Home / Pkn / Pengertian Ideologi Secara Umum Dan Berdasarkan Ahli

Pengertian Ideologi Secara Umum Dan Berdasarkan Ahli

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut AhliDalam sebuah negara niscaya selalu berpedoman pada ideologi. Di dingklik sekolahpum para siswa juga diajarkan seputar pengertian ideologi, baik secara umum inginpun berdasarkan para ahli. Lalu apa itu ideologi? Apa pengertian dari ideologi? Sebenarnya pengertian ideologi terdapat kaya makna lantaran sanggup berupa pendapat para andal inginpun berasal dari sedikit sumber. Namun semua sumber gres saja sanggup disimpulkan menjadi pengertian ideologi sesungguhnya. Lalu apa sih ideologi itu? Pengertian ideologi secara umum adalah sekumpulan ide, gagasan, kepercayaan dan keyakinan yang terdapat sifat sistematis dengan tujuan dan arah yang sanggup dicapai melalui kehidupan nasional berbangsa dan bernegara.

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli

Ideologi berdasarkan istilah bahasa Inggris yaitu “idea” yang artinya konsep, cita cita, pengertian dasar, gagasan dan kata “logi” terdapat istilah Yunani yaitu logos yang berarti pengetahuan aau ilmu. Pengertian ideologi secara harfiah adalah sebuah pengetahuan seputar gagasan, inspirasi ide, pengertian dasar ataupun science of ideas. Pada hari ini kali ini admin akan menterangkan lebih kompleks seputar pengertian ideologi. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca dibawah ini.

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli

Menurut bahasa Yunani, kata ideologi berarti “Idein” yang artinya melihat atau “Idea” yang artinya perawakan, buah pikiran, raut muka, gagasan, kebijaksanaan atau ajaran. Kemudian kata “Logos” yang artinya ilmu. Secara umum pengertian ideologi yaitu sekumpulan ide, gagasan, kepercayaan dan keyakinan yang terdapat sifat sistematis dengan tujuan dan arah yang sanggup dicapai melalui bermacam bidang kehidupan. Bidang tersebut mencakup bidang politik (keamanan, aturan dan pertahanan), bidang kebudayaan, bidang sosial dan bidang keagamaan. 
Pada tahun 1796 terdapat filsuf Perancis yang berjulukan Destutt de Tracy berhasil menemukan istilah ideologi pertama kali. Namun pengertian ideologi tersebut menterangkan wacana bidang otonom yang menganalisis secara ilmiah seputar cara berpikir manusia. Namun istilah otonom secara luas berarti metafisika ataupun inspirasi wacana sains. Ideologi tersebut diduga sanggup menjadi visi yang bersifat komprehensif, cara pandang sesuatu, kebijaksanaan budi dari bermacam kecenderungan filosofis, ataupun sekumpulan inspirasi berdasarkan pendapat masyarakat mayoritas bagi semua anggota masyarakat.
Ideologi tersebut sanggup sebagai dasar keyakinan dalam penyembunyian kontradisksi internal. Yang maksudnya dalam sebuah ideologi niscaya menyembunyikan sebuah pertentangan yang terdapar dalam ajarannya. Contohnya, dalam demokrasi liberal terdapat aliran yang terdapat kelemahan yang bersifat merugikan sesama insan dalam pertolongan hari ini untuk lebih berkembang. Manusia yang dianggap gagal adalah orang orang yang tak bisa mencapai kesuksesan dan bukan disebabkan pertentangan yang terdapat dalam sistem ekonomi tersebut. Sebenarnya pengertian ideologi juga sanggup dikemukakan berdasarkan para ahli.
Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli
Dibawah ini terdapat sedikit pengertian ideologi berdasarkan para ahli. Berikut penterangannya:
1. Pengertian ideologi berdasarkan Francis Bacon ialah sebuah sintesan pemikiran dasar dalam sebuah konsep kehidupan.
2. Pengertian ideologi berdasarkan Gunawan Setiardjo ialah sekumpulan gagasan, ide, aqidah ‘aqliyyah atau keyakinan melalui proses berpikir yang membuat aturan dalam kehidupan.
3. Pengertian ideologi berdasarkan Taqiyuddin An-Nabhani Mabda’ ialah sebuah aqidah ‘aqliyyah yang membuat kehidupan. Aqidah tersebut terdapat makna yang luas yaitu keseluruhan pemikiran seputar manusia, hidup dan alam semesta, baik sebelum inginpun setelah kehidupan. Selain itu terdapat kaitannya dengan Zat yang telah membuat kita sebelum dan setelah menjalani kehidupan di dunia ini. Selain itu terdapat istilah Mabda’ yaitu sebuah inspirasi yang fundamental secara keseluruhan wacana manusia, hidup dan alam semesta, baik secara fikrah inginpun thariqah.
4. Pengertian ideologi berdasarkan Destutt de Tracy adalah pembelajaran wacana pemikiran atau inspirasi ide tertentu.
5. Pengertian ideologi berdasarkan Descartes ialah dasar dari seluruh pemikiran manusia.
6. Pengertian ideologi menurut Napoleon ialah semua pemikiran politik yang berasal dari semua rivalnya. 
7. Pengertian ideologi berdasarkan Machiavelli ialah suatu sistem yang melindungi kekuasaan yang dimiliki penguasa.
8. Pengertian ideologi berdasarkan Karl Marx ialah alat yang dipakai dalam mencapai kesejahteraan dan kesetaraan yang sama dalam masyarakat.
9. Pengertian ideologi menurut Thomas H. ialah sebuah cara dalam melindungi kekuasan pemerintah dalam mengatur rakyat dan tetap sanggup bertahan.
10. Pengertian ideologi berdasarkan Dr. Hafidh Shaleh ialah suatu pemikiran ataupun inspirasi yang berupa aqidah aqliyah inginpun konsep rasional. Hal ini mempunyai kandungan solusi inginpun keyakinan dalam menuntaskan problem kehidupan manusia. Pemikiran tersebut terdapat metode yang aktual, mempertahankan, dan menyebar di seluruh dunia. 

Demikianlah penterangan seputar pengertian ideologi baik secara umum inginpun berdasarkan para ahli. Secara garis besar ideologi adalah sekumpulan ide, gagasan dan keyakinan yang dipakai untuk mencapai kehidupan dibermacam bidang. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. Terima kasih.

Baca Juga:   Upaya Upaya Penegakan Ham Di Indonesia

About CerdaskanKita

Check Also

Globalisasi: Pengertian, Penyebab Dan Imbas Globalisasi

Pengertian Globalisasi, Penyebab dan Dampak Globalisasi – Globalisasi berdasarkan para jago merupakan sebuah proses sosial …