Home / Bahasa indonesia / Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Pola Lengkap

Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Pola Lengkap

Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Contoh LengkapKalimat yaitu serangkaian kata yang sanggup bangun sendiri dan sanggup dihubungkan menjadi satu hingga kemudian membentuk sebuah makna tertentu. Kalimat dalam Bahasa Indonesia sanggup dibagi menjadi sedikit jenis menyerupai kalimat majemuk, kalimat sumbang (tak padu), dan sebagainya. Salah satu jenis kalimat yang kerap dipakai sebagai soal soal ujian saat masih dibangku sekolah yaitu kalimat sumbang atau kalimat tak padu. Jenis kalimat ini merupakan kalimat yang salah satunya tak berkaitan dengan kalimat utama. Lalu bagaimana cara menemukan kalimat sumbang? Nah kali ini admin akan membahas seputar pengertian kalimat sumbang beserta pola kalimat sumbang. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

Kalimat yaitu serangkaian kata yang sanggup bangun sendiri dan sanggup dihubungkan menjadi sa Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Contoh Lengkap

Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Contoh Lengkap

Dalam pembahasan ini, admin akan terangkan menjadi dua sub hidangan yakni pengertian kalimat sumbang dan pola kalimat sumbang. Untuk pengertian kalimat sumbang tersebut berisi ciri ciri kalimat sumbang dan cara menemukan kalimatnya. Berikut ulasan sekompleksnya:

Pengertian Kalimat Sumbang

Pengertian kalimat sumbang secara singkat yaitu jenis kalimat yang tak berkaitan dengan gagasan utama atau keluar dari topik pembicaraan. Adapula pengertian kalimat sumbang berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu kalimat yang bertolak belakang dan tak mendukung kalimat utamanya. Kalimat sumbang sanggup disebut sebagai kalimat tak padu. Hal ini disebabkan dalam menuangkan ide/gagasan terdapat kesalah pahaman penulisan sesampai kemudian membuat kalimatnya terdengar rancu (tak terang). Untuk membedakannya dengan kalimat lain, kalimat sumbang terdapat ciri ciri kalimatnya sendiri. Sebelum beranjak menuju pola kalimat sumbang atau pola kalimat tak padu, silahkan baca ciri ciri kalimat sumbang dibawah ini:
  1. Kalimatnya bertolak belakang dengan gagasan utama yang ingin disampaikan penulis. Maka dari itu, anda sanggup menemukannya dengan gampang apabila teliti.
  2. Kalimatnya tak hanya bertolak belakang tenamun juga tak nyambung dengan kalimat kalimat sebelumnya.
  3. Kalimatnya keluar dari kalimat inti dalam paragraf.
Dalam pengertian kalimat sumbang ini, admin juga akan membagikan sedikit cara menemukan kalimat sumbang dengan mudah. Berikut cara menemukan kalimat sumbang :

  • Langkah pertama yaitu membaca paragraf secara menyeluruh. Setelah itu carilah kalimat  utama dan kalimat penterangnya.
  • Jika anda sudah menemukan kalimat utama dan kalimat penterang, perhatikan satu persatu kalimat kalimatnya apakah saling berkaitan/berhubungan satu sama lain. Contohnya kalimat  utamanya tak sesuai dengan kalimat penterangnya ataupun sebaliknya. Jika terdapat kalimat yang keluar dari topik pembicaraa (kalimat inti) maka kalimat tersebut sanggup dikategorikan sebagai kalimat tak padu (sumbang).
  • Untuk memastikannya lagi, maka baca ulang paragraf tersebut.

Contoh Kalimat Sumbang

Dibawah ini terdapat sedikit pola kalimat sumbang yang telah admin saapabilan untuk anda.
Contoh 1
Desaku terdapat alam yang asri dan nyaman (1). Disekeliling kampungpun udaranya sangat sejuk dan segar, bahkan tak ada polusi sedikitpun (2). Disetiap rumah dan jalan juga masih ada pepohonan yang hijau dan rindang (3). Orang orang lagi lelap tertidur (4). Selain asri, desaku juga permai alasannya masih terdapat sawah hijau yang terbentang luas (5). Keindahan desaku tak hanya itu alasannya desaku seolah olah diselimuti permadani emas dikala panen tiba (6). Apalagi didesaku juga terdapat sungai yang jernih dan terawat sesampai kemudian menambah kenyamanan disini (7).
Berdasarkan pola kalimat sumbang diatas sanggup kita temukan kalimat utamanya yaitu “Desaku terdapat alam yang asri dan nyaman”. Kemudian kalimat penterangnya yaitu kalimat nomor 2, 3, 5, 6, dan 7. Untuk kalimat nomor 4 termasuk kalimat sumbang alasannya keluar dari kalimat inti.
Kalimat nomor 4 yaitu “Orang orang lagi lelap tertidur”. Hal ini tentunya tak berkaitan dengan kalimat utama, maka dari itu dikatakan sebagai kalimat sumbang atau kalimat tak padu.
Contoh 2
Olahraga merupakan kunci kesehatan badan (1). Dengan berolahraga, metabolisme dalam badan akan meningkat dan bekerja dengan baik sesampai kemudian peresapan zat makanan sanggup berjalan dengan maksimal (2). Nutrisi makanan yang telah terserap akan bermanfaat untuk organ organ dalam badan kita (3). Apabila organ organ badan kita bekerja dengan baik maka sanggup membuat badan lebih sehat dan jauh dari bermacam penyakit (4). Maka dari itu olahraga cukup menyenangkan untuk dilakukan (5).
Berdasarkan pola kalimat sumbang diatas sanggup kita temukan kalimat utamanya yaitu “Olahraga merupakan kunci kesehatan tubuh”. Kemudian kalimat penterangnya yaitu kalimat nomor 2, 3, dan 4. Untuk kalimat nomor 5 termasuk kalimat sumbang alasannya keluar dari kalimat inti.
Kalimat nomor 5 yaitu “Maka dari itu olahraga cukup menyenangkap untuk dilakukan”. Hal ini tentunya tak berkaitan dengan kalimat utama, maka dari itu dikatakan sebagai kalimat sumbang atau kalimat tak padu.

Contoh 3
Melinda merupakan murid yang arif dan rajin disekolah (1). Ia selalu tiba pagi untuk membersihkan kelasnya (2). Selain itu, Melinda juga tak pernah lupa untuk mengerjakan kiprah tugas sekolahnya (3). Apalagi Melinda selalu mendapat ranking 1 dikelasnya (4). Melinda terdapat hobi memasak (5). Melinda tak hanya arif dalam pelajaran akademisnya tenamun dalam bidang non akademis menyerupai olahraga (6).
Berdasarkan pola kalimat sumbang diatas sanggup kita temukan kalimat utamanya yaitu “Melinda merupakan murid yang arif dan rajin disekolah”. Kemudian kalimat penterangnya yaitu kalimat nomor 2, 3, 4, dan 6. Untuk kalimat nomor 5 termasuk kalimat sumbang alasannya keluar dari kalimat inti.
Kalimat nomor 5 yaitu “Melinda terdapat hobi memasak”. Hal ini tentunya tak berkaitan dengan kalimat utama, maka dari itu dikatakan sebagai kalimat sumbang atau kalimat tak padu.

Demikianlah penterangan seputar pengertian kalimat sumbang kompleks dengan pola kalimat sumbang. Dalam menemukan kalimat tersebut membutukan ketelitian dan ketepatan dalam memahami paragrafnya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.
Baca Juga:   Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya (Struktur, Ciri Ciri, Dan Kaidah Kebahasaan)

About CerdaskanKita

Check Also

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai-Nilai Cerpen)

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Unsur intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai Nilai Cerpen) – Cerpen …