Home / IPS / 18 Perbedaan Negara Maju Dan Negara Berkembang Lengkap

18 Perbedaan Negara Maju Dan Negara Berkembang Lengkap

18 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Lengkap Sebuah negara terdapat status yang berbeda lantaran negara tersebut dibagi menjadi dua yakni negara maju inginpun negara berkembang. Lalu apa perbedaan negara maju dan negara berkembang? Sebuah negara dikatakan maju apabila memenuhi kriteria tertentu yang berkaitan dengan kemajuan negara. Hal ini juga berlaku untuk negara berkembang. Dengan kata lain, sebuah negara dikatakan maju atau berkembang apabila memenuhi ketentuan/syarat tertentu.

 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Lengkap 18 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Lengkap
Perbedaan Negara Maju dan Berkembang

Salah satu kriteria negara maju yakni tingkat perekonomian negaranya tergolong tinggi. Sedangkan untuk negara berkembang memilii perekonomian yang tergolong rendah. Bahkan perkembangan sebuah negara tersebut juga dipengaruhi oleh tingkat kesejahteraan dari rakyat negara itu sendiri. Nah pada hari ini kali ini admin akan membahas ihwal perbedaan negara maju dan negara berkembang kompleks. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

18 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Lengkap

Negara maju yakni julukan yang diberikan kepada sebuah negara yang memiliki kriteria hidup tinggi, sistem perekonomian yang merata serta teknologinya canggih. Misalnya negara Inggris, Amerika Serikat, Australia, Belanda, Jepang dan lain sebagainya. Negara yang tergolong maju biasanya berasal dari anggota Uni Eropa, namun adapula negara bukan anggota Uni Eropa yang termasuk negara maju. Berdasarkan pengertian tersebut, kita sanggup mengambil sedikit perbedaan negara maju dan negara berkembang.

Baca juga : Kebijakan Politik Pintu Terbuka Dalam Pemerintahan Hindia Belanda

Kemudian negara berkembang merupakan julukan yang diberikan kepada sebuah negara yang kriteria hidupnya rata bahkan rendah. Negara berkembang terdapat infrastruktur yang ndeso serta pendapatan penduduknya tergolong rendah. Misalnya negara India, Filipina, Indonesia, Thailand, Laos, dan lain sebagainya. Negara yang dikatakan maju biasanya sudah berhasil melaksanakan pembangunan sebuah negara, lagikan untuk negara berkembang masih melaksanakan pembangunan negaranya sendiri. Dibawah ini terdapat sedikit perbedaan negara maju dan negara berkembang kompleks dengan penterangannya. Berikut ulasan sekompleksnya.
Perbedaan Tingkat Pendapatan Negaranya
Perbedaan negara maju dan negara berkembang yang pertama terletak pada tingkat pendapatan negaranya. Pendapatan negara tersebut sanggup disebabkan oleh sedikit faktor menyerupai jumlah penduduk, tingkat pendapatan perkapita inginpun luas wilayah negara tersebut. Negara yang dikatakan berkembang berjumlah 144 negara. Kemudian 95 negara diantaranya terdapat jumlah penduduk 15 juta dan sisanya sekaya kurang dari 5 juta penduduk. 
Perbedaan negara maju dan negara berkembang dalam hal tingkap pendapatan negara itu sendiri memang dipengaruhi oleh jumlah penduduknya. Semakin kaya penduduknya maka semakin kaya pembangunan yang harus dilakukan. Kualitas penduduk yang semakin baik akan mensugesti tingkat pembangunannya dan begitu pula sebaliknya. Pendapatan perkapita pada negara berkembang cenderung rendah, lagikan pada negara maju cenderung lebih tinggi. Pendapatan perkapita pada negara berkembang sekitar $876 hingga $3.465, namun untuk kategori negara berkembang menengah terdapat pendapatan perkapita sekitar $3.466 hingga kemudian $10,275. Sedangkan pendapatan perkapita negara maju lebih dari $10.726.
Perbedaan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada sumber daya insan (SDM) dan sumber daya alamnya (SDA). Kedua hal ini kuat terhadap ekonomi negara itu sendiri. Sebuah negara yang terdapat perekonomian tinggi biasanya terdapat potensi alam yang kaya dan bagus. Namun juga diimbangi dengan kualitas insan yang baik pula.

Baca juga : Kebudayaan Proto Melayu dan Deutro Melayu Beserta Proses Kedatangannya

Perbedaan Latar Belakang Sejarah
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada latar belakang sejarahnya. Negara berkembang yang terletak di benua Afrika inginpun Asia kekayaan pernah dijajah oleh kolonial Eropa Barat. Akibat penjajahan tersebut membuat struktur pendidikan, perekonomian, forum sosial dan semacamnya sesuai dengan negara yang menjajah dahulu.
Perbedaan Tingkat Pendidikan
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada tingkat pendidikannya. Kekayaan warga negara maju sanggup menulis dan membaca lantaran tingkat pendidikannya tinggi. Bahkan pihak pemerintah negara maju menjamin pendidikan dasar gratis untuk semua rakyatnya. Sedangkan negara berkembang memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Pendidikan yang masih rendah ini sanggup dipengaruh oleh akomodasi pendidikan yang kurang memadai, pendidikan dikalangan rakyat kurang merata, dan tak adanya jaminan pendidikan dasar gratis. 
Perbedaan Laju Pertumbuhan
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada laju pertumbuhannya. Laju pertumbuhan pada negara maju lebih rendah dibandingkan negara berkembang. Hal ini sanggup dilihat pada angka final hidup dan angka kelahiran pada negara maju. Pada umumnya negara maju terdapat masyarakat yang sadar akan sistem keluarga berencanan yang lebih tinggi dibandingkan negara berkembang. Hal ini disebabkan masyarakat negara berkembang masih terdapat akidah bahwa semakin kaya memiliki anak maka rezekinya akan semakin kaya pula.
Perbedaan Kegiatan Perekonomian
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada acara perekonomiannya. Untuk negara maju terdapat acara perekonomian yang berkaitan dengan bidang jasa inginpun industri. Sedangkan negara berkembang memiliki acara perekonomian dalam bidang perikanan, pertanian, pertambangan inginpun kehutanan. Negara berkembang tak melaksanakan acara perekonomian dalam bidang jasa dan industri lantaran teknologinya terbatas.
Perbedaan Tingkat Pengangguran
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada tingkat pengangguran penduduknya. Tingkat pengangguran pada negara maju tergolong rendah lantaran adanya peralihan tenaga kerja. Sedangkan untuk negara berkembang terdapat tingkat pengangguran yang tinggi.
Perbedaan Tingkat Kesehatan
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada tingkat kesehatan penduduknya. Tingkat kesehatan pada negara berkembang tergolong rendah. Hal ini disebabkan pendapatan/penghasilan rakyatnya juga rendah. Sedangkan negara maju terdapat tingkat kesehatan yang tinggi lantaran pengasilannya juga tinggi. Selain itu tingkat kesehatan negara maju dan berkembang juga dipengaruhi oleh impian hidup peduduknya. Harapan hidup penduduk negara maju biasanya diatas usia 70 tahun, lagikan untuk negara berkembang hanya hingga 52 tahun saja.

Baca juga : Keadaan Iklim Indonesia Beserta Unsur dan Ciri Cirinya

Perbedaan Pemerataan Pendapatan
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada pemerataan pendapatannya. Negara maju terdapat pemerataan pendapatan dengan pertolongan distribusi penghasilan yang merata. Maka dari itu masyarakat negara maju tak terlalu terperinci dalam hal perbedaan orang kaya dan miskin. Sedangkan untuk negara berkembang terdapat tingkat pemerataan pendapatan yang berbeda. Maka dari itu kesenjangan antara orang kaya dan miskin terlihat terang.
Perbedaan Tingkat Kemiskinan
Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada tingkat kemiskinan penduduknya. Dalam hal ini sangat dipengaruh oleh tingkat kesenjangan dalam distribusi pendapatan dengan tingkat pendapatan nasionalnya. Apabila distribusi pendapatan sebuah negara merata maka tingkat kemiskinannya akan rendah. Namun apabila distribusi pendapatannya sudah tak merata, maka tingkat kemiskinannya akan tinggi.
Perbedaan negara maju dan negara berkembang tak hanya itu saja. Melainkan masih ada lagi sedikit perbedaan antara negara maju dengan negara berkembang. Berikut sedikit perbedaan lainnya:
  • Pertanian negara berkembang dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup rakyatnya, lagikan hasil pertanian negara maju diekspor dan dijual ke negara lain.
  • Tingkat ketergantungan alam.
  • Intensitas Mobilitas.
  • Sikap penduduknya yang mandiri.
  • Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.
  • Beban tanggungan penduduk bagi setiap rakyat.
  • Angka final hidup dan kelahirannya.
  • Harapan hidup.
  • Tingkat Kriminalitas.
Demikianlah penterangan ihwal perbedaan negara maju dan negara berkembang. Sebagai generasi muda sekarang, diperlukan terdapat tingkat keinginan akan pendidikan yang tinggi. Dengan pendidikan tinggi tersebut akan mensugesti pembangunan negaranya semoga lebih baik lagi. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga:   Penerapan Sistem Liberalisme Oleh Raffles Dan Belanda Di Indonesia

About CerdaskanKita

Check Also

Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia – Pada ketika Indonesia mulai menuju kemerdekaan maka ketika …