Home / Kesenian / Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya – Indonesia populer dengan keberagaman budaya dan keseniannya. Salah satunya ialah tarian tradisional mirip tari tradisional Jawa Timur. Tarian tradisional dari Jawa Timur tersebut sanggup dibagi menjadi sedikit macam. Jenis jenis tariannya terdapat gerakan dan maknanya sendiri. Bahkan pada tahun 2007, tarian dari Jawa Timur pernah diklaim menjadi tarian tradisional Malaysia. Namun semua ini sanggup dicegah dengan inisiatif masyarakatnya untuk memperlihatkan daftar kebudayaan Indonesia ke UNESCO.

Dengan demikian bermacam jenis tradisional dan tari kawasan khas Indonesia akan selalu menjadi milik negara ini dan tak diakui lagi oleh negara lain. Sebagai generasi muda Indonesia sudah selayaknya untuk melestarikan kebudayaan kebudayaan yang ada.

Di Indonesia terdapat jumlah tarian tradisional sekaya 170 tarian. Salah satunya ialah tarian tradisional dari Jawa Timur ini. Provinsi Jawa Timur tak hanya terdapat bermacam macam tarian tradisional, tenamun juga mempunyai rumah watak yang kaya hingga kemudian kini masih dilestarikan. Salah satu kota yang terus mejaga nilai nilai budaya dari Jawa Timur ialah di kawasan Surabaya dan Malang. Daerah tersebut selalu melaksanakan acara yang berupa kampanye budaya lokal sesampai kemudian hingga kapan pun generasi muda penerus bangsa sanggup mengenal dan melestarikannya. Pada hari ini kali ini admin akan meneterangkan wacana macam macam tari tradisional Jawa Timur beserta gambarnya. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya

Media pembelajaran tari tradisional Jawa Timur gotong royong sangat kaya mirip melalui jurnal jurnal budaya, internet, inginpun buku buku. Macam macam tarian tradisional dari Jawa Timur ini menambah daftar tarian Nusantara yang perlu dilestarikan. Adapun sedikit jenis tarian tradisional beserta gambarnya yaitu meliputi:

Baca juga : Macam Macam Aliran Seni Lukis Lengkap Dengan Ciri Cirinya

Tari Reog Ponorogo

Macam tari tradisional Jawa Timur yang pertama ialah tari reog ponorogo. Jenis tarian tradisional tersebut berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Tari reog ponorogo merupakan tarian tradisional dari Jawa Timur yang dibawakan oleh 6 – 8 perempuan dan 6 – 8 pria. Tarian ini mempunyai durasi yang cukup panjang alasannya ialah mempunyai sedikit sesi di dalamnya. Karena hal inilah masyarakat luas bahagia melihat seni tari tradisional dari Jawa Timur tersebut.
Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Reog Ponorogo
Tari tradisional Jawa Timur ini berasal dari perjalanan mencari pujaan hati dari Prabu Kelana Sewandana berdasarkan sejarah yang ada. Beliau melaksanakan perjalanan dengan ditemani patihnya berjulukan Bujang Ganong beserta prajurt prajuritnya. Sampai pada alhasil sanggup bertemu putri Kediri berjulukan Dewi Sanggalangit. Cinta dari sang Prabu akan diterima oleh Dewi Sanggalangit apabila ia sanggup membuat sebuah kesenian. Pembuktian cinta Prabu Kelana Sewandana kepada sang putri diwujudkan dalam bentuk tari reog ini. Untuk mengisi tarian yang diciptakan sang prabu, maka ia meminta dukungan dari para prajuritnya. Maka dalam Tari Reog Ponorogo terdapat sedikit komponen penari seperti:
  • Prabu Kelono Sewandono
  • Patih Bujangganong
  • Pembarong
  • Jathil
  • Warok
Salah satu komponen tari tradisional Jawa Timur ini memakai topeng berukuran cukup besar ibarat barongsai. Topeng tersebut terdapat berat sekitar 50 kg. Meski topeng ini sangat besar namun penarinya sanggup menahannya dengan giginya saja. Sungguh luar biasa bukan? Topeng dalam tarian tradisional dari Jawa Timur ini dibentuk dalam waktu yang cukup lama. Bahkan pembuat topeng reog ponorogo sendiri membutuhkan waktu berguru selama 7 – 10 tahun terlebih dahulu. 

Tari Gandrung Banyuwangi

Macam tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari gandrung banyuwangi. Jenis tarian tradisional tersebut berasal dari Banyuwangi. Nama gandrung dalam tarian tradisional dari Jawa Timur ini merupakan panggilan dari Dewi Sri sebagai Dewi Padi di zaman itu. Dewi Sri bertugas untuk menyejahterakan dan memberi kesuburan bagi masyarakatnya.
Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Gandrung Banyuwangi
Tari gandrung banyuwangi merupakan tari tradisional Jawa Timur yang masih termasuk dalam genre tarian Ketuk Tilu. Munculnya tarian tradisional dari Jawa Timur ini ketika pembangunan ibukota Balambangan. Kemudian kisah seorang laki laki bersama sedikit pemain musik yang berkelana dari desa ke desa tersebut di tulis menjadi sebuah makalah oleh salah satu seniman. Sampai pada alhasil secara turun temurun kisah ini menjadi kisah rakyat hingga kemudian membuat tari gandrung banyuwangi. Tari Gandrung Banyuwangi memakai kostum yang berupa baju beludru dengan aribut atributnya. Di bagain kaki terdapat samping batik dan di serpihan kepala terdapat mahkota omprok. Tarian ini diiringi dengan musik gong atau kempul.

Baca juga : Sejarah Perkembangan Musik Eropa

Tari Wayang Topeng

Macam tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari wayang topeng. Tarian tradisional dari Jawa Timur ini berasal dari kota Malang. Para penari wayang topeng memakai atribut pakaian mirip wayang kulit. Tarian topeng tak hanya terdapat di Jawa Barat, tenamun Jawa Timur juga terdapatnya. Tari wayang topeng jaman dahulu hanya diselenggarakan dalam pertunjukan ritual saja. Penggunaan topeng tersebut merupakan lambang dari wajah nenek moyang yang telah diapresiasikan dalam bentuk tarian. Hal ini disebabkan wujud penghargaan roh leluhur tersebut diwujudkan dalam bentuk penggunaan topeng.
Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Wayang Topeng
Meskipun tari wayang topeng merupakan tari tradisional Jawa Timur yang sedikit memakai nuansa mistik. Namun tarian tradisional dari Jawa Timur ini secara sejarah singkat mempunyai kegunaan ketika agama Islam masuk ke wilayah Jawa. Tarian Wayang Topeng dipakai untuk mengambil hati masyarakat jawa yang ketika itu masih kental dengan agama Hindu. Tarian dari Jawa Timur ini berbeda dengan tarian Topeng Jawa Barat alasannya ialah dalam sejarahnya terdapat background wayang golek. Dalam tarian topeng dari Jawa Timur terdapat kisah Panji dan Ramayana. Tarian tersebut memakai musik pengiring berupa gamelan, bonang, kendang dan gong.

Tari Jaranan Buto

Macam tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari jaranan buto. Tarian tradisional dari Jawa Timur ini berasal dari Banyuwangi. Tarian tersebut memakai kata Buto yang maknanya “Raksasa”. Maka dari itu jenis tarian ini terdapat makna kuda lumping raksasa. Untuk memainkan tari jaranan buto membutuhkan sekitar 16 hingga 20 orang didalamnya. Namun jenis tarian tradisional ini hampir punah. Tarian Jaranan Buto biasanya diselenggarakan ketika program ijab kabul atau khitanan. Rata rata penarinya merupakan laki laki.
Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Jaranan Buto
Tari Jaranan Buto memakai make up yang menakutkan dan tebal. Katanya konon tari tradisional Jawa Timur ini merupakan sosok insan yang wajahnya berupa raksasa alasannya ialah Jaranan Buto berasal dari Menak Jinggo. Kadang kadang tarian tradisional dari Jawa Timur tersebut memakai gerakan gerakan yang ekstrim mirip gerakan akting bertengkar. Bahkan adapula sedikit pemain yang kesurupan sehabis memainkan tarian ini. Tari Jaranan Buto memakai musik pengiring berupa kempul terompet, kendang, kecer, dua gong besar dan dua bonang.

Tari Remo

Macam tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari remo. Tarian tradisional dari Jawa Timur ini dipakai untuk memperlihatkan sambutan kepada tamu agung pada zaman dahulu. Penciptaan tari remo dilakukan oleh pengamen tempo dahulu. Kekayaan orang pada masa itu memang diharuskan untuk sanggup menari. Bahkan pengamen juga harus sanggup menari pula.

Baca juga : Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Remo
Tari tradisional Jawa Timur ini biasanya dimainkan oleh laki laki. Tenamun seiring berkembangnya zaman membuat Tari Remo sanggup dimainkan oleh perempuan. Tarian Remo pada zaman dahulu dipakai sebagai pembuka dalam pertunjukan ludruk. Namun kini ini setiap ada pertunjukan kesenian, tari remo selalu dipentaskan. Penggunaan busana dalam tari remo sendiri berbeda beda mirip gaya malangan, jombangan, gaya surabayan, sawunggaling inginpaun remo putri. Musik pengiring dalam tarian tersebut berupa gamelan.

Tari Glipang

Macam tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari glipang. Tarian tradisional dari Jawa Timur ini memakai pakaian yang ibarat pakaian laki laki. Tari Glipang memakai alat musik mirip yang ada di negara Arab. Tari Glipang biasanya dimainkan oleh laki laki ataupun perempuan. Tarian tradisional tersebut berisi kisah wacana sikap para penjajah dikala itu. Menurut bahasa Arab, kata Glipang berasal dari kata Gholiban yang maknanya “Kebiasaan”.
Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Glipang
Tari tradisional Jawa Timur tersebut terdapat sejarah singkat yang diciptakan oleh Seno Truno ketika bekerja di Perbisnisan Belanda sebagai mandor penebang tebu. Akhirnya ia berhenti bekerja alasannya ialah Belanda terdapat sikap yang sewenang wenang. Seno Truno alhasil terdapat inisiatif untuk menggambarkan sejarah hidupnya dalam bentuk tarian. Sampai pada alhasil terwujud dalam bentuk tari Glipang ini.

Tari Beskalan

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Beskalan
Macam tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari beskalan. Tarian tradisional dari Jawa Timur ini berasal dari Malang. Kata Beskalan berasal dari kata “Bakalan”. Menurut perkiraan, tarian beskalan terdapat usia ratusan tahun lamanya sesampai kemudian cukup tua. Tari Beskalan memakai konsep tarian keanggunan dari perempuan sesampai kemudian terlihat dinamis, feminim dan lincah. Sebagian orang menyampaikan bahwa tarian ini hampir sama dengan tarian Jaipong. Namun yang membedakan antara kedua jenis tarian ini merupakan penggunaan bahasa sindennya. Tari Beskalan memakai pakaian berupa semyok, slendang, wedokan, sanggul (hiasan kepala) dan atribut lainnya. Musik pengiring dari tarian ini berupa jidor, kendang, sinden dan sebagainya.
Sekian penterangan seputar macam macam tari tradisional Jawa Timur beserta gambarnya. Tarian tradisional dari Jawa Timur ini memakai pakaian dan musik pengiring yang berbeda beda. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung.
Baca Juga:   8 Produk Kerajinan Dari Materi Alam Beserta Contohnya

About CerdaskanKita

Check Also

Pengertian, Jenis, Dan Pola Seni Rupa Terapan Lengkap

Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap – Benda benda yang terdapat disekeliling kita sanggup …