Home / Bahasa indonesia / 10 Pola Dongeng Fabel Singkat Dan Pendek Beserta Strukturnya

10 Pola Dongeng Fabel Singkat Dan Pendek Beserta Strukturnya

10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta StrukturnyaTerdapat bermacam jenis teks dalam bahasa indonesia, salah satunya merupakan teks dongeng bergaya narasi (karangan) ibarat dongeng fabel. Cerita sendiri sangat digemari oleh kaya orang alasannya yaitu bersifat menghibur pembaca melalui alur dan bermacam unsur dongeng tersebut. Sebagaimana yang kita ketahui, dongeng juga terdapat bermacam-macam kategori, contohnya dongeng fabel, dongeng dongeng, dongeng mitos dan lain lain. Namun dongeng yang cukup kaya digemari ialah rujukan dongeng fabel pendek.

Banyak sekali rujukan contoh dongeng fabel singkat inginpun pendek yang sanggup kita jumpai, baik secara online ataupun offline. Bahkan tak jarang dongeng fabel tersebut diterbitkan dalam sebuah buku dongeng anak. Dibalik dongeng fabel tersirat pesan moral yang sanggup diambil. Teks dongeng fabel ialah salah satu jenis teks bahasa indonesia yang menceritakan kehidupan binatang dengan sikap hampir ibarat manusia.

 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
Contoh dongeng fabel pendek beserta strukturnya

Cerita fabel intinya termasuk kedalam jenis dongeng fiksi dan tak ada unsur nyata. Cerita tersebut dibentuk memakai unsur imajinasi tanpa mengaitkannya pada kehidupan nyata. Cerita fabel biasanya disebut dongeng moral alasannya yaitu didalamnya terdapat pelajaran yang sanggup diambil. Pada umumnya dongeng fabel mempunyai kandungan tokoh tokoh binatang. Cerita tersebut terdapat kemiripan dengan kehdupan insan berserta abjad karakternya. Pada hari ini kali ini admin akan membagikan sedikit rujukan dongeng fabel singkat dan pendek beserta struktur dongeng fabel. Langsung saja sanggup anda baca dibawah ini.

10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya

Dalam dongeng fabel terdapat tokoh binatang dengan abjad yang terdapat kemiripan dengan sifat manusia. Sifat tersebut sanggup berupa kebaikan ataupun keburukan. Para tokoh binatang terdapat sifat yang sopan, jujur, bahagia bersobat, pandai inginpun sifat sifat terpuji lainnya. Namun para tokoh binatang juga terdapat sifat sombong, suka menipu, ingin menang sendiri, licik, culas inginpun sifat tercela lainnya.

Baca juga : Contoh Majas Personifikasi Beserta Penterangan

Cerita fabel menjadi sarana inginpun daerah yang cukup sanggup mengatakan nilai atau pesan moral. Pada pembuatan rujukan dongeng fabel singkat juga harus memperhatikan struktur dongeng fabel yang berlaku. Struktur tersebut dipakai untuk membuat ceritanya menjadi lebih menarik.

Struktur Cerita Fabel

Struktur ialah suatu hal yang dipakai untuk menyebarkan suatu teks. Struktur dongeng fabel mencakup resolusi, orientasi, komplikasi inginpun koda. Berikut penterangan seputar struktur dongeng fabel :

  • Koda ialah struktur dongeng fabel yang terdapat dibagian simpulan cerita. Struktur tersebut biasanya mempunyai kandungan amanat ataupun pesan pada cerita.
  • Resolusi ialah struktur dongeng fabel yang berisi cara memecahkan duduk kasus yang dialami oleh tokoh cerita.
  • Komplikasi ialah struktur dongeng fabel yang mempunyai kandungan titik puncak ataupun puncak dari duduk kasus yang dialami oleh tokoh cerita.
  • Orientasi ialah struktur dongeng fabel yang terdapat dibagian simpulan cerita. Dalam struktur ini biasanya mempunyai kandungan latar tempat, perkenalan tokoh, waktu, inginpun perkenalan background.
Baca Juga:   8 Pola Epilog Makalah Yang Baik Dan Benar Terlengkap

Selain struktur, dalam rujukan dongeng fabel biasanya juga terdapat kaidah kebahasaan yang juga menjadi ciri ciri khusus dari jenis teks dongeng ini. Adapun ciri cirinya merupakan ibarat mirip dongeng narasi atau karangan. Jika anda

Contoh Cerita Fabel Singkat Pendek

Sebagaimana yang admin sampaikan diatas bahwa kita sanggup menemukan bermacam rujukan dongeng fabel pendek kompleks dengan strukturnya di bermacam media baik cetak inginpun non cetak. Terlebih lagi apabila kita masih duduk di dingklik sekolah tentunya dengan gampang kita akan menjumpai rujukan dongeng fabel ini.

Dibawah ini telah admin saapabilan sedikit rujukan dongeng fabel terbaik yang sanggup kita ambil hikmahnya ataupun sekedar kita jadikan sebagai bacaan ringan. Setiap rujukan dongeng dibawah terdapat penokohan, alur, latar, dan setting yang berbeda beda, jadi silahkan baca dongeng fabel dibawah ini.

Contoh Cerita Fabel Singkat “Katak dan Ular Piton”
Disebuah danau hiduplah dua binatang berjulukan katak dan ular air. Katak tersebut melompat lompat disekitar danau alasannya yaitu ia termasuk binatang yang suka ingin tahu. Katak tersebut ingin mencari aktivitas gres dengan cara berpetualang disekitar danau. Dengan senangnya sang katak melompat lompat menjauhi danau. Iapun terkejut alasannya yaitu ada semak semak yang goyang. Ternyata dibalik semak semak tersebut muncullah ular piton. Katakpun kaget dan berbisnis menjauhi ular piton, kemudian ia berbisnis kembali ke danau lagi. Sebelum katak menjauhi ular, ternyata si piton menyadari keberadaan katak. Ular tersebut berbisnis mendekati katak dan merayap dengan cepat.

 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
contoh dongeng fabel singkat dan pendek tentnag katak dan ular piton

Setelah ular akrab dengan katak, ia segera mengangkat kepalanya dengan tinggi dan berkata, “ Hai katak gemuk apa yang kau lakukan dihutan ini?” Katak tersebut takut dengan ular dan berbisnis untuk menjauh. Sang ular pun berkata bahwa ia tak akan memakan katak alasannya yaitu ia sudah memakan kelinci kecil. Kemudian sang kata berkata, “ Aku ingin berpetulang dan mencari aktivitas baru”. Sang ular menunjukkan petualangan yang seru dan katakpun ingin. Apabila katak ingin mencoba petualangan baru, ia harus menjelajahi hutan sendirian. Katakpun belum pernah menelusuri sekitar hutan alasannya yaitu ia takut dimangsa binatang hewan buas lainnya.

Baca juga : Pengertian, Jenis Jenis dan Contoh Majas Dalam Puisi

Sang ular meawarkan dukungan untuk menemani katak menjelajahi hutan. Ia berkata,” Wahai ular carilah tali dan ikatkan pada ekorku.” Sang kata bertanya, “ Untuk apa tali itu?” Tali tersebut untuk menjaga supaya katak tak tertinggal jauh saat dihutan, jadi ia tetap kondusif bersama ular. Katak tersebut tak pikir panjang dan mendapatkan tawaran  ular. Katakpun mencari tali dan mengikatkan perutnya dengan ekor sang ular. Setelah itu mereka berjalan menjelajahi hutan, hingga ditengah hutan sang ular terdapat niat buruk. Ia ingin berbisnis membelit katak. Ular tesebut berbisnis membelit katak namun badan katak disambar oleh elang dan digelantungkan di udara. Elang gres saja menyadari bahwa ia juga menangkap piton alasannya yaitu ekornya terikat dengan katak.

Pesan moral dari rujukan dongeng fabel singkat diatas yaitu jauhilah niat jelek terhadap orang lain alasannya yaitu dikemudian hari akan merugikan kita.

Contoh Cerita Fabel Singkat “Kelinci dan Siput”
Pada jaman dahulu hiduplah dua binatang dihutan yang luas. Binatang itu ialah kelinci dan siput. Kelinci tersebut terdapat sifat sangat sombong dan pemarah. Bahkan sang kelinci kerap meremehkan binatang hewan lainnya. Ketika ia berjalan jalan disekitar hutan, kelinci itu bertemu sang siput berjalan dengan lambatnya. Kelinci berkata, “ Siput, apa yang kau lakukan disini?” Siput menjawab,” Aku lagi mencari penghidupan.” Kelinci tersebut malah murka alasannya yaitu ia berpikir sang siput hanya berlagak mencari penghidupan. Si siput berbisnis menterangkan maksud jawabannya gres saja namun kelinci tetap saja murka bahkan ia juga mengancam akan menginjak badan siput.

Baca Juga:   28 Referensi Pantun Teka Teki Beserta Jawabannya
 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
contoh dongeng fabel pendek perihal siput dan kelinci

Akhirnya siput menantang tabrak kecepatan dengan kelinci. Mendengar tantangan tersebut sang kelinci murka besar. Ia mendapatkan anjuran siput dan berkata dengan keras supaya binatang hewan lain menjadi saksi perlombaan lari antara kelinci dengan siput. Hari perlombaan tiba, kelinci dan siput gres saja berlomba lari untuk hingga kefinish. Namun sebelumnya si siput terdapat nalar untuk meminta siput siput lainnya berada di titik titik jalur lomba lari hingga ke finish. Hal ini disebabkan cangkang semua siput memiiliki kesamaan, dengan begitu binatang hewan lain tak akan curiga. Kelincipun melompat dan berlari meninggalkan siput dijalur start. Akhirnya rencana siput berjalan lancar dan jadinya siput gres saja menjadi pemenang walaupun sesungguhnya yang memasuki finish ialah temannya. Dengan kemenangan siput membuat kelinci menjadi tak sombong dan tak pemarah lagi.

Pesan moral rujukan dongeng fabel singkat diatas ialah jangan suka meremehkan orang lain dengan kesombongan kita. Kesombongan tersebut akan membuat kita rugi dan menyesal dikemudian hari.

Contoh Cerita Fabel Pendek “Gajah, Kerbau dan Hariingin”
Suatu hari ada seekor kerbau mencari gajah didalam hutan. Kerbau tersebut mencari gajah untuk menemaninya mencari masakan dihutan. Setelah usang mencari jadinya kerbau melihat gajah yang lagi berjalan. Gajah tersebut ingin menemani kerbau untuk mencari makanan, tenamun sebelum bertemu gajah sang kerbau menemui hariingin terlebih dahulu. Sang kerbau juga meminta hariingin untuk menemaninya mencari masakan dihutan dan hariingin mendapatkan ajakannya. Setelah kerbau mengumpulkan gajah dan hariingin. Kemudian mereka berbisnis melaksanakan perburuan masakan bersama. Mereka berbisnis menangkap binatang hewan lain dan merebut masakan binatang lain juga. Ketiga binatang itu bekerja sama untuk memburu masakan dihutan.

Baca juga : Jenis Jenis Prosa Lama dan Prosa Baru

Hewan binatang tersebut mulai dari pagi hingga sore mencari makanan. Mereka berhasil menangkap binatang lain dan merebut makanannya. Berbagai jenis masakan dikumpulkan mulai dari buah buahan hingga binatang hewan hidup. Hariingin menunjuk kerbau untuk membagi makanannya. Kerbau tersebut menghitung kayanya masakan dan membagi  tiga dengan adil. Sang hariingin merasa tak adil dan marah, jadinya ia menerkam kerbau dan tumpukan makanannya menjadi bertambah. Setelah itu hariingin menunjuk gajah untuk membagi makanannya. Akhirnya alasannya yaitu hariingin merasa masih kurang jadinya ia juga menerkam gajah. Hariingin tersebut serakah alasannya yaitu merasa kekurangan masakan dan menerkam kedua temannya gres saja.

Pesan moral dari rujukan dongeng fabel pendek diatas ialah jangan terdapat sifat serakah dan kurang supaya tak dijauhi oleh orang lain.  Karena pada suatu hari kita akan membutuhkan dukungan orang lain juga. Namun pada jadinya orang lain tak ingin untuk membantu kita.

Contoh Cerita Fabel Pendek “Kancil dan Anjing Pemburu”
Disebuah hutan ada pemburu yang ditemani anjingnya. Ia mencari binatang hewan hutan untuk dimangsanya. Anjing tersebut dilatih untuk memburu binatang hewan dihutan. Pemburu tersebut jadinya mencari buruannya bersama sang anjing. Ditengah tengah pemburuannya, ia melihat kancil lagi makan. Ia berbisnis mengejar sang kancil hingga jadinya sang kancil tertangkap.  Sang kancil berbisnis keras mengindari pemburu dan anjingnya. Namun apa daya beliau malah tertangkap dan dimasukkan ke dalam kandang. Sang kancil termasuk binatang yang akil dihutan. Ia berbisnis keluar dari sangkar tesebut. Sang kancil berbisnis menipu anjing gres saja supaya ia sanggup membantu mengeluarkannya dari kandang. Kancil berkata bahwa ialah yang diadminng oleh pemburu alasannya yaitu kancil diberikan masakan yang kaya dan diberikan kasih adminng lebih. Ia juga berkata bahwa anjing gres saja akan dimenggantikan oleh kancil.

Baca Juga:   Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai-Nilai Cerpen)
 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
contoh dongeng fabel singkat perihal kancil dan anjing pemburu

Dengan berpikir panjang jadinya anjing berhasil ditipu oleh sang kancil. Ia terpengaruhi kata katanya dan tak terima atas perkataan kancil. Akhirnya anjing membuka pintu sangkar dan mengusir kancil dari tempatnya. Anjing juga mengancam kancil apaila ia masih mendekati pemburu, ia akan dimangsa oleh anjing. Sang kancilpun menjauhi temoat pemburu gres saja dan berbisnis meloloskan diri. Sang pemburu tiba untuk mengambil buruannya. Melihat buruannya yang lepas membuat pemburu sangat marah. Pemburu gres saja jadinya murka kepada anjing gres saja. Dengan akal kancil menciptakannya terlepas dari ancaman yang mengancamnya.

Pesan moral dari rujukan dongeng fabel diatas ialah apabila kita mempunyai semangat dan cita-cita berpengaruh untuk mewujudkannya. Maka cepat atau lambat niscaya cita-cita tersebut akan terwujud.

Karena bersifat membangun kepribadian, dongeng fabel ini kaya dipakai orang bau tanah untuk mengatakan pesan moral pada anak anaknya. Lebih jauh lagi, rujukan dongeng fabel juga dijadikan sebagai bahan dalam mata pelajaran bahasa indonesia di sekolah khususnya SD hingga kemudian SMP.

Demikianlah penterangan seputar rujukan fabel singkat dan pendek beserta pesan moral dan struktur dongeng fabel. Perlu kita ingat kembali bahwa dongeng fabel merupakan sebuah dongeng bergaya narasi yang merupakan karangan fiktif belaka.

Digunakan untuk menghibur pembacanya melalui alur dongeng lucu dan hal yang paling menonjol dari dongeng fabel merupakan abjad dalam dongeng merupakan binatang yang sanggup berbicara layaknya manusia. Terimakasih telah membaca rujukan dongeng fabel singkat dan pendek beserta strukturnya.

About CerdaskanKita

Check Also

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai-Nilai Cerpen)

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Unsur intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai Nilai Cerpen) – Cerpen …