Home / Sejarah / Perbedaan Candi Jawa Tengah Dan Jawa Timur Beserta Contoh

Perbedaan Candi Jawa Tengah Dan Jawa Timur Beserta Contoh

Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh – Di Indonesia terdapat sedikit macam peninggalan dari kerajaan kerajaan yang pernah berdiri. Salah satu bentuk peninggalan tersebut sanggup berupa candi candi. Candi candi peninggalan kerajaan keajaan Indonesia ini terdapat ciri khas dan perbedaannya masing masing. Sebagaimana halnya perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Anda sanggup mengamati perbedaan candi Jateng dan Jatim melalui teladan candi candinya. Lalu apa saja teladan candi Jawa Tengah? Apa saja teladan candi Jawa Timur? Lantas apa pengertian candi itu? Candi yaitu salah satu bentuk bangunan bersejarah yang berasal dari kerajaan Hindu dan kerajaan Budha.

Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh
Perbedaan Bentuk Candi di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Candi candi ini tersebar di wilayah wilayah Indonesia. Penyebaran candi tersebut lebih banyak didominasi berada di Pulau Jawa, lantaran diluar Jawa jarang sekali ditemukan peninggalan yang berbentuk candi. Bahkan dalam pulau Jawa tersebut, penyebaran candi masih terbagi menjadi enam provinsi ibarat teladan candi Jawa Tengah, Yogyakarta, inginpun teladan candi Jawa Timur. Sebagaimana yang telah admin terangkan d atas bahwa masing masing candi disetiap kawasan terdapat perbedaan dan ciri khasnya sendiri. Sebagaimana perbedaan candi Jateng dan Jatim ini. Pada hari ini kali ini admin akan menterangkan wacana perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur beserta contoh. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh

Saya akan memperlihatkan penterangan sedikit seputar arti candi terlebih dahulu, sebelum menterangkan wacana perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur, teladan candi Jawa Tengah serta teladan candi Jawa Timur. Perbedaan candi Jateng dan Jatim tersebut sangat terlihat jelas dari bentuk bangunannya. Asal mula kata Candi yaitu dari kata “Candika” yang artinya Dewi Durga sebagai dewi kematian. Candi tersebut merupakan bentuk peninggalan yang berupa bangunan suci untuk agama Budha dan Hindu. Selain itu adapula yang mengartikan candi sebagai bentuk akulturasi dari kebudayan gres di India dengan kebudayaan Indonesia pada zaman Megalitikum ibarat Punden Berundak.

Baca juga : Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Beserta Penyebarannya

Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh
Contoh Candi Jawa Tengah (Candi Borobudur)
Baca Juga:   18+ Peninggalan Zaman Praaksara Di Indonesia Beserta Gambar

Di Indonesia terdapat bentuk bangunan candi yang fungsinya sangat berbeda dengan candi candi di India. Penggunaan candi di Indonesia tak hanya sebagai tempat pemujaan para dewa, namun juga sebagai tempat mengubur para raja. Misalnya makam raja Anusapati dari Kerajaan Singosari dalam bangunan Candi Kidal. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa di kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta terdapat kaya sekali bangunan bangunan candi. Perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut sanggup diamati dari materi bangunan inginpun bentuknya. Adapun perbedaan candi Jateng dan Jatim nya yaitu meliputi:

Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh
Contoh Candi Jawa Timur (Candi Singosari)

Ciri Ciri Candi di Jawa Tengah

  • Bangunan candi berbentuk tambun.
  • Atap candi berundak undak secara nyata.
  • Bentuk puncak candi berupa stupa dan ratna.
  • Hiasan relung dan gawang pintunya berupa kala makara.
  • Di tengah halaman terdapat candi utama.
  • Reliefnya terdapat lukisan naturalis dan timbul sedikit tinggi.
  • Candi Jawa Tengah pada umumnya menghadap ke arah Timur.
  • Pembuatan candi berasal dari kerikil andesit.

Baca juga : 16+ Prasasti Bersejarah di Indonesia Dari Berbagai Kerajaan

Ciri Ciri Candi di Jawa Timur

  • Bangunan candi berbentuk ramping.
  • Atap candi merupakan kombinasi dari tingkatan.
  • Bentuk puncak candi yaitu kubus.
  • Relung dan gawang pintunya tak terdapat makara dan hanya berupa ambang.
  • Di belakang halaman terdapat candi utama.
  • Reliefnya terdapat lukisan simbolis (seperti wayang) dan hanya timbul sedikit.
  • Candi Jawa Timur pada umumnya menghadap ke arah Barat.
  • Pembuatan candi berasal dari kerikil bata.

Selain perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur diatas, adapula sedikit teladan candi yang terdapat di Jawa Tengah inginpun Jawa Timur. Masing masing teladan candi ini sanggup dipakai untuk melihat perbedaan candi Jateng dan Jatim dari segi materi bangunan dan bentuknya. Adapun teladan candi Jawa Tengah dan Yogyakarta yaitu mencakup Candi Prambanan, Candi Pawon, Candi Kalasan, Candi Dieng, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Kompleks Gedung Songo, Candi Plaosan dan Candi Ratu Boko. Sedangkan untuk teladan candi Jawa Timur terdiri dari Candi Brahu, Candi Jago, Candi Singosari, Candi Bajang Ratu, Candi Panataran, Candi Kidal dan Candi Kawi.

Baca Juga:   Kumpulan Rumus Matematika Smp Kelas 9 Beserta Klarifikasi Lengkap

Sekian penterangan seputar perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur, teladan candi Jawa Tengah serta teladan candi Jawa Timur. Perbedaan candi Jateng dan Jatim sanggup dilihat dari materi bangunan inginpun bentuk candinya. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

About CerdaskanKita

Check Also

Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia (Singkat Dan Lengkap)

Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia (Singkat Dan Lengkap) – Biografi merupakan catatan atau daftar riwayat …