Home / Bahasa indonesia / 8 Rujukan Karangan Persuasi Singkat Wacana Lingkungan

8 Rujukan Karangan Persuasi Singkat Wacana Lingkungan

8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan – Karangan persuasi merupakan sebuah karya tulis yang bertujuan untuk mensugesti dan mengubah sudut pandang pembaca biar melaksanakan suatu acara sesuai dengan apa yang ditulis pengarang. Dalam konteks kehidupan nyata, kita sanggup menemukan bermacam tumpuan karangan persuasi singkat yang bersifat baik dan membangun ibarat karangan persuasi ihwal lingkungan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, lebih tepatnya di jenjang sekolah menengah keatas kita sanggup dengan gampang menemukan tumpuan karangan narasi kompleks dengan pengertian dan strukturnya.

Karangan persuasi sendiri terdiri dari sekumpulan paragraf persuasi. Artinya setiap paragraf yang ada pada karangan persuasi juga bersifat mengajak atau mensugesti pembaca. Dalam menulis tumpuan karangan persuasi ataupun menyusun paragraf persuasi tentunya pengarang memakai kalimat usul atau sugesti yang notabennya bisa mensugesti dan mengubah sudut pandang orang yang membacanya. Selanjutnya paragraf persuasi tersebut disusun sedemikian rupa dan terbentuklah sebuah karangan persuasi.

8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan

Selain tumpuan karangan persuasi ihwal lingkungan, sebenarnya masih terdapat bermacam tumpuan persuasi lainnya ibarat pendidikan, kesehatan, keselematan, alam sekitar dan lain sebagainya. Namun dalam artikel kali ini kita akan berfokus membahas karangan persuasi ihwal lingkungan saja. 
 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan 8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan
Contoh karangan persuasi singkat

Sejatinya, tumpuan karangan persuasi ihwal lingkungan ditulis dengan tujuan untuk mensugesti pembaca untuk menjaga lingkungan sekitar dimana ia tinggal. Hal ini tentunya sejalan dengan kebiasaan masyarakat kini ini yang terkesan kurang bisa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Menyadari insiden ini akhirnya kaya orang yang menuangkan aspirasinya melalui karya tulis berbentuk tumpuan karangan perusasi singkat ihwal lingkungan.

Baca juga: Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh Paragraf Persuasi

Dalam penggunaanya, tumpuan karangan persuasi singkat sanggup dikategorikan menjadi sedikit jenis diantaranya merupakan:

  • Persuasi propaganda
  • Persuasi advertising (periklanan)
  • Persuasi pendidikan
  • Persuasi politik

Keempat jenis karangan persuasi tersebut tentunya terdapat ciri ciri tujuan yang berbeda beda. Karangan persuasi propaganda umumnya disampaikan dengan seruan yang keras dan lantang biar pembaca mengikuti pesan yang ada dalam karangan tersebut. Sedangkan persuasi advertising biasanya menggukakan bahasa yang menarik serta mengajak pembaca atau pendengar untuk memakai produk yang diiklankan. Lain halnya dengan persuasi pendidikan dan politik. Namun kita sanggup menarik kesimpulan bahwa tumpuan karangan persuasi ihwal lingkungan termasuk dalam kategori persuasi propaganda alasannya yaitu mengingatkan dan mengajak kita untuk menjaga lingkungan melalui kalimat kalimat usul yang keras dan lantang. Berikut sedikit tumpuan karangan persuasi ihwal lingkungan yang sanggup kita amati.

