Home / Bahasa indonesia / 8 Pola Epilog Makalah Yang Baik Dan Benar Terlengkap

8 Pola Epilog Makalah Yang Baik Dan Benar Terlengkap

8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar TerkompleksMakalah adalah karya tulis ilmiah berdasarkan hasil analisis lapangan dan analisis teori seputar pembahasan kasus tertentu. Makalah tersebut tersusun oleh sedikit cuilan penting. Salah satunya adalah cuilan penutup. Lalu bagaimana pola epilog makalah yang baik dan benar? Bagian epilog makalah merupakan cuilan terakhir dalam laporan sebelum daftar pustaka. Sebagian orang cukup kebingungan dan sulit menulis cuilan epilog ini. Hal ini disebabkan epilog makalah yang baik dan benar harus berisi kesimpulan tamat dalam laporan disertai saran yang terkait.

 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terkompleks 8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terkompleks
Contoh Penutup Makalah

Dalam membuat makalah yang baik dan benar harus disertai dengan penulisan epilog yang seefektif cukup dan jelas serta tak asal asalan. Bagian epilog makalah adalah cuilan laporan yang berisi kesimpulan dan saran seputar isi uraian kasus yang ditulis dengan singkat. Bagian epilog tersebut kerap dinamakan dengan Bab Kesimpulan. Pada hari ini kali ini admin akan membagikan sedikit pola epilog makalah yang baik dan benar terkompleks. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terkompleks

Sebelum membagikan pola epilog makalah yang baik dan benar, admin akan menterangkan sedikit hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis epilog tersebut. Bagian epilog makalah berisi kesimpulan yang isinya berupa keseluruhan isi pembahasan dalam makalah tersebut. Selanjutnya adapula saran yang terdapat dalam cuilan penutup. Saran tersebut berupa rekomendasi penulis mengeni duduk kasus atau tema dalam makalah. Dalam membuat epilog makalah, anda harus memperhatikan sedikit hal penting seperti:

Baca juga : Pengertian Kohesi dan Koherensi Dalam Wacana Beserta Contoh

Kalimatnya Tidak Bertele tele
Contoh epilog makalah yang baik dan benar harus memakai kata kata yang to the point dan tak bertele tele. Bagian epilog yang baik biasanya hanya terdiri dari satu halaman saja. Jika pembahasan dalam makalah cukup panjang maka cuilan penutupnya maksimal hanya dua halaman saja dan tak lebih dari itu. Hal ini disebabkan cuilan epilog makalah berisi pembahasan tamat dan kesimpulan dari isi duduk kasus yang diangkat dalam makalah. Penutup tersebut sekaligus menjadi balasan seputar tujuan pendahuluan yang telah disampaikan sebelumnya. 
Dalam pola epilog makalah yang baik dan benar memang memakai kalimat yang to the point atau pribadi pada inti permasalahannya. Kalimat yang ditulis dalam cuilan epilog harus berupa inti sari penting seputar keseluruhan isi makalah. Anda tak perlu memakai kalimat klasifikasi yang tak penting atau bertele tele dalam epilog makalah tersebut.
Berupa Inti Rangkuman Isi Makalah
Contoh epilog makalah yang baik dan benar harus berupa inti rangkuman dari isi makalah. Banyak para penulis yang salah membuat epilog makalah lantaran kurang berfokus dalam melaksanakan rangkuman isi pembahasannya. Hal ini kerap terjadi lantaran para penulis kurang paham seputar apa yang akan ia tulis pada cuilan epilog tersebut. Bagian epilog tersebut bergotong-royong berisi poin poin dari tema yang dibahas sebelumnya. Dengan mengetahui poin pembahasannya maka anda akan lebih gampang menulis epilog makalahnya.
Menulis Saran Sesuai Dengan Temanya
Contoh epilog makalah yang baik dan benar harus disertai dengan saran yang sesuai dengan tema persoalannya. Terkadang cuilan saran epilog tersebut dianggap remeh oleh sebagian penulis. Sampai pada alhasil saran ditulis dengan panjang lebar dan tak menjurus pada tema makalah. Padahal bergotong-royong penulisan saran yang baik harus tetap bekerjasama dengan tema dan isi makalahnya.

Baca juga : Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penterang Beserta Contoh

Penulisan saran dalam pola epilog makalah yang baik dan benar harus bekerjasama dengan hasil analisis yang anda temukan sebelumnya. Jika saran berkaitan dengan hasil analisis lapangan maka sanggup ditujukan untuk pelaku lapangan terkait tema makalahnya. Tenamun apabila saran berkaitan dengan analisis teori atau pustaka dalam buku refereni maka sanggup berupa tentang yang berasal dari sedikit sumber literasinya. Pada pada dasarnya pembuatan saran dalam epilog makalah adalah harus berfokus pada hasil pembahasannya dan tak menyimpang dari pokok persoalan.

Contoh Penutup Makalah

Setelah membahas seputar sedikit hal penting dalam membuat epilog makalah diatas, kini datang saatnya untuk admin membagikan sedikit pola epilog makalah yang baik dan benar. Kita sanggup menganalisa sedikit faktor yang terkandung dalam pola epilog makalah ibarat yang admin terangkan diatas. Berikut sedikit misalnya yaitu:
Contoh Penutup Makalah #1
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Harga materi pangan antar pedagang di Pasar Tradisional Kliwon tak mengalami perbedaan yang signifikan. Perbedaan harga yang mencapai 5,5 persen tersebut tak berdampak pada pola perdagangan yang menjatuhkan pedagang satu dengan yang lainnya. Harga rata rata materi pangan dari 10 pedagangan yang diwawancarai taklah jauh berbeda.
Untuk harga cabe rawit perkilogram sekitar Rp 16.000 – Rp 25.000, harga cabe keriting perkilogram sekitar Rp 28.000 – Rp 38.000, harga bawang putih per kilogram sekitar Rp 28.000 – Rp 32.000, dan harga bawang merah perkilogram sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000. Berdasarkan data tersebut sanggup kita simpulkan bahwa para pedagang bersaing secara sehat. Dengan demikian, para pedagang Pasar Tradisional Kliwon tak melaksanakan adanya monopoli antar pedagang lainnya.
2. Saran
Para pedagang di Pasar Tradisional Kliwon sebaiknya tetap menjaga atmosfer acara ekonomi ibarat kini lantaran pada dasarnya acara ekonominya berjalan dengan sehat. Maka yang perlu dilakukan oleh para pendagang adalah menjaga keseimbangan perdagangan di Pasar Tradisional Kliwon semoga tetap stabil dan tak rusak.

Baca Juga:   6 Pola Teks Tantangan Singkat Wacana Sampah, Pendidikan, Teknologi, Beserta Strukturnya

Jika kita amati, dalam contoh epilog makalah diatas kita sanggup menganalisa bahwa terdapat dua cuilan utama yakni kesimpulan dan saran. Kesimpulan merupakan cuilan dimana intisari makalah dirangkum dan ditulis lagikan saran inginpun kritik saran merupakan cuilan dimana kita akan menemukan bermacam sugesti, saran inginpun kritik selama proses pembuatan makalah.

Bahasa yang dipakai dalam pola epilog makalah diatas juga terlihat lugas dan tak bertele tele, melainkan pribadi pada inti pembahasannya. Meskipun demikian pembaca masih sanggup menangkap apa yang ingin disampaikan oleh penulis dalam kesimpulan tersebut lantaran gaya penulisan yang gampang dipahami.

Contoh Penutup Makalah #2
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Berdasarkan penterangan data dan isu diatas sanggup disimpulkan bahwa materi pengawet kaya dipakai dalam jajanan anak sekolah. Hal ini tentunya membahayakan kesehatan badan anak, maka dari itu pemerintah dinas kesehatan diperlukan sanggup mencegah dan menindaklanjuti tindakan negatif tersebut. Para siswa dan siswi dilarang untuk jajan sembarangan serta pihak kantin sekolah juga lebih memperhatikan jajanan yang dihidangkannya. Adanya pengawasan dari orang renta dan guru merupakan faktor penting dalam menangani kasus tersebut.

Baca juga : 12 Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Terbaru

2. Saran
Penulis bergotong-royong menginginkan penyusunan makalah yang tepat dan rapi. Namun masih kaya kekurangan dalam makalah ini yang perlu diperbaiki oleh penulis. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan penulis. Maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun penulisan makalah ini sebagai materi penilaian selanjutnya.
Contoh Penutup Makalah #3
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Karir pertama Wiliam Kaye Estes terjadi ketika berada di University of Indianan. Estes melaksanakan sedikit percobaan dan mengungkapkan salah satu percobaan elemen stimulus memakai cara all-or-none. Tenamun lantaran dalam satu percobaan hanya terdapat sedikit sampel maka proses belajarnya hanya berlangsung secara gradual atau inkremental.

Estes mengungkapkan terori Sampling Stimulus (SST) merupakan wujud pengembangan dari teori transfer elemen Thorndike secara matematis. Yaitu teori ekspansi dalam membuat prediksi transfer pembinaan antar situasi secara cepat berdasarkan dua elemen stimulus yang sama. Pembelajaran berdasarkan SST dilakukan dengan cara all-or-none (belajar sekaligus atau tak sama sekali) dan membutuhkan respons setra kontiguitas tertentu antar stimulus.

Baca Juga:   Contoh Majas Anafora Dalam Puisi Dan Kalimat Bahasa Indonesia

Pada dasarnya kita sanggup menemukan bermacam pola epilog makalah pada bermacam acuan baik online inginpun offline. Terlebih lagi apabila masih di dingklik sekolah tentunya sudah sangat familiar dengan pembukaan makalah, isi makalah inginpun epilog makalah yang terdiri dari kesimpulan dan saran. Dalam penulisan epilog makalah pun ada hukum tersendiri baik dari segi gaya penulisan inginpun isu yang terkandung didalamnya.

Sekian pembahasan seputar pola epilog makalah yang baik dan benar terkompleks. Dalam membuat epilog makalah sebaiknya memakai kata kata yang to the point (tak bertele tele), didalamnya terdapat rangkuman isi makalah, dan berisi saran yang sesuai dengan tema pembahasannya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat.

About CerdaskanKita

Check Also

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai-Nilai Cerpen)

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Unsur intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai Nilai Cerpen) – Cerpen …