Home / Akuntansi / Cara Menciptakan Neraca Saldo Yang Baik Dan Benar

Cara Menciptakan Neraca Saldo Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar Cara membuat neraca saldo dilakukan sehabis pembuatan buku besar. Buku besar tersebut meliputi data transaksi buku harian atau jurnal umum yang berkaitan dengan akun akun didalamnya. Kemudian setiap akun akan dihitung jumlah saldonya dan dipakai dalam penyusunan neraca saldo. Pengertian saldo sendiri yaitu selisih dalam buku besar antara jumlah sisi debet dengan kreditnya. Sedangkan pengertian neraca yaitu serpihan dari laporan keuangan dalam suatu periode akuntansi yang memaparkan posisi keuangan selama tamat periode. Lalu apa pengertian neraca saldo itu? dan bagaimana cara membuat neraca saldo sesuai dengan panduan yang benar?

Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar
Cara Membuat Neraca Saldo

Pengertian neraca saldo yaitu sekumpuan daftar saldo yang terdapat dalam buku besar dan disusun setiap tamat periode. Pada dasarnya neraca saldo ini termasuk ke dalam jenis laporan keuangan. Berbeda dengan neraca lajur yang sifatnya tak formal. Nah dalam pembahasan kali ini admin akan menterangkan ihwal cara membuat neraca saldo yang baik dan benar. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar

Sebelum membahas ihwal cara membuat neraca saldo, admin akan menterangkan manfaat neraca saldo terlebih dahulu. Pembuatan neraca saldo tersebut merupakan tahapan dalam proses atau siklus akuntansi yang perlu dilalui. Maka dari itu ada sedikit manfaat neraca saldo yang perlu anda pahami yaitu seperti:
  1. Sebagai ringkasan buku besar dan sumber informasi dalam penyusunan laporan neraca, keuntungan rugi dan perubahan ekuitas.
  2. Bukti bahwa telah melaksanakan pengujian keseimbangan buku besar dalam jumlah sisi saldo debet dan kreditnya.

Baca juga : Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Neraca Lajur

Cara membuat neraca saldo bahwasanya taklah sulit. Hal ini disebabkan data yang diperoleh hanya mengambil data data dari buku besar saja. Kita hanya perlu menginput data dari buku besar ibarat data saldo total dan nama akun pada buku tersebut. Setelah itu disusun dalam neraca saldo secara urut menurut nomor arahan akunnya. Dibawah ini terdapat sedikit langkah dalam pembuatan neraca saldo yang baik dan benar. Berikut penterangan sekompleksnya:

Cara Membuat Neraca Saldo

Cara membuat neraca saldo bahwasanya sudah kaya diterangkan dalam pelajaran akuntansi inginpun keuangan di sekolah khususnya SMK. Namun tak sanggup dipungkiri bahwa masih ada sedikit orang yang belum bisa membuat neraca saldo sesuai dengan ketentuan yang ada. Bagi anda yang kesulitan dalam membuat neraca saldo, maka sanggup mengikuti langkah langkah di bawah ini. Berikut cara membuat neraca saldonya yaitu:
  • Langkah pertama yaitu membuat format neraca saldonya ibarat kolom nama akun, kolom debet, kolom arahan akun dan kolom kredit.
  • Kemudian amati data data dalam buku besar ibarat data saldo dan nama akun yang nantinya akan dicatat dalam neraca saldo.
  • Setelah itu amati arahan akun data pada buku besar dan catat data datanya ibarat saldo total, arahan akun, dan nama akun ke neraca saldo yang telah dipersiapkan gres saja. Usahakan pencatatan data dilakukan secara urut sesuai dengan arahan nomor akunnya.
  • Langkah terakhir yaitu menjumlahkan seluruh saldo pada sisi debet dan kreditnya. Apabila jumlah saldo debet dan kreditnya sesuai, maka neraca saldo yang telah anda buat sudat tepat.
Selain cara membuat neraca saldo di atas, admin juga akan membagikan pola neraca saldo biar anda lebih memahami cara pembuatan neraca yang baik dan benar. Berikut pola neraca saldonya yaitu:

Baca juga : Pengertian Sistem Ekonomi Komando Terkompleks

Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar
Contoh Neraca Saldo
Sekian penterangan seputar cara membuat neraca saldo yang baik dan benar. Neraca saldo ialah  sekumpuan daftar saldo yang terdapat dalam buku besar dan disusun setiap tamat periode. Semoga artikel ihwal panduan cara membuat neraca saldo ini sanggup bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Baca Juga:   Macam Macam Kebutuhan Beserta Misalnya (Terlengkap)

About CerdaskanKita

Check Also

Sejarah, Latar Belakang Dan Tujuan Berdirinya Asean

Sejarah, Latar Belakang dan Tujuan Berdirinya ASEAN – ASEAN (Association of Southeast Asia Nations) merupakan …