Home / Geografi / Jenis Jenis Bahari Menurut Kedalaman Dan Letaknya

Jenis Jenis Bahari Menurut Kedalaman Dan Letaknya

Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan LetaknyaIndonesia dikelilingi oleh lautan yang luas dengan bermacam kandungan dan ukuran. Laut maritim Indonesia tersebut juga berpontensi untuk bermacam hal dikalangan negara dunia, baik potensi keindahan ataupun potensi adanya ikan. Tidak heran apabila Indonesia dikatakan sebagai negara dunia air lantaran daratannya dikelilingi oleh lautan, kayanya danau inginpun sungai. Jenis maritim Indonesia dibagi menjadi sedikit kategori menurut kedalaman maritim dan letak lautnya. Lalu apa saja jenis jenis maritim menurut kedalamannya? Apa saja jenis jenis maritim menurut letaknya?

Indonesia terdapat maritim dengan garis sepanjang pantainya sejauh 81.000 km dan luasnya sekitar 5,6 juta km². Meskipun terdapat lautan yang luas tenamun pemanfaatannya belum maksimal. Hal ini terlihat dari tingkat kemakmuran rakyat yang kurang signifikan. Lautan yang luas ini juga mengakibatkan adanya pencurian ikan dibermacam negara absurd bahkan perbatasan maritim negara Indonesia dipergunakan dengan seenaknya oleh negara asing. Pada hari ini kali ini admin akan menterangkan wacana jenis jenis maritim menurut kedalamannya dan jenis jenis maritim menurut letaknya. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya

Bumi dikelilingi dengan lautan yang terbagi menjadi sedikit samudera. Masing masing samudera tersebut saling terhubung satu sama lain. Samudera ini lalu dibatasi oleh adanya pulau dan benua. Sedangkan luasnya lautan terbagi menjadi sedikit wilayah dan zona tertentu menurut kondisinya. Jenis jenis maritim menurut kedalamannya terbagi menjadi sedikit zona yaitu zona batial, zona lithoral, zona neritik dan zona adapatl. Sedangkan jenis jenis maritim menurut letaknya sanggup dibagi menjadi sedikit kategori yaitu maritim tepi, maritim pertengahan dan maritim pedalaman. Berikut penterangan sekompleksnya:

Baca juga : Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya

Berdasarkan Kedalaman Laut

Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya
Hal pertama yang akan admin bahas yaitu jenis jenis maritim menurut kedalamannya. Adapun sedikit jenis lautnya yaitu diantaranya:
Zona Lithoral
Jenis maritim menurut kedalamannya yang pertama yaitu zona lithoral. Zona lithoral kerap disebut zona maritim pasang surut. Zona maritim tersebut memiliki radius yang terdapat pada wilayah pasang dan wilayah surut.
Zona Neritik
Jenis maritim menurut kedalaman selanjutnya yaitu zona neritik. Zona neritik kerap disebut zona maritim dangkal lantaran kedalamannya kurang dari 200 meter. Zona maritim tersebut berkhasiat sebagai daerah ikan ikan berkumpul dengan bermacam macam keindahan terumbu karang. Maka dari itu zona neritik kerap menjadi primadona dalam laut.

Baca juga : Pengertian Gempa Tektonik, Vulkanik dan Runtuhan Lengkap

Zona Batial
Jenis maritim menurut kedalaman selanjutnya merupakan maritim dengan kategori zona batial. Zona batial kerap disebut sebagai zona maritim dalam. Zona ini memiliki kedalaman antara 200 – 2.000 meter atau 2 km. Zona batial dipakai sebagai daerah tinggal ikan ikan yang besar. Di indonesia zona maritim batial terletak hampir mengelilingi negara.
Zona Adapatl
Jenis maritim menurut kedalaman selanjutnya yaitu zona adapatl. Zona adapatl sanggup disebut zona maritim sangat dalam. Zona tersebut memiliki kedalaman 2.000 meter lebih. Zona maritim adapatl memang minim adanya sinar matahari lantaran sangat dalam, bahkan dilaut tersebut suhunya sangat rendah. Zona ini tak ditemukan adanya flora lantaran minimnya oksigen. Selain itu binatang hewan yang berada di zona adapatl juga cukup sedikit. Contohnya saja jenis ikan angler fish.

Berdasarkan Letak Laut

Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya
Selanjutnya admin akan membahas wacana jenis jenis maritim menurut letaknya. Adapun jenis jenis lautnya yaitu diantaranya:

Baca juga : Bentuk Bentuk Muka Bumi Daratan Dan Perairan

Laut Pedalaman
Jenis maritim menurut letaknya yang pertama yaitu maritim pedalaman. Laut pedalaman yaitu jenis maritim yang letaknya berada di tengah benua. Contohnya Laut Kaspia yang termasuk dalam danau paling besar di dunia.
Laut Tengah
Jenis maritim menurut letak selanjutnya yaitu maritim tengah. Laut tengah yaitu jenis maritim yang letaknya berada diantara benua benua. Contohnya Laut Mediteran.
Laut Tepi
Jenis maritim menurut letak selanjutnya yaitu maritim tepi. Laut tepi yaitu jenis maritim yang letaknya di tepian benua. Contohnya Laut Cina Selatan.
Sekian penterangan seputar jenis jenis maritim menurut kedalamannya dan jenis jenis maritim menurut letaknya. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.
Baca Juga:   Pengertian Gambaran Dan Tahapan Dalam Interpretasi Citra

About CerdaskanKita

Check Also

Pengertian Gambaran Dan Tahapan Dalam Interpretasi Citra

Pengertian Citra Dan Tahapan Dalam Interpretasi Citra – Citra dan interpretasi gambaran merupakan komponen dan …