Baca Juga:   4 Teladan Surat Keterangan Pengakuan Dari Ban Pt

Contoh paragraf persuasi ihwal lingkungan
Jika kita tinggal dikota padat ibarat bandung dan jakarta, sebaiknya kita menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Cara paling gampang yang sanggup kita lakukan untuk menjaga lingkungan merupakan dengan memunculkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Pentingnya menanamkan budaya membuang sampah ini dilakukan bukan tanpa alasan. Setiap kota besar terdapat terusan irigasi dan sungai, alasannya yaitu ulah sebagian orang yang tak terdapat kesadaran membuang sampah jadinya kita sanggup menemukan kaya sampah mengapung dan menyumbat pintu pintu air di kota besar. Apabila penyumbatan pintu air ini terus terjadi dan intensitas sampah terus meningkat, maka banjir tak akan sanggup dihindari dikala masuk animo penghujan.

 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan 8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan
contoh karangan persuasi ihwal lingkungan

Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa banjir yang terjadi di kota besar sebenarnya bukanlah kesalahan alam ataupun faktor cuaca melainkan alasannya yaitu insan yang tak sanggup menjaga kebersihan lingkungan itu sendiri. Banjir tak akan terjadi apabila kita menanamkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Maka dari itu sebagai seorang insan yang diberikan nalar pikiran untuk berpikir, hendaknya kita sanggup menyikapi hal ini.

Pada tumpuan karangan persuasi ihwal lingkungan diatas sanggup kita tarik kesimpulan bahwa pengarang ingin mengajak pembaca untuk menanamkan budaya buang sampah pada tempatnya. Sebelum mulai mengajak dan mensugesti pembaca, pengarang menterangkan terlebih dahulu ancaman yang timbul jawaban buang sampah sembarangan

Contoh karangan persuasi ihwal lingkungan dan sampah
Sampah merupakan barang atau benda sisa yang sudah tak diharapkan oleh manusia. Lazimnya sampah harusnya berada di kawasan sampah, namun faktanya kita sanggup menemukan sampah di bermacam kawasan khususnya di kawasan tempat umum ibarat jalan, taman, stasiun, selokan dan sungai. Penyebab sampah yang berceran tersebut tak lain merupakan alasannya yaitu ulah insan yang tak membuang sampah pada tempatnya.

 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan 8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan
contoh karangan persuasi ihwal lingkungan

Padahal sampah yang disupayakan menumpuk terus menerus sanggup menjadikan bermacam duduk perkara baik untuk lingkungan dan kehidupan manusia. Sampah yang menumpuk di sungai akan menjadikan banjir, dan sampah yang menumpuk di lingkungan atau pemukiman akan menjadikan bermacam penyakit ibarat diare, TBC, hingga kemudian demam berdarah. Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan harus ditanamkan kepada masyarakat semenjak dini.

Dari tumpuan karangan persuasi ihwal lingkungan diatas kita sanggup menarik kesimpulan bahwa pengarang ingin mengingatkan ihwal ancaman membuang sampah bagi lingkungan dan keberlangsungan insan itu sendiri. Selain itu, pengarang juga mengajak masyarakat untuk menanamkan pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih

Contoh karangan persuasi ihwal lingkungan hidup
Kita harus terdapat kesadaran tolong-menolong lingkungan merupakan elemen penting dimana semua makhluk hidup di dunia. Karena lingkungan bisa mensugesti keberlangsungan makhluk hidup, artinya lingkungan juga terdapat tugas penting untuk kehidupan manusia. Jika keadaan lingkungan baik, maka sanggup dipastikan setiap makhluk yang hidup di dalamnya juga akan baik pula dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, kita sebagai makhluk yang hidup di dalam lingkungan haruslah menjaga kebersihan biar lingkungan yang kita tempati menjadi higienis dan nyaman.

Baca Juga:   Teks Berita, Pengertian, Struktur Teks, Contoh, Dan Ciri-Cirinya
 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan 8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan
contoh karangan persuasi ihwal lingkungan

Salah satu cara yang sanggup kita lakukan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar merupakan dengan menjaga kebersihan. Namun akan lebih baik lagi apabila kita juga menanamkan budaya menjaga kebersihan ini pada diri kita sendiri terlebih dahulu. Mulailah dari hal hal kecil terlebih dahulu ibarat menjaga kebersihan diri gres menjaga lingkungan setelahnya. Jika sikap baik sudah tertanam pada diri kita, tentunya akan mendorong kita melaksanakan hal yang lebih besar ibarat menjaga lingkungan.

Baca juga: 50 Contoh Kalimat Ajakan Dalam Bahasa Indonesia

Contoh umum yang sanggup kita temukan merupakan budaya membuang sampah pada tempatnya. Jika setiap orang terdapat budaya ini tentunya lingkungan sekitar dimana kita tinggal akan selalu higienis alasannya yaitu setiap orang sudah terdapat kesadaran untuk membuang sampah pada kawasan yang sudah disediakan. Selain itu kita juga sanggup mengingatkan orang lain untuk menjaga kebersihan melalui slogan sloga, ataupun karya sastra ibarat tumpuan karangan persuasi ihwal lingkungan hidup dan lain sebagainya.

Mengapa bermacam tindakan diatas perlu dilakukan? Hal ini mengacu kepada tingkat kesadaran masyarakat yang masih tergolong rendah untuk menjaga kebersihan lingkungan. Pernyataan ini sanggup dibuktikan dengan kayanya sampah di sekitar kita dimana sampah plastik, daun daun kering, botol bekas dan sisa makanan berceceran hampir di setiap tempat. Masyarakat tak menyadari bahwa tumpukan sampah tersebut sanggup menjadikan bermacam duduk perkara dan menjadi sumber penyakit. Mirisnya lagi, ditempat umum yang notabennya sudah disediakan kawasan sampah masih saja terdapat sampah yang tercecer dan mengotori lingkungan.

Bahkan kawasan sampah tersebut telah dipisah menurut kategorinya (organin, non organik, kaca/logam, dan kertas) dan diletakkan di kawasan yang sanggup dibilang strategis atau gampang untuk dijangkau. Namun faktanya upaya tersebut tetap sia sia alasannya yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

Baca juga: Contoh Cerpen Singkat Romantis Tentang Cinta (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Jika kita peduli terhadap keberlangsungan hidup insan maka hendaknya kita menjaga kebersihan lingkungan. Sebagai bentuk dan upaya menjaga lingkungan kita sanggup membiasakan diri untuk membuang sampah pada kawasan yang sudah disediakan. Selain itu kita juga sanggup mengolah kembali sampah sampah tersebut menjadi barang daur ulang (recycle).

Baca Juga:   Teks Jawaban Kritis, Pengertian Referensi Dan Struktur Teks Jawaban Kritis

Dengan upaya tersebut kita telah turut andil dalam pelestarian alam dan lingkungan. Secara tak eksklusif kita juga telah meminimalisir terjadinya peristiwa banjir dan mencegah bermacam penyakit yang timbul jawaban sampah. Singkatnya, marilah bersama sama kita menjaga kebersihan lingkungan biar hidup kita selalu sehat.

Dalam tumpuan karangan persuasi diatas sanggup ditarik kesimpulan bahwa sampah, kebersihan, makhluk hidup dan lingkungan saling terkait satu sama lain. Pengarang ingin merubah sudut pandang pembaca ihwal pentingnya membuang sampah dan menjaga lingkungan biar tetap bersih. Dalam pengaplikasiannya pengarang memakai pola kalimat deduktif dimana ia menterangkan hal hal umu di awal karangan dan menutupnya dengan informasi informasi yang lebih spesifik.

Itulah bermacam tumpuan karangan persuasi ihwal lingkungan hidup dan sampah yang dikemas singkat padat dan pendek yang sanggup admin sampaikan dalam artikel kali ini. Sebenarnya masih terdapat kaya sekali tumpuan paragraf persuasi lain yang sanggup kita temukan di bermacam media baik cetak inginpun internet.

About CerdaskanKita

Check Also

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai-Nilai Cerpen)

Teks Cerpen (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Unsur intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Dan Nilai Nilai Cerpen) – Cerpen …