Home / Bahasa indonesia / Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian Dan Macamnya

Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian Dan Macamnya

Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya – Dalam kalimat Bahasa Indonesia terkadang memakai sedikit kata yang termasuk kata sandang. Apa pengertian kata sandang itu? Apa saja pola kata sandang Bahasa Indonesia? Apa saja macam macam kata sandang? Kata sandang sendiri sanggup diartikan sebagai salah satu variasi kata Bahasa Indonesia yang tak memiliki makna khusus. Untuk itulah pengertian kata ini tak sanggup diterangkan secara rinci dan konkret. Kemudian kata sandang sanggup diartikan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI yaitu sebuah artikel. Makna artikel tersebut berupa kata pengiring yang mengikuti kata kata tertentu.

Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya
Jenis Jenis Kata Sandang dalam Bahasa Indonesia

Kata sandang terdapat makna yang senada dengan kata benda yang diikutinya. Maka dari itu batas dan ketentuan kata benda tersebut didasarkan pada penggunaan kata sandangnya. Macam macam kata sandang Bahasa Indonesia terdapat fungsi yang berbeda beda sesuai dengan penggunaan dalam proses komunikasinya. Kata Bahasa Indonesia ini sanggup disebut sebagai “Artikula” yang berisi penterangan wacana nomina alasannya kata ini tak terdapat makna yang khusus. Dalam pembahasan kali ini admin akan menterangkan wacana pola kata sandang Bahasa Indonesia beserta pengertian kata sandang dan macamnya. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya

Kata sandang terdapat keistimewaan dalam mendampingi kata benda dasar yang pembentukannya dari kata kerja pasif, kata pronomina dan kata kerja. Di bawah ini terdapat penterangan kompleks seputar pengertian kata sandang, macam macam kata sandang dan pola kata sandang. Berikut ulasan sekompleksnya:

Baca juga : 6+ Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik

Pengertian Kata Sandang

Pengertian kata sandang yaitu sebuah kata yang tak terdapat makna atau arti khusus didalamnya. Hal ini disebabkan pola kata sandang berkhasiat untuk menterangkan kata yang berada didepannya saja. Untuk itu kata sandang terdapat arti yang didasarkan pada kata yang berada didepannya saja. Selain itu ada sedikit fungsi kata sandang yang meliputi:
  • Pembeda antar frase atau kata. Misalnya yang tekun berguru niscaya lolos ujian (artinya ditujukan untuk orang orang yang terdapat sifat tekun belajar).
  • Sebagai pembentuk kata mengganti orang atau kata benda. Misalnya para audience mendengarkan pidato dengan khitmad (artinya ditujukan untuk orang orang yang mendengarkan pidato).
Sebenarnya pengertian kata sandang sangatlah praktis alasannya penggunaan kata sandang sanggup kita temukan hampir di setiap kegiatan manusia, hanya saja kita sendiri yang tak menyadarinya.

Macam Macam Kata Sandang

Selanjutnya admin akan menterangkan wacana macam macam kata sandang beserta pola kata sandangnya. Kata sandang sendiri sanggup dibagi menjadi sedikit macam menurut penggunaannya untuk menujukkan jumlah tunggal, kelompok, dan kata mengganti orang atau kata benda. Berikut penterangan sekompleksnya:
Kata Sandang Untuk Menunjukkan Jumlah Tunggal
Macam macam kata sandang yang pertama dipakai untuk memperlihatkan jumlah tunggal. Adapun jenis jenisnya yaitu sang, sri, hang, dang, hyang, dan yang. Setiap jenis terdapat pola kata sandangnya masing masing.
Kata sandang Sang
Sang merupakan macam kata sandang yang dipakai sebagai nama panggilan seseorang, makhluk hidup ataupun benda mati. Tujuan penggunakan kata sang sendiri untuk menyindir atau meninggikan martabat. Adapun pola kata sandang sang yaitu:
  • Sang Raja sangatlah bijaksana (meninggikan martabat).
  • Sang buaya darat kehilangan kata katanya (menyindir).
  • Sang jagoan harus dijunjung tinggi (meninggikan martabat).

Baca juga : 8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan

Kata sandang Sri
Sri merupakan macam kata sandang yang berkhasiat sebagai sebutan nama insan dengan kedudukan tinggi. Adapun pola kata sandang sri yaitu:
  • Sri Baginda Raja lagi mengelola kerajaannya.
  • Sri Sultan Hamengkubuwono IX lagi mengikuti upacara kebudayaan.
Baca Juga:   4 Teladan Surat Keterangan Pengakuan Dari Ban Pt
Kata sandang Hang
Hang merupakan macam kata sandang yang berkhasiat untuk menghormati seseorang dalam bentuk sastra lama. Adapun pola kata sandang hang yaitu:
  • Hang bae merupakan orang yang cukup dikenal dalam sukunya.
  • Hang Dihi telah menemukan putrinya.
Kata sandang Dang
Dang merupakan macam kata sandang yang penggunaannya hampir sama dengan kata “Hang”, tenamun khusus untuk perempuan saja. Adapun pola kata sandang dang yaitu:
  • Dang Kunti menikah dengan Hang Tono.
  • Dang Lastri lagi memasak di dapur.
Kata sandang Hyang
Hyang merupakan macam kata sandang yang dipakai sebagai sebutan khusus pada dewi dan dewa. Adapun pola kata sandang hyang yaitu:
  • Pada hari ini terdapat upacara persembahan Hyang Widhi bagi umat beragama Hindu.
  • Sang Hyang Manon sanggup disebut sebagai Matahari atau Batara Guru.
Kata sandang Yang
Yang merupakan macam kata sandang yang berkhasiat untuk mengmengganti dan membentuk nama Tuhan. Adapun pola kata sandang yang yaitu:
  • Puji syukur kehadirat Yang Maha Kuasa.
  • Ketuhanan Yang Maha Esa.

Baca juga : 32 Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif Beserta Pengertian

Kata Sandang Untuk Menunjukkan Kelompok
Macam macam kata sandang selanjutnya dipakai untuk memperlihatkan jumlah kelompok. Adapun jenis jenisnya yaitu para, umat, dan kaum. Setiap jenis terdapat pola kata sandangnya masing masing.


Para
Para merupakan macam kata sandang yang berkhasiat untuk menekankan persamaan tertentu dalam sekelompok manusia. Adapun pola kata sandang para yaitu:
  • Para hadiri sesobat semua dimohon berdiri.
  • Para tamu permintaan dipersilahkan untuk duduk.
Umat
Umat merupakan macam kata sandang yang berkhasiat untuk menterangkan persamaan milik dalam ideologi atau bidang agama. Adapun pola kata sandang umat yaitu:
  • Umat Kristiani lagi merayakan natal.
  • Umat islam berpedoman pada Al Qur’an.
Baca Juga:   Dialog Interaktif: Pengertian, Unsur Unsur, Dan Rujukan Obrolan Interaktif
Kaum
Kaum merupakan macam kata sandang yang berkhasiat untuk menyatakan persamaan ideologi atau pandangan seseorang. Adapun pola kata sandang kaum yaitu:
  • Kaum perempuan lagi meminta hak emansipasinya.
  • Kaum suami hendaknya memperlihatkan haknya kepada istri istrinya.
Kata Sandang Untuk Menunjukkan Kata Benda atau Kata Ganti Orang
Macam macam kata sandang selanjutnya dipakai untuk memperlihatkan kata benda atau kata mengganti orang. Adapun jenis jenisnya yaitu si dan yang. Setiap jenis terdapat pola kata sandangnya masing masing.

Si
Si merupakan macam kata sandang yang berkhasiat sebagai pembentuk kata sifat menjadi kata benda atau kata pengiring dari binatang inginpun seseorang. Adapun pola kata sandang si yaitu:
  • Si Nia lagi di rawat di Rumah Sakit.
  • Si abang lagi menunggu adiknya.
  • Si Kerbau lagi digigit buaya.
Yang
Yang merupakan macam kata sandang yang berkhasiat untuk membentuk kata mengganti orang menjadi kata benda secara khusus. Adapun pola kata sandang yang yaitu:
  • Yang menangis seharian merupakan ponakanku.
  • Sebagaimana ada yang mengikutiku dari belakang.
Sekian penterangan seputar pola kata sandang Bahasa Indonesia beserta pengertian dan macam macam kata sandang. Pengertian kata sandang merupakan sebuah variasi kata Bahasa Indonesia yang tak terdapat makna atau arti khusus didalamnya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

About CerdaskanKita

Check Also

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai-Nilai Cerpen)

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Unsur intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai Nilai Cerpen) – Cerpen …