Home / Bahasa indonesia / 20 Referensi Kalimat Aktif Dan Kalimat Pasif Beserta Pengertiannya

20 Referensi Kalimat Aktif Dan Kalimat Pasif Beserta Pengertiannya

20 Contoh Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Beserta Pengertiannya – Dalam sebuah kalimat bahasa Indonesia terdapat kalimat pasif inginpun kalimat aktif. Kalimat kalimat tersebut berkhasiat untuk mekompleksi sebuah paragraf atau percakapan yang menterangkan suatu hal. Kalimat pasif inginpun kalimat aktif tersebut kerap kali kita jumpai disekeliling kita. Masing masing kalimat terdapat jenis dan pola yang berbeda beda. Baik pola kalimat aktif dan pasif terdapat pengertian, pola, dan struktur kalimat yang berbeda. Namun intinya kedua kalimat ini tak sanggup dipisahkan antara satu sama lain. Pada hari ini kali ini admin akan membahas seputar pengertian serta pola kalimat aktif dan pasif singkat dan pendek.

Contoh kalimat katif dan pasif intinya sanggup dengan gampang kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Hal ini disebabkan lantaran penggunan kalimat aktif dan pasif kaya diaplikasikan untuk bercakap cakap antara dua orang atau lebih.

Contoh kalimat aktif dan kalimat pasif sangat gampang dibedakan lantaran kedua pola kalimat ini (kalimat aktif dan kalimat pasif) terdapat pola dan struktur kalimat yang berbeda. Meskipun demikian, baik pola kalimat aktif inginpun pola kalimat pasif tak sanggup dipisahkan satu sama lain dalam penggunaannya.

20 Contoh Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Beserta Pengertiannya

Sebuah kalimat tak akan menjadi terstruktur apabila tak terdapat urutan subjek, predikat inginpun objek. Struktur tersebut tersusun dalam sebuah kalimat, sama halnya menyerupai pola kalimat aktif dan pasif. Dibawah ini akan admin terangkan seputar pengertian kalimat aktif dan pengertian kaliat pasif secara kompleks beserta pola kalimat tersebut.

Contoh Kalimat Aktif

 Contoh Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Beserta Pengertiannya 20 Contoh Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Beserta Pengertiannya
Pembahasan yang pertama yaitu pengertian kalimat aktif. Kalimat aktif merupakan sebuah kalimat yang subjeknya terdapat tugas aktif dalam melaksanakan sebuah tindakan sebagai predikat kepada objek. Contoh kalimat aktif:
  • Ibu memasakanku sebuah sup ayam.
  • Ina mengambil bukunya Oni.
  • Ardi memotong rumput.

Baca juga : 32 Contoh Kalimat Kritik, Saran, dan Pujian Beserta Pengertiannya

Kalimat aktif juga terdapat ciri ciri yang sanggup membedakannya dengan kalimat lainnya. Berikut ciri ciri kalimat aktif:

  • Kalimat aktif terdapat predikat yang diawali dengan komplemen kata Ber- inginpun Me-.
  • Subjek dalam kalimat aktif melaksanakan pribadi tindakan yang dilakukan dengan objeknya.
  • Kalimat aktif ada yang membutuhkan objek untuk mekompleksinya.
  • Kalimat aktif terdapat struktur pola S(subjek) – P(predikat) – K(keterangan) ataupun S(subjek) – P(predikat) – O(objek) – K(keterangan).
  • Kalimat aktif adapula yang tak membutuhkan objek, namun untuk mekompleksi predikat harus ditambahkan keterangan ataupun pekompleks.
Macam Macam Kalimat Aktif

Kalimat aktif sanggup dibagi menjadi sedikit jenis yaitu kalimat aktif intransitiv, kalimat aktif transitiv, kalimat aktif ekatransitive, inginpun kalimat aktif dwitransitif. Berikut penterangan beserta contohnya:
Contoh Kalimat Aktif Transitive
Jenis kalimat aktif yang pertama yaitu kalimat transitive. Kalimat ini terdapat arti yaitu sebuah kalimat yang secara aktif membutuhkan objek yang memperoleh respons dari subjeknya. Contoh kalimat aktif transitive :
  • Ibu memberi Ina coklat untuk camilan. 
  • Ibu menulis belanjaan. 
  • Ayah mengendarai sepeda.
  • Kiko menyiram bunga.
  • Kakak dan Ina menonton film horor di bioskop.
Baca Juga:   Kalimat Efektif (Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Pola Kalimat Efektif)
Contoh Kalimat Aktif Ekatransitive
Contoh kalimat aktif selanjutnya yaitu kalimat ekatransitive. Jenis kalimat ini terdapat arti yaitu sebuah kalimat aktif membutuhkan objek namun tak mempunyai keterangan. Jenis kalimat ini terdapat struktur pola Subjek-Predikat-Objek. Contoh kalimat aktif ekatransitive :
  • Ibu memasak sayur.
  • Ina membaca buku.
  • Joko memanjat pohon.
  • Pak Joko menerobos lampu merah.
  • Kakak mencuci pakaian.

Baca juga : 30 Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Beserta Strukturnya

Contoh Kalimat Aktif Intransitive

Kalimat aktif Intransitive merupakan sebuh kalimat aktif yang objeknya tak muncul lantaran tak mendapatkan tindakan dari subjek. Pada kalimat ini terdapat keterangan inginpun pekompleks. Struktur kalimatnya yaitu S-P-K inginpun S-P. Contoh kalimat aktif Intransitive :
  • Rehan berguru dengan rajin.
  • Kakek bersepeda dengan pelan pelan.
  • Ina lagi menyanyi dikamar mandi.
  • Ayam itu berkokok setiap pagi.
  • Ayah tertidur berjam jam.
  • Nenek Ani sangat kesakitan.
Contoh Kalimat Aktif Dwitransitif

Jenis kalimat aktif yang terakhir yaitu kalimat dwitransitif. Jenis kalimat ini terdapat satu predikat yang dikompleksi dengan objek inginpun keterangan. Kalimat aktif dwitransitif terdapat pola S-P-O-K. Apabila salah satu pola tak ada maka kalimat akan rancu dan maknanya tak akan tersampaikan. Contoh kalimat aktif dwitransitif :
  • Ayah mentranfer uang kepada Ibu setiap bulan.
  • Joko membersihkan lantai setiap pagi.
  • Ina selalu pergi sekolh setiap hari.
  • Ibu mencuci pakaian setiap hari.
  • Ayah mengendarai sepeda setiap hari.

Baca juga : Contoh Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks Beserta Strukturnya

Pada dasarnya setiap pola kalimat aktif tersebut sanggup dirubah kedalam bentuk pola kalimat pasif. cara merubah kalimat aktif menjadi pasif sendiri sangat gampang untuk dilakukan. bacalah penterangan dibawah ini:

Untuk mengubah kalimat aktif menjadi pasif sanggup dilakukan dengan mengubah subjek yang terdapat dalam kalimat aktif diubah menjadi Objek yang terdapat dalam bentuk kalimat pasif. Berikut contohnya:

“Ibu menabrak Adik di depan kamarnya. (Kalimat Aktif)” menjadi “Adik ditabrak Ibu di depan kamarnya. (Kalimat Pasif)”

Predikat dalam kalimat aktif yang terdapat imbuhan Me- diubah menjadi imbuhan Ter- atau Di-. Berikut contohnya:

“Ibu melupakan kuliner yang lezat itu. (Kalimat Aktif)” menjadi “Masakan yang lezat itu diabaikan oleh Ibu. (Kalimat Pasif)”

Kalimat aktif yang tak terdapat objek sanggup diubah menjadi kalimat pasif.

“Joko melukai semut. (Kalimat Aktif)” menjadi “Semut dilukai Joko. (Kalimat Pasif)”

Contoh Kalimat Pasif

 Contoh Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Beserta Pengertiannya 20 Contoh Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Beserta Pengertiannya
Setelah membahas seputar pola kalimat aktif selanjutnya admin akan membahas seputar pengertian dan pola kalimat pasif. Kalimat pasif merupakan sebuah kalimat yang subjeknya diberikan sebuah tindakan dari objek kemudian diubah menjadi predikat. Contoh kalimat pasif:
  • Bunga disirami oleh Ani.
  • Adik dibelikan sebuah sepatu oleh ayah.
  • Makananku dimakan adik.
Tidak hanya kalimat aktif saja yang terdapat ciri ciri, kalimat pasif juga terdapat ciri ciri untuk membedakannya dengan jenis kalimat lainnya. Berikut ciri ciri kalimat pasif:
  • Subjek yang terdapat dalam kalimat aktif berperan sebagai objek yang terdapat dalam kalimat pasif.
  • Predikat pada kalimat pasif terdapat imbuhan Ke-an, Ter- inginpun Di-. Misalnya Rumahku kemasukan maling malam kemarin.
  • Kata kerja dalam kalimat pasif diawali dengan kata mengganti kamu atau ku. Misalnya Baju itu telah kucuci.
  • Apabila kalimat pasif mempunyai kandungan kata “oleh” maka sanggup dihilangkan dan tak akan mengubah arti kalimatnya. Misalnya Ina ditegur oleh Bu Guru lantaran tak mengerjakan PR. (kalimat aktif) sanggup diubah menjadi Ina ditegur Bu Guru lantaran tak mengerjakn PR. (kalimat pasif)
Kalimat pasif juga sanggup diubah menjadi kalimat aktif. Dibawah ini terdapat pola perubahaan kalimat pasif menjadi kalimat aktif.

Cara mengubah kalimat pasif menjadi aktif sanggup dilakukan dengan cara mengubah subjek yang terdapat dalam kalimat pasif sanggup diubah menjadi objek pada kalimat aktif. Berikut contohnya:

“Makanan itu dimakan oleh Ayah. (Kalimat Pasif)” menjadi ” Ayah memakan kuliner itu. (Kalimat Aktif)”

Imbuhan predikat kalimat pasif menyerupai Ter-, Di-, dan Ke-an sanggup diubah menjadi Me- inginpun Ber-. Berikut contohnya:

“Kamar itu dibersihkan oleh Ibuku. (Kalimat Pasif)” menjadi ” Ibu membersihkan kamar itu. (Kalimat Aktif)”

Kata mengganti ku dalam kalimat pasif sanggup diubah menjadi Aku. Berikut misalnya :

” Baju itu telah kucuci, (Kalimat Pasif)” menjadi “Aku telah mencuci baju itu. (Kalimat Aktif)”

Demikianlah pengertian dan pola kalimat aktif dan pasif yang sanggup admin terangkan. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. Penggunaan kalimat aktif dan pasif memang tak sanggup dipisahkan dari keseharian kita. Maka dari itu akan sangat gampang menemukan pola kalimat aktif dan pola kalimat pasif dalam sebuah percakapan.

Baca Juga:   Pengertian Dan Referensi Kalimat Spok Terlengkap

About CerdaskanKita

Check Also

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai-Nilai Cerpen)

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Unsur intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai Nilai Cerpen) – Cerpen …