Home / IPS / Ciri Ciri, Kelebihan Dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Ciri Ciri, Kelebihan Dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial – Pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial niscaya sudah diterangkan seputar sistem pemerintahan di Indonesia. Terdapat dua jenis sistem pemerintahan ialah pemerintahan presidensial dan pemerintahan parlementer. Kedua jenis pemerintahan tersebut terdapat pengertian serta ciri ciri yang berbeda beda dalam memerintah negara Indonesia. Negara Indonesia telah memakai pemerintahan presidensial dimana kekuasaan tertinggi dipegang oleh Presiden.

 Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Indonesia telah memakai sitem pemerintahan parlementer pada tahun 1950 dengan berpedoman kepada Undang-Undang Dasar S 1950. Namun lantaran terdapat sedikit hal yang berbeda dengan dekrit presiden maka dimengganti memakai sistem pemerintahan presidensial. Kali ini bahan berguru akan membahas seputar ciri ciri pemerintahan presidensial, kelebihan pemerintahan presidensial  dan kelemahan pemerintahan presidensial. Namun sebelumnya admin akan membahas seputar pengertian pemerintahan presidensial.

Ciri Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Indonesia memakai sistem pemeritahan presidensial lantaran pada tanggal 5 Juli 1959 dikeluarkan dekrit presiden. Dekrit presiden tersebut berisi wacana berlakunya kembali Undang-Undang Dasar 1945 dan tak berlakunya UUDS 1950. Pemerintahan presidensial merupakan sisem pemerintahan yang melaksanakan pemilu dalam menentukan bab direktur negara serta dilakukan terpisah dengan pemilihan bab legislatif negara. Sistem pemerintahan presidensial ini terdapat tiga kedaulatan yang berdasar pada trias politica dari Monstequieu yang mencakup legislatif, direktur inginpun yudikatif. Presiden terdapat kekuasaan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

Baca juga : Biografi Cut Nyak Dhien Pahlawan Wanita Indonesia

Didalam sistem ini terdapat kedaulatan bahwa para menteri berfungsi untuk membantu presiden serta bertanggung jawab terhadap presiden. Namun tetap berpegang kepada hukum yang telah dibentuk oleh para menteri. Para menteri tersebut dipilih pribadi oleh presiden. Didalam pemerintahan presidensial menyatakan bahwa anggota legislatif dihentikan menjadi pejabat direktur ataupun sebaliknya. Badan legislatif, direktur inginpun yudikatif termasuk kedalam forum independen dalam pemerintahan presidensial ini. Dibawah ini terdapat ciri ciri pemerintahan presidensial , kelebihan pemerintahan presidensial  dan kelemahan pemerintahan presidensial.

Baca Juga:   Contoh Duduk Kasus Sosial Di Lingkungan Setempat Beserta Cara Mengatasinya

Ciri Ciri Pemerintahan Presidensial

Apapun jenis sistem pemerintahannya maka niscaya terdapat ciri ciri yang berbeda beda. Sama halnya pemerintahan presidensial ini terdapat ciri ciri yang terdapat didalamnya. Ciri ciri pemerintahan presidensial sanggup anda baca dibawah ini:
  • Presiden terdapat dua kekuasaan ialah sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.
  • Pemilihan presiden terjadi secara pribadi dan melalui pemilu oleh rakyat.
  • Pemilihan anggota legislatif terjadi secara pribadi dan melalui pemilu oleh rakyat.
  • Presiden sanggup memberhentikan inginpun mengangkat para menteri yang bersifat departemen serta non departemen lantaran terdapat hak prerogratif.
  • Para menteri bertugas untuk membantu presiden serta bertanggung jawab terhadap presiden namun pada pemerintahan presidensial ini para menteri dihentikan untuk membantu pihak legislatif.
  • Pihak eksekutf tak memiliki tanggung jawab terhadap pihak legislatif inginpun sebaliknya.
  • Pihak eksekutf tak sanggup menjatuhkan pihak legislatif inginpn sebaliknya.

Baca juga : Proses Masuk dan Berkembangnya Hindu Budha di Indonesia


Kelebihan Pemerintahan Presidensial

Setelah ciri ciri pemerintahan presidensial diatas kemudian terdapat kelebihan pemerintahan presidensial. Berikut kelebihan pemerintahan presidensial yang sanggup anda baca dibawah ini :
  1. Badan legislatif terdapat masa jabatan yang lebih terang, contohnya di Indonesia masa jabatan DPR ibarat Presiden merupakan 5 tahun 
  2. Keadaan tubuh direktur lebih stabil lantaran dalam kekuasaannya tak menerima gangguan inginpun tak tergantung oleh parlemen.
  3. Badan legislatif tak terdapat anggota parlemen sesampai kemudian tak terdapat aspek kaderisasi terhadap pihak pihak eksekutif.
  4. Program kerja kabinet sanggup disusun serta diubahsuaikan dengan lamanya masa jabatan.


Kelemahan Pemerintahan Presidensial

Dalam sistem pemerintahan presidensial terdapat kelemahannya pula. Walaupun terdapat kelebihan pemerintahan presidensial namun tetap ada kelemahan pemerintahan presidensial. Berikut kelemahan pemerintahan presidensial yang sanggup anda baca dibawah ini.
  1. Pertanggungjawaban terhadap sistem pemerintahannya tak terang.
  2. Dalam membuat keputusan terhadap kebijakan yang berlaku memerlukan waktu yang lebih lama.
  3. Badan direktur sanggup membuat kekuasaan yang mutlak lantaran tak ada pengawasan pribadi dari pihak legislatif.
  4. Keputusan pengambilan kebijakan publik tak tegas lantaran terdapat perbedaan serta terdapat sistem tawar menawar terhadap pihak direktur dengan pihak legislatif. 

Demikinlah penterangan seputar pemerintahan presidensial yang terdapat di Indonesia. Artikel diatas juga telah admin terangkan seputar ciri ciri pemerintahan presidensial, kelebihan pemerintahan presidensial dan kelemahan pemerintahan presidensial. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga:   Romusha Pada Kurun Penjajahan Jepang (Ketenagakerjaan, Kekejaman Dan Dampak)

About CerdaskanKita

Check Also

Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia – Pada ketika Indonesia mulai menuju kemerdekaan maka ketika …