Home / IPS / Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya (Terperinci)

Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya (Terperinci)

Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya (Terperinci) Istilah masyarakat cukup sudah tak familiar lagi untuk kita. Lalu apa pengertian masyarakat itu? Bagaimana karakteristik masyarakat tersebut? Kata masyarakat secara etimologi dalam bahasa Arab berarti “Musyarak” yang maknanya interaksi atau hubungan. Maka dari itu ada yang mengartikan masyarakat sebagai sekelompok insan yang saling berinteraksi satu sama lain dengan cara teratur dan hidup bersama sama. Masyarakat sendiri dibuat dari penggunaan hasrat, perasaan dan pikiran insan untuk melaksanakan reaksi terhadap lingkungannya. Hal ini pertanda bahwa insan ditakdirkan untuk hidup bersama sama dan saling membutuhkan satu sama lain.

Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya  Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya (Terperinci)
Pengertian masyarakat dan ciri ciri masyarakat secara terperinci

Arti masyarakat juga sanggup berasal dari Bahasa Inggris yang berarti “Society”. Adapula arti masyarakat berdasarkan bahasa Latin yaitu “Societas” maknanya kawan. Masyarakat kerap didefinisikan sebagai sekelompok individu yang menjalankan hidupnya secara bersama sama. Didalamnya juga terdapat kolaborasi dalam mencapai kepentingan bersama sesuai dengan adab istiadat, tatanan hidup dan norma yang berlaku dalam lingkungan masyarakat tersebut. Pada hari ini kali ini admin akan menterangkan ihwal pengertian masyarakat dan karakteristik masyarakat terperinci. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya (Terperinci)

Pengertian masyarakat sanggup dibagi menjadi sedikit definisi yaitu pengertian secara luas dan pengertian secara sempit. Namun definisi dari masyarakat tersebut juga dikemukakan oleh sedikit ahli. Selain itu tak ketinggalan dengan karakteristik masyarakat yang terdapat didalamnya. Berikut ulasan sekompleksnya:

Pengertian Masyarakat

Sebagaimana yang telah admin terangkan di atas bahwa definisi masyarakat sanggup dibagi menjadi dua yaitu pengertian secara luas dan pengertian secara sempit. Pengertian masyarakat secara luas yakni hubungan bersama dalam kehidupan secara keseluruhan tanpa dibatasi oleh bangsa, lingkungan dan lain sebagainya. Sedangkan pengertian dalam arti sempit, masyarakat yakni sekumpulan individu yang dibatasi oleh teritorial, golongan, bangsa dan sebagainya. Masyarakat juga sanggup diartikan sebagai sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama secara terorganisasi.

Baca juga : Kekuatan Politik Militer Era Orde Baru di Indonesia

Makna masyarakat secara mudah yakni sekelompok insan yang saling bergaul dan berinteraksi demi mencapai kepentingan yang sama. Masyarakat tersebut sanggup terbentuk lantaran adanya keinginan, perasaan dan pikiran sesampai kemudian terdapat reaksi terhadap lingkungannya. Selain pengertian pengertian di atas, adapula pengertian masyarakat berdasarkan para ahli. Berikut pengertian berdasarkan sedikit hebat yaitu:
Paul B. Harton
Pengertian masyarakat berdasarkan Paul B. Harton yakni sekelompok insan yang tinggal dalam wilayah tertentu, hidup dengan mandiri, sebagian besar melaksanakan kegiatan dengan kelompok tersebut, sekelompok orang yang hidup bersama sama dalam kurun waktu yang lama, dan memiliki kesamaan budaya (kebudayaan).
Abdul Syani
Pengertian masyarakat berdasarkan Abdul Syani yakni saling mempengaruhi, bersama, berkumpul, saling bekerjasama dan hidup bersama.
Robert P dan Richard T. Schaefer
Pengertian masyarakat berdasarkan Robert P dan Richard T. Schaefer yakni sekelompok orang yang jumlahnya besar terdapat wilayah sempurna tinggal yang sama, kebudayaan yang sama dan cukup independen dari orang orang luar.
Soerjono Soekanto
Pengertian masyarakat berdasarkan Soerjono Soekanto yakni proses hubungan sosial yang sanggup terjadi melalui dua syarat menyerupai komunikasi dan kontak sosial.
John J. Macionis
Pengertian masyarakat berdasarkan John J. Macionis yakni interaksi yang terjadi diantara sekelompok orang dalam suatu wilayah tertentu dengan persamaan budaya.

Baca juga : Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap

Gillin
Pengertian masyarakat berdasarkan Gillin yakni sekumpulan insan yang terdapat persatuan perasaan, perilaku dan tradisi kebiasaan yang terikat secara bersama sama.
Harton Haunt
Pengertian masyarakat berdasarkan Harton Haunt yakni masyarakat yang saling berorganisasi dan bekerjasama satu sama lain.
Selo Sumardjan
Pengertian masyarakat berdasarkan Selo Sumardjan yakni orang orang yang sanggup membuat kebudayaan dan saling hidup bersama.

Karakteristik Masyarakat

Selanjutnya admin akan membahas ihwal karakteristik masyarakat. Karakteristik ini dipakai sebagai ciri khas dalam lingkup pengertian masyarakat yang sebenarnya. Berikut sedikit karakteristik dalam masyarakat yaitu:
  • Mempunyai wilayah tertentu.
  • Dapat menghindari dan menghadapi musuh dengan cara kolektif atau bersama sama.
  • Tercipta adanya diskriminasi yang bukan warga masyarakat dan warga masyarakat.
  • Setiap anggota masyarakat sanggup beraktivitas dan bereproduksi.
Sekian penterangan seputar pengertian masyarakat dan karakteristik masyarakat secara terperinci. Definisi masyarakat sanggup diartikan secara luas, sempit ataupun berdasarkan pendapat sedikit ahli. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga:   Pengertian Pasar Positif Beserta Ciri Cirinya

About CerdaskanKita

Check Also

Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia – Pada ketika Indonesia mulai menuju kemerdekaan maka ketika …