Home / Bahasa indonesia / 20 Pola Pantun Nasehat (Anak, Orang Tua, Belajar, Dan Agama)

20 Pola Pantun Nasehat (Anak, Orang Tua, Belajar, Dan Agama)

20 Contoh Pantun Nasehat (Anak, Orang Tua, Belajar, dan Agama) Pantun sanggup dikategorikan menjadi sedikit jenis menyerupai pantun jenaka, pantun nasehat, pantun teka teki dan sebagainya.  Salah satu jenis pantun yang tak kalah menarik ialah pantun nasehat. Banyak sekali teladan pantun nasehat yang terdapat amanat atau pesan moral tersendiri bagi pembacanya. Pantun ini terdapat sedikit teladan menyerupai teladan pantun nasehat anak, teladan pantun nasehat orang tua, teladan pantun nasehat berguru dan teladan pantun nasehat agama. Keempat teladan pantun tersebut terdapat ciri yang sama yaitu didalamnya terdapat pengajaran yang sanggup diambil. Pantun nasehat juga dikenal sebagai pantun yang mendidik, alasannya ialah mempunyai kegunaan dalam memberikan pesan moral bagi masyarakat sekitar.

Pantun sanggup dikategorikan menjadi sedikit jenis menyerupai pantun jenaka 20 Contoh Pantun Nasehat (Anak, Orang Tua, Belajar, dan Agama)

Contoh pantun nasehat atau pantun asuh sanggup diberikan dari orang renta ke anak, dari guru ke muridnya, dari pemimpin ke bawahannya dan sebagainya. Semua hal tersebut sanggup dikemas menjadi sebuah pantun yang mendidik. Pada hari ini kali ini admin akan membagikan sedikit teladan pantun nasehat anak, teladan pantun nasehat orang tua, teladan pantun nasehat belajar, dan teladan pantun nasehat agama. Langsung saja sanggup anda baca di bawah ini.

Contoh Pantun Nasehat (Anak, Orang Tua, Belajar, dan Agama)

Pantun ialah jenis puisi usang yang mempunyai makna luas dan biasanya lebih terkenal sebagai karya sastra puisi lama. Pantun terdapat susunan empat baris. Setiap baris terdiri dari 8 hingga kemudian 12 kata. Pantun tersebut terdapat pola yaitu a-b-a-b ataupun a-a-a-a. Selain itu pantun tak dianjurkan untuk terdapat pola sajak a-b-b-a atau a-a-b-b. Semua pantun, baik teladan pantun nasehat ataupun jenis pantun lain, dahulunya berasal dari karya sastra lisan. Tenamun seiring berkembangnya jaman, pantun tersebut berubah menjadi bentuk tulisan. Pantun terdapat ciri khusus yaitu didalamnya tak terdapat nama pengarang atau penulisnya. Hal tersebut alasannya ialah pantun penyebarannya melalui media lisan. Pembuatan pantun dari jaman dahulu hingga kini tak mencantumkan nama pengarang atau penulisnya. Dibawah ini terdapat sedikit teladan pantun nasehat anak, orang tua, berguru dan agama.

Baca Juga:   Pengertian Dan Tumpuan Konjungsi Korelatif

Contoh Pantun Nasehat Anak

Contoh pantun nasehat yang pertama ialah kategori anak. Kategori ini cocok untuk anak anak SD, SMP, Sekolah Menengah kejuruan dan sederajat. Hal ini disebabkan terdapat manfaat yang baik dalam membangkitkan semangat berguru mereka, serta didalamnya juga terdapat imbuhan pantun jenaka yang menghibur. Imbuhan tersebut bertujuan supaya pantun tak terkesan membosankan dan mengakibatkan semangat lebih berkobar. Anda sanggup membuat teladan pantun nasehat yang indah dengan menambahkan kata mutiara wacana ketulusan dibermacam bidang. Jenis pantun nasehat sangat dibutuhkan dalam melatih mental anak supaya lebih gampang bergaul fengan sahabat lain.

Baca juga: Pengertian Puisi, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur dan Contoh Puisi

Jika anda merasa malas belajar, maka sanggup mengingat teladan pantun nasehat ini. Dengan kata lain kita berharap supaya generasi muda terdapat semangat yang tinggi. Berikut sedikit teladan pantun nasehat anak:

Angan angan di langit biru
Birunya menyerupai buku
Hanya kepercayaan dan ilmu
Yang menilai derajatmu

Ada ular bersisik sisik
Sisiknya sangat bahaya
Lakukan nasehat yang baik
Agar hidup sanggup bahagia

Baca juga: 24 Contoh Pantun Jenaka (Anak, Remaja, Cinta, Lucu, Pendidikan dan Sindiran)

Jalan jalan sama rombongan
Perginya dari pagi
Ilmu bukanlah kesomboongan
Dipelajari supaya rendah hati

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pantun nasehat untuk anak berisikan bermacam nasehat secara tersirat yang terjadi dalam kehidupan sehari hari. Selain teladan pantun nasehat untuk anak diatas masih terdapat bermacam teladan pantung yang sanggup kita cari dan temukan di bermacam media baik media cetak inginpun elektronik.

Orang orang ikut rapat
Rapatnya gres dan luas
Jika ingin ilmu bermanfaat
Pergilah ke guru dengan ikhlas

Ada ayam kehilangan bulu
Bulunya kemana mana
Jika ingin senang selalu
Raihlah ilmu apa adanya

Contoh Pantun Nasehat Orang Tua

Contoh pantun nasehat selanjutnya ialah kategori orang tua. Pantun nasehat orang renta ialah jenis pantun nasehat dari orang renta kepada anaknya. Namun sebuah nasehat terkadang tak sanggup eksklusif dipahami oleh sang anak. Maka dari itu kita memerlukan cara lain yang lebih gampang dan baik. Selain itu, nasehat yang diberikan juga tak menyinggung perasaan anak dan lebih gampang masuk serta dipahami dengan baik. Nasehat tersebut sanggup diwujudkan dalam bentuk pantun namun tetap menghibur. Dengan begitu nasehat yang terdapat didalamnya sanggup gampang dipahami oleh anak, orang tua, guru dan sebagainya. Dibawah ini terdapat teladan pantun nasehat orang tua.

Baca Juga:   8 Rujukan Latar Belakang Laporan Pkl (Prakerin) Yang Baik Dan Benar

Ibu Ibu membeli jamu
Jamunya kaya harga
Hormatilah ibumu
Karena Ibu pintu ke surga

Masak nasi tambah cuka
Cukanya dari mamat
Lihatlah anak durhaka
Tersiksa didunia dan akhirat

Pergi ke sawah menanam padi
Kesana tanpa beralas
Tanamlah budi
Dan jangan meminta balas

Orang renta merupakan salah satu orang yang wajib dihormati. Sebagai seorang anak inginpun orang yang lebih muda kita harus pandai pintar mengolah kata dalam berbicara dengan orang renta supaya tak menyinggung perasaan mereka. Untuk menawarkan saran inginpun nasehat pada orang yang lebih renta juga harus memakai bahasa yang sopan dan santun. Kita sanggup memakai teladan pantun nasehat untuk orang renta untuk menawarkan nasehat secara tak langsung.

Harta emas dari berlayar
Masak nasi pakai elpiji
Hutang emas sanggup dibayar
Hutang kebijaksanaan di bawa mati

Ada udang di balik batu
Batunya raksasa
Kasih adminng ibu
Sepanjang masa

Contoh Pantun Nasehat Belajar

Contoh pantun nasehat selanjutnya ialah kategori belajar. Belajar ialah kewajiban semua anak, namun terkadang para anak kehilangan semangat belajarnya. Semangat tersebut sanggup naik ataupun turun tergantung kondisi belajar. Maka dari itu kita harus membuat alternatif berguru yang lebih menyenangkan. Dengan begitu semangat akan meningkat dan anak sanggup lebih cerdas. Salah satu alternatif berguru menyenangkan ialah disaapabilan dalam bentuk pantun. Berikut sedikit teladan pantun nasehat belajar:

Raja siang telah tiba
Mengawali hari harimu
Dengarlah wahai ananda
Belajar ialah kiprah utamamu

Ayam jawa ayam kalkun
Disaapabilan dengan nampan
Belajar dengan tekun
Membawa kebahagiaan masa depan

Ada talas besar berjajar jajar
Dibawa ke pasar Rara
Waktu kecil malas belajar
Waktu besar akan sengsara

Baca Juga:   20+ Teladan Kalimat Memakai Kata Sandang Sang Dan Si

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan selagi kita masih muda. Tidak hanya kaum muda saja, namun dikala kita beranjak renta kita juga diharuskan untuk tetap belajar. Hal ini disebabkan alasannya ialah berguru merupakan proses keberlangsungan dari kita lahir hingga kemudian kita mati. Namun sebagian orang masih merasa malas untuk belajar, teladan pantun nasehat untuk berguru ini sanggup membantu kita mengingatkan orang untuk tetap semangat dalam belajar.

Poho Kweni berjajar jajar
Daunnya tak dimakan
Jika kau rajin belajar
Khasiatnya sanggup kau rasakan

Matanya sayu sayu
Karena kurang tidurnya
Orang yang berilmu
Akan gampang hidupnya

Contoh Pantun Nasehat Agama

Contoh pantun nasehat yang terakhir ialah kategori agama. Pantun nasehat agama ialah media nasehat dalam mengingatkan dan mengajak kebaikan beragama. Jenis pantun ini juga kaya dipakai untuk sarana dakwah. Ilmu agama merupakan ilmu yang utama alasannya ialah sanggup membuat insan hidup bahagia, baik dunia inginpun akhirat. Berikut sedikit teladan pantun nasehat agama:

Cahaya mentari sangat hangat
Hangatnya sangat menyengat
Belajar dengan semangat
Ditambah dengan niat

Menulis pakai daun lontar
Daunnya berbisik bisik
Belajar bukan sekedar menjadi pintar
Namun mengakibatkan diri lebih baik

Agama merupakan penggalan dari spiritual manusia, sebagai seorang insan beradab tentunya kita terdapat keyakinan adanya Tuhan (Allah). Untuk tetap mengingatkan dan menawarkan nasehat pentingnya agama dalam kehidupan kita sanggup memakai teladan pantun nasehat wacana agama menyerupai dibawah ini.

Kami tiba dengan teman
Bawanya kerikil akik
Al Alquran merupakan pedoman
Menjadi pribadi lebih baik

Banyak nila di dalam kotak
Kolamnya ditambah tiram
Bila ilmu lebih dalam
Menjadikan hati lebih tentram

Aku cinta kamu
Mengharap ada balas
Bila hati di penuhi ilmu
Jiwa besar pikiran luas

Inilah sedikit teladan pantun nasehat anak, teladan pantun nasehat orang tua, teladan pantun nasehat belajar, dan teladan pantun nasehat agama yang sanggup admin bagikan. Pantun nasehat ialah jenis pantun yang didalamnya terdapat pesan moral dan penyajiannya ditambahkan dengan pantun jenaka supaya lebih menyenangkan. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. Terima kasih.

About CerdaskanKita

Check Also

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai-Nilai Cerpen)

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Unsur intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai Nilai Cerpen) – Cerpen …