lain sebagainya.
Dan artikel ini saya share sekaligus untuk menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan Sahabat-sahabat www.dadangjsn.blogpspot.com sebelumnya-sebelumnya baik Rekan-rekan yang telah bertanya via  komentar Facebook, komentar Open ID, maupun pada chatting online situs personal saya ini.
Sebelum tips jitu yang sudah saya sendiri lakukan dan alhamdulillah benar-benar berhasil ini, sedikit saya akan ceritakan riwayat hingga solusi mengembalikan seluruh data PTK yang hilang dari aplikasi Dapodikdas 2013 baik pada v.2.0.4 maupun pada v.2.0.5 saat ini.
Pengalaman baru kali ini pada mulanya saya dapatkan dari salah satu Rekan sesama OPS saya yang pada hari kedua (25/12/2013) setelah patch v.2.0.4 dirilis sehari sebelumnya, yang pada awalnya tips ini dapat menjadi solusi bagaimana caranya mengembalikan data PTK dan tentu saja “Kepsek belum dipilih” lagi tentunya.
Dan alhamdulillah… hingga hari ini, setelah saya terapkan tips ini langsung pada 4 buah laptop dari Rekan-rekan OPS saya lainnya yang kebetulan sedang mengalami beberapa permasalahan-permasalahan yang terjadi pada aplikasi Dapodikdas 2013, ternyata tidak hanya dapat mengembalikan data PTK yang hilang dari aplikasi Dapodikdas 2013 akan tetapi tips ini, menurut hemat saya menjadi solusi yang multi fungsi recovery / restore data-data aplikasi Dapodikdas 2013 yakni dapat mengembalikan seluruh data yang sama persis dengan data yang telah mengalami perubahan yang telah terakhir tersimpan dalam aplikasi Dapodikdas 2013, baik ada versi 2.0.5 maupun pada versi-versi sebelumnya.
Mengapa cara ini saya sebut sebagai solusi multi fungsi recovery / restore dalam mengembalikan seluruh data aplikasi Dapodikdas 2013 ke semula ? Karena telah terbukti oleh saya sendiri yang dapat menangani / mengatasi beberapa kendala yang terjadi pada aplikasi Dapodikdas 2013, di antaranya :
1.  “Profil Sekolah” ataupun “Absensi Peserta” tidak dapat diunduh mulai dari awal penggunaan Aplikasi Dapodikdas 2013.

2.   Nama Kepala Sekolah muncul lagi keterangan “Nama Kepsek belum dipilih”.

3.   Seluruh data PTK hilang dari aplikasi v.2.0.5 (setelah update/patch v.2.0.5 berhasil dilakukan).

4.   Data PTK Keluar hilang dari v.2.0.5 aplikasi Dapodikdas 2013.

5.   Data Peserta Didik kembali invalid (ditandai merah) setelah sync ataupun patch v.2.0.5 dilakukan.

6.   Obyek / server tidak ditemukan.

7.   Tampilan aplikasi Dapodikdas 2013 blank / kosong (layar monitor putih).

8.   dan lain sebagainya.
Namun, untuk menerapkan tips ini (berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri), maka berlaku 2 syarat utama untuk recovery / restore seluruh data pada Aplikasi Dapodikdas 2013 :
1.   OS (Operating System) pada laptop / PC yang Anda gunakan untuk entry Dapodikdas 2013 adalah Windows 7.

2.   Memiliki backup “Dapodikdas” perubahan terakhir (file hasil copy paste dari folder “Dapodikdas” pada versi sebelum v.2.0.5).
Sehubungan dengan syarat ke-2 yakni adanya file backup Dapodikdas 2013 yang telah tersimpan sebelumnya baik pada flash disk maupun di Local Disc (D:) yang berasal dari file hasil copy paste dari drive “C” ==> “Program Files” ==> “Dapodikdas”.
Selanjutnya, untuk mengembalikan seluruh data PTK yang hilang dari aplikasi Dapodikdas 2013 setelah proses update / patch v.2.0.5 dilakukan, silahkan tutup dahulu seluruh aplikasi yang sedang aktif pada laptop / PC Anda, lalu lakukan cara recovery / restore seluruh database aplikasi Dapodikdas 2013 ke posisi semula (terakhir tersimpan dalam file backup) namun dengan versi yang telah terupdate (v.2.0.5) dengan urutan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Buka start menu, lalu masukkan / input teks services.msc lalu klik “Enter”

2.      Lihat pada tampilan “Services (Local)”, klik kanan mouse, lalu pilih “Stop” pada ke dua elemen local system DapodikdasDB dan DapodikdasWebSrv
3.      Langkah selanjutnya, buka elemen file backup “Dapodikdas” yang telah tersimpan sebelumnya, misalnya file backup “Dapodikdas” berada pada drive “D”, maka klik Local Disc (D:) ==> “Dapodikdas” ==> “database”, klik kanan pada mouse lalu “Copy

4.      Kemudian buka drive “C” atau Local Computer (C:) ==> “Program Files” ==> “Dapodikdas” ==> “database”, dan hapus / delete folder “database” ini

5.      Setelah folder “database” pada no. 4 diatas terhapus, klik kanan pada mouse dan pilih “Paste” (“database” ini berasal dari folder “database” pada file hasil backup Dapodikdas)

6.      Selanjutnya lakukan kembali langkah yang sama seperti pada no. 1 di atas – buka pada start menu, lalu masukkan / input teks services.msc lalu klik “Enter”

7.      Pada tampilan “Services (Local)”, klik kanan mouse, lalu pilih “Start” pada ke dua elemen local system DapodikdasDB dan DapodikdasWebSrv
8.      Kemudian buka kembali aplikasi “Dapodikdas” Anda – login dengan Username (Email) serta Password seperti biasanya
9.      Setelah masuk pada beranda aplikasi Dapodikdas 2013 jangan lupa tekan “F5” atau klik icon panah melingkar (refresh / reload)
10.    Selesai.
Baca Juga:   Cara Sinkronisasi Offline Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Demikian tutorial terupdate kali ini, semoga dapat menjadi solusi bagi Rekan-rekan OPS yang sedang mengalami permasalahan seputar aplikasi Dapodikdas 2013. Silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah ini, apabila di antara Sahabat ada yang perlu dipertanyakan. Terimakasih atas segala perhatiannya… Salam satu data berkualitas…!

About CerdaskanKita

Check Also

Panduan Pengisian Data Rincian Sekolah Aplikasi Dapodikdas 2013

Sahabat Operator Dapodikdas di Sekolah Dasar maupun di Sekolah Menengah Pertama yang berbahagia… Dalam kesempatan …