Home / Bahasa indonesia / Pengertian Nomina Dan Pronomina Beserta Contohnya

Pengertian Nomina Dan Pronomina Beserta Contohnya

Pengertian Nomina dan Pronomina Beserta ContohnyaDalam pelajaran Bahasa Indonesia kita kerap memakai kata benda (nomina) inginpun kata mengganti (pronomina) dalam sebuah kalimat. Kedua jenis kata tersebut tentunya sudah tak aneh lagi. Meskipun begitu, masih ada sebagian orang yang belum mengerti perihal pengertian nomina dan pengertian pronomina. Bahkan pola nomina dan pola pronomina tersebut kerap terbalik.

Pengertian Nomina dan Pronomina Beserta Contohnya Pengertian Nomina dan Pronomina Beserta Contohnya

Lalu apa itu Nomina? Apa itu Pronomina? Nomina dan Pronomina dipakai untuk mekompleksi sebuah kalimat biar menjadi lebih baik. Kedua jenis kata ini masih sanggup dibagi lagi menjadi sedikit jenis. Pada hari ini kali ini admin akan membahas perihal pengertian nomina, pengertian pronomina, pola nomina dan pola pronomina. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

Pengertian Nomina dan Pronomina Beserta Contohnya

Untuk pembahasan ini, admin akan membagi menjadi sedikit sub sajian yakni pengertian nomina dan pengertian pronomina. Untuk kategori nomina admin akan menambahkan penterangan seputar jenis jenis nomina beserta pola nominanya. Sedangkan untuk kategori pronomina, admin juga akan menambahkan penterangan seputar jenis jenis pronomina beserta pola pronomina.

Baca juga : Menentukan Keteladanan dan Keistimewaan Tokoh Dalam Teks Biografi Lengkap

Pengertian Nomina

Pengertian nomina yakni seluruh kata yang dijadikan sebagai kata benda. Pengertian nomina dalam Bahasa Indonesia sanggup dibagi menjadi dua makna yaitu menurut makna semantik dan makna sintaksis. Pengertian nomina menurut semantik yakni sebuah kata yang merujuk pada nama, benda, manusia, inginpun segala hal yang dibendakan. Sedangkan untuk pengertian nomina menurut sintaksis yakni kata yang dipakai sebagai pekompleks perdikat verba, subjek, ataupun objek.
Contoh nomina dalam kalimat:
  1. Pak Ridho membangun rumah. (Kata “Pak Ridho” merupakan benda hidup yang dipakai sebagai subjek. Kemudian kata “rumah” merupakan benda mati yang dipakai sebagai objek. Kedua kata ini merupakan pola kata nomina alasannya dibendakan).
  2. Vina lagi menciptakankan Dina nasi goreng. (Kata “nasi goreng” berkhasiat untuk mekompleksi kalimat sesampai lalu dibendakan, maka dari itu termasuk kedalam pola nomina)
Jenis Jenis Nomina

Nomina sanggup dibagi menjadi sedikit jenis. Berikut jenis jenis nomina beserta contohnya:
Nomina Konkret
Jenis nomina yang pertama yakni nomina konkret. Pengertian nomina positif yakni kata benda yang bentuknya sanggup dideskripsikan, nyata, dan sanggup dilihat oleh panca indra. Contoh nomina positif yaitu pulpen, buku, meja, pensil, dan sebagainya.
Nomina Khusus
Jenis nomina selanjutnya yakni nomina khusus. Pengertian nomina khusus yakni kata benda yang dipakai untuk nama benda tertentu. Contoh nomina khsusus yaitu nama kota, nama negara, nama orang dan sebagainya.
Nomina Umum
Jenis nomina selanjutnya yakni nomina umum. Pengertian nomina umum yakni kata benda yang dipakai untuk umum. Contoh nomina umum yaitu desa, pelajar, murid, sepak bola dan sebagainya.
Nomina Kolektif
Jenis nomina selanjutnya yakni nomina kolektif. Pengertian nomina kolektif yakni kata benda yang dipakai untuk benda benda yang terdapat arti kumpulan. Contoh nomina kolektif yaitu semua, sekelompok manusia, hadirin, majelis, dan sebagainya.

Baca juga : Pengertian Surat Klaim (Keluhan) Beserta Contohnya

Nomina Abstrak
Jenis nomina yang terakhir yakni nomina abstrak. Pengertian nomina absurd yakni kata benda yang bentuknya tak terlihat dan tak sanggup dideskripsikan oleh panca indera. Contoh nomina absurd yaitu kecewa, bahagia, cinta, kemerdekaan, dan sebagainya.

Pengertian Pronomina

Pengertian pronomina yakni kata yang dipakai untuk kata mengganti nomina lain. Pronomina sanggup disebut sebagai “Kata Ganti” yang dipakai untuk mengmengganti nomina lain. Contoh pronomina yaitu “Dia” sebagai kata mengganti nama seseorang, “-nya” sebagai kata mengganti dingklik ataupun meja. Pronomina terdapat pengertian yang hampir sama dengan pengertian nomina secara sintaksis. Hal ini disebabkan pronomina juga sanggup dijadikan sebagai subjek inginpun objek.
Jenis Jenis Pronomina
Pronomina sanggup dibagi menjadi sedikit jenis. Berikut jenis jenis pronomina beserta contohnya:

Pronomina Persona
Jenis pronomina yang pertama yakni pronomina persona. Pengertian pronomina persona yakni pronomina yang merujuk kata mengganti orang. Pronomina ini masih sanggup dibagi lagi menjadi tiga kategori yakni:
  1. Pronomina persona pertama (kata mengganti orang pertama) merupakan pronomina yang bentuknya baku serta penggunaannya berbeda satu sama lain. Maka dari itu pronomina ini dipakai untuk situasi tertentu sesuai porsinya. Contoh pronomina persona pertama yakni aku, ku dan admin. Contoh pronomina ku dan saya biasanya dipakai untuk situasi non formal. Sedangkan pola pronomina admin dipakai untuk situasi formal.
  2. Pronomina persona kedua (kata mengganti orang yang diajak bicara). Contoh pronominanya yaitu engkau, kamu, ataupun anda. Untuk pronomina engkau berfungsi sebagai kata mengganti dalam sebuah puisi. Pronomina kau dan kau dipakai dalam situasi non formal. Kemudian untuk pronomina anda dipakai dalam situasi formal.
  3. Pronomina persona ketiga (kata mengganti orang yang dibicarakan). Contoh pronominanya yaitu -nya, dia, ia. Untuk situasi formal dan non formal sanggup memakai pronomina -nya, dan ia. Sedangkan untuk situasi non formal saja sanggup memakai pronomina dia.
Pronomina Petunjuk

Jenis pronomina selanjutnya yakni pronomina petunjuk. Pengertian pronomina pentujuk yakni pronomina yang dipakai sebagai penunjuk umum, kawasan dan arah. Contoh pronomina petunjuk yaitu ini, itu, disana, disitu, dan sebagainya.

Baca Juga:   Teks Jawaban Kritis, Pengertian Referensi Dan Struktur Teks Jawaban Kritis

Pronomina Penanya
Jenis pronomina yang terakhir yakni pronomina penanya. Pengertian pronomina penanya yakni pronomina yang dipakai untuk bertanya perihal manusia, pilihan inginpun barang. Contoh pronomina penanya yaitu apa, siapa, mana, dan sebagainya.

Demikianlah penterangan seputar pengertian nomina, pengertian pronomina, pola nomina dan pola pronomina. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

About CerdaskanKita

Check Also

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai-Nilai Cerpen)

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Unsur intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai Nilai Cerpen) – Cerpen …