Cara Menambah PTK Baru / Pindahan Dalam Daftar Tunggu PTK Baru Melalui Tabel Utama PTK Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Posted on

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia…

Selain saya ulas tutorial singkat bagaimana cara menambah Peserta Didik Baru pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014, kurang lengkap rasanya bila tidak saya ulas juga bagaimana cara input / entri data PTK Baru pada aplikasi Dapodikdas ini.

Artikel ini saya buat sekaligus sebagai jawaban atas pertanyaan-pertanyaan beberapa Sahabat OPS pada blog www.dadangjsn.blogspot.com sebelumnya. Berikut saya share tutorial bergambar beserta penjelasan singkat sebagai solusi bagaimana cara input data PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) baru / pindahan pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini :

 
1.   Klik pada tab “PTK”.
2.   Lalu, klik “Tambah”.
3.   Selanjutnya, klik “Tambah” lagi dalam tampilan baru (daftar tunggu) PTK Baru.
4.   Isi / entri seluruh kolom yang tersedia, mulai dari Nama PTK baru, JK (Jenis Kelamin), NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), NIK (Nomor Induk Kependudukan), Tempat Lahir, Tanggal/Bulan/Tahun Lahir, serta Nama Ibu Kandung berdasarkan dokumen-dokumen PTK yang sah tentunya.
5.   Setelah semua kolom isian yang terdiri dari satu baris yang memuat tentang data-data pokok PTK Baru / Pindahan terinput, klik “Simpan”.
6.   Terakhir, klik “Tutup”.
Pada versi 2.0.3 aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini, PTK baru / pindahan belum dapat langsung dipindahkan ke tabel utama “PTK”, melainkan perlu disinkronisasikan terlebih dahulu dengan server center Dapodikdas 2013/2014, sama halnya dengan input data Peserta Didik Baru yang telah saya ulas pada artikel sebelumnya.
Demikian tutorial singkat tentang cara menambah PTK baru / PTK pindahan pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014. Semoga bermanfaat bagi Rekan-rekan OPS semuanya. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas…!