Home / Sains / Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya

Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya

Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta ContohnyaDaun merupakan potongan dari tumbuhan yang terdapat di batang ataupun ranting. Daun umumnya berwarna hijau lantaran didalamnya terdapat kandungan krorofil. Bagian tumbuhan ini juga menyerap sinar matahari untuk melaksanakan proses fotosintesis atau pembuatan makanannya sendiri. Hampir seluruh tumbuhan terdapat daun yang  berkhasiat sebagai kawasan pembuatan makanan. Namun tak semua bentuk tulang daun pada tumbuhan sama. Setiap tumbuhan terdapat macam macam bentuk tulang daunnya sendiri. Hal ini disebabkan struktur dan susunan setiap tumbuhan berbeda.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa dalam daun terdapat zat klorofil yang dipakai sebagai materi dasar dalam proses fotosintesis. Selain itu adapula materi lain yaitu air (H2O), gas Karbon Dioksida (CO2) dan cahaya matahari. Kemudian materi bahan tersebut diubah menjadi Gula dan gas Oksigen (O2). Proses perubahan seyawa inilah yang dinamakan fotosintesis. Pada hari ini kali ini admin akan membahas seputar macam macam bentuk tulang daun beserta contohnya. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya

Dalam tumbuhan terdapat sedikit jenis daun yang dikategorikan sebagai daun kompleks dan daun tak kompleks. Daun kompleks merupakan jenis daun yang terdiri dari tangkai daun, helaian daun dan pelepah daun. Misalnya tumbuhan pisang dan bambu. Sedangkan untuk jenis daun yang tak kompleks merupakan jenis daun yang tak terdapat potongan bagian yang kompleks. Tenamun semua itu ditunjang dengan bermacam macam bentuk tulang daun yang terdapat didalamnya.

Baca juga : Bentuk Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan

Sebelum membahas seputar macam macam bentuk tulang daun dan contohnya, admin akan membahas seputar fungsi daun secara umum bagi tumbuhan. Berikut fungsinya:
  1. Untuk tampat fotosintesis (proses pembuatan kuliner sendiri).
  2. Alat pernapasan tumbuhan melalui lisan daun (stomata) yang terletak dibagian permukaan daun.
  3. Tempat terjadinya penguapan air, apabila kandungan air dalam tumbuhan terlalu kaya.
Baca Juga:   Pengertian Saraf Simpatik Dan Parasimpatik Beserta Perbedaan
Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya
Bentuk Tulang Daun

Macam Macam Bentuk Tulang Daun

Berikut penterangan seputar macam macam bentuk tulang daun beserta contohnya:

Baca juga : Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya

Tulang Daun Menyirip
Bentuk tulang daun yang pertama yaitu tulang daun menyirip. Bentuk tulang daun ini terdapat struktur daun menyerupai sirip ikan. Contohnya daun jambu, daun mangga, dan daun nangka.
Tulang Daun Menjari
Bentuk tulang daun selanjutnya yaitu tulang daun menjari. Bentuk tulang daun ini terdapat struktur daun menyerupai jari tangan. Contohnya daun pepaya dan daun jarak.
Tulang Daun Melengkung
Bentuk tulang daun selanjutnya yaitu tulang daun melengkung. Bentuk tulang daun ini terdapat struktur daun menyerupai garis melengkung. Contohnya daun sirih dan daun genjer.
Tulang Daun Sejajar
Bentuk tulang daun selanjutnya yaitu tulang daun sejajar. Bentuk tulang daun ini terdapat struktur daun menyerupai garis lurus sejajar. Contohnya rumput teki, alang alang dan tumbuhan tebu.

Demikianlah penterangan seputar macam macam bentuk tulang daun beserta pola tanamannya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih. 

About CerdaskanKita

Check Also

Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan Beserta Daerah Berlangsungnya

Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Beserta Tempat Berlangsungnya – Di dunia ini terdapat benda benda mati dan …