Home / IPS / Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme Dan Penyesuaian Lengkap

Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme Dan Penyesuaian Lengkap

Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi LengkapDalam sebuah korelasi antar budaya, kita kerap mendengar istilah akulturasi, sinkretisme, milenarisme, ataupun adaptasi. Hubungan antar budaya ini membuat sebuah pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme ataupun pengertian penyesuaian antar budaya. Pada dasarnya kebudayaan sanggup berubah sesuai dengan proses evolusi kebudayaan, proses penyebaran budaya dengan melaksanakan interaksi antar budaya serta sesuai dengan proses berguru perihal budaya dalam lingkup masyarakat itu sendiri. Hal ini sesuai dengan pendapat Koentjaraningrat.

 kita kerap mendengar istilah akulturasi Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap

Selain itu menurut pendapat Koentjaraningrat menyebutkan bahwa terdapat sedikit penemuan yang disebabkan oleh adanya kesadaran masyarakat akan kekurangan dari budayanya sendiri. Hal inilah yang menjadi dasar terbentuknya penemuan gres terkait kebudayaan yang ada sesampai kemudian kebutuhan insan sanggup terpenuhi. Namun terdapat sedikit penemuan yang berkaitan dengan masuknya budaya absurd kedalam budaya masyarakat itu sendiri sesampai kemudian tugas dari korelasi antar budaya tersebut sangat dominan. Nah pada pembahasan kali ini admin akan membahas perihal pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme dan pengertian penyesuaian dalam korelasi antar budaya. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca dibawah ini.

Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap

Setiap kelompok masyarakat terdapat kontak budaya yang berbeda beda sesampai kemudian mengakibatkan adanya perilaku saling mensugesti satu sama lain. Tanpa kita sadari, kebudayaan sendiri telah bercampur dengan kebudayaan absurd lantaran adanya kontak antar budaya yang dilakukan. Selain itu terdapat faktor lain yang mengakibatkan adanya pengambilan unsur budaya luar. Berdasarkan pendapat Koentjaraningrat, faktor tersebut berasal dari penjajahan pada masa kolonialisme sebelumnya. Bangsa Indonesia tanpa disadari telah melaksanakan kontak antar budaya sesampai kemudian mengakibatkan dampak dalam perkembangan budaya lokal. Proses mensugesti tersebut sanggup terjadi secara akulturasi, sinkretisme, milenarisme, ataupun melalui adaptasi. Dibawah ini terdapat penterangan seputar pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme dan pengertian penyesuaian kompleks.

Akulturasi

 kita kerap mendengar istilah akulturasi Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap
Pengertian akulturasi yaitu proses perubahan kebudayaan yang dilakukan dengan menyatukan budaya budaya yang berbeda. Kebudayaan gres tersebut timbul lantaran adanya perembesan unsur kebudayaan absurd kedalam unsur kebudayaan tertentu namun tak meninggalkan kebudayaan aslinya. Misalnya kebudayaan Hindu yang terus berkembang di wilayah Bali. Walaupun kebudayaan Hindu masuk kedalam kebudayaan Bali, namun tetap tak menghilangkan kebudayaan Bali yang asli. Bahkan terciptalah kebudayaan gres yang berasal dari peleburan kebudayaan Hindu dengan kebudayaan Bali.

Sinkretisme

 kita kerap mendengar istilah akulturasi Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap
Pengertian sinkretisme yaitu proses bertemunya dua kebudayaan yang berbeda unsur namun tak menghilangkan unsur budayanya masing masing. Perubahan budaya secara sinkretisme berbeda dengan cara akulturasi. Hal yang membedakan antara sinkretisme dan akulturasi yaitu sinkretisme tak mengakibatkan adanya kebudayaan gres melainkan terdapat penyesuaian dalam kebudayaan lama. Misalnya proses sinkretisme Siwa Budha yaitu aliran agama pada masa Kerajaan Majapahit. Ajaran Siwa dengan aliran Budha terdapat harapan keras untuk saling bersatu tanpa harus menghasilkan kebudayaan yang baru. 

Milenarisme

 kita kerap mendengar istilah akulturasi Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap
Pengertian milenarisme yaitu gerakan rakyat yang tercipta atas kepercayaan masyarakat akan pembebasan orang dari seluruh kesengsaraan dan penderitaaan melalui mediator seorang tokoh. Milenarisme sanggup disebut juga Mesianisme. Misalnya kepercayaan masyarakat akan kedatangan Ratu Adil di Jawa.

Adaptasi

 kita kerap mendengar istilah akulturasi Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap
Pengertian penyesuaian yaitu proses perubahan kebudayaan dalam lingkungannya masing masing. Proses penyesuaian sanggup dibagi menjadi sedikit jenis yaitu:
  1. Adaptasi Evolusioner merupakan proses perubahan kebudayaan masyarakat yang terjadi dalam waktu yang lama, mulai dari tingkat yang tinggi menuju tingkat yang rendah.
  2. Adaptasi Konvergensi merupakan proses penyesuaian kebudayaan yang terjadi antar sedikit bangsa dengan latarbelakang kebudayaan yang berbeda namun kondisi lingkungannya sama.
  3. Evolusi Paralel merupakan perkembangan penyesuaian dimana latarbelakang kebudayaannya hampir sama dan terdapat kondisi lingkungan yang sama pula.
  4. Cultur Area merupakan adonan dari kebudayaan sedikit suku bangsa dengan unsur yang sama sesampai kemudian sanggup terdapat arti yang terang. Penggabungan kebudayaan ini dilakukan oleh para andal antropologi.
  5. Pola Adaptasi Kebudayaan merupakan contoh penyesuaian masyarakat tempat tertentu untuk melindungi kelangsungan tempat tinggalnya supaya sanggup bertahan hidup dalam situasi dan kondisi pada tempat tersebut.
Sekian penterangan perihal pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme dan pengertian penyesuaian kompleks. Hubungan antar budaya sanggup berlangsung secara akulturasi, sinkretisme, milenarisme, ataupun adaptasi. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

Baca Juga:   Pengertian Dan Macam Macam Piramida Penduduk

About CerdaskanKita

Check Also

5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia – Faktor yang mengakibatkan keberagaman masyarakat di  Indonesia intinya sangat